Service AC Mobil: Manfaat dan Kisaran Biayanya

9 February 2023

Kelistrikan


AC mobil adalah salah satu bagian mobil yang perlu dirawat dan di cek kondisinya. Cara merawatnya adalah dengan melakukan service AC mobil secara rutin. AC mobil yang rutin dirawat akan selalu dalam kondisi yang bagus dan optimal.

AC akan dapat berfungsi dengan baik, hawa dinginnya selalu terjaga, tidak muncul bau tidak sedap, tidak bising. Hal ini tentunya akan membuat Anda dan penumpang mobil akan merasa lebih nyaman selama berkendara. Selain itu, masih ada banyak manfaat dari perawatan AC mobil. Anda bisa simak informasi lengkapnya dalam artikel ini.

Manfaat Service AC Mobil Secara Rutin

Sumber: Lifepal

1. Mencegah Kerusakan

AC mobil yang rutin di service dapat membuat AC menjadi lebih awet serta mencegah terjadinya kerusakan. Saat mobil dibawa ke bengkel untuk dilakukan service pada AC mobil, makan akan dicek semua komponen yang berhubungan dengan AC mobil.

Dengan cara ini, maka Anda akan lebih cepat mengetahui komponen mana yang perlu diganti atau diperbaiki. Jika ada sedikit kerusakan, maka kerusakan tersebut dapat lebih cepat ditangani sebelum terjadi kerusakan yang lebih besar.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi Anda. Anda dapat terhindar dari risiko membayar biaya perawatan yang lebih besar karena ada banyak komponen yang perlu diganti atau diperbaiki.

2. Nyaman Digunakan

AC mobil yang rutin dilakukan perawatan termasuk service secara berkala maka akan membuat AC menjadi lebih awet dan nyaman digunakan. Anda akan selalu merasa sejuk dan dingin selama mengendarai mobil. Bahkan, Anda juga tidak perlu khawatir jika tiba-tiba AC mati mendadak atau mendadak panas.

Jika terjadi AC mobil mati secara mendadak atau bahkan overheat, maka tentunya Anda perlu membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan perbaikan. Jika ditemukan kerusakan yang cukup parah, biaya perbaikan AC mobil yang Anda keluarkan juga tidak akan sedikit.

Sumber: Traping.com

3. Menambah Pengetahuan

Meskipun Anda awam dengan komponen dan bagian dari mobil, namun dengan rutin melakukan service mobil termasuk pada bagian AC, maka dapat menambah pengetahuan Anda. Anda mungkin tidak bisa melakukannya sendiri dan membawa mobil Anda ke bengkel.

Saat di bengkel, Anda bisa lebih banyak bertanya dan berdiskusi dengan montir yang menangani mobil Anda. Sehingga, Anda bisa menambah wawasan tentang AC mobil.

Pengetahuan tentang AC mobil sangat bermanfaat jika Anda akan memilih spare part AC mobil. Bisa juga dengan mengetahui bagian dari AC mobil, Anda dapat mengatasi masalah seperti AC mobil tiba-tiba mati di jalan. Sebelum akhirnya Anda membawa mobil Anda ke bengkel AC mobil.

4. AC Mobil Lebih Awet

Dengan melakukan service pada AC mobil sama halnya dengan merawat komponen-komponen yang ada pada AC mobil. Komponen AC mobil yang terawat akan lebih awet dan memiliki masa pakai yang lebih lama. AC mobil yang rutin dilakukan perawatan bahkan bisa memiliki masa pakai selama lima hingga sepuluh tahun.

Sedangkan, jika Anda tidak rutin melakukan perawatan AC mobil maka masa pakainya tidak akan berlangsung lama. Terlebih jika mobil tersebut kerap digunakan. Jadi, dengan melakukan perawatan AC mobil secara berkala secara tidak langsung juga dapat menghemat biaya perbaikan AC mobil jika suatu saat terjadi kerusakan.

5. Menghindari Korosi

AC mobil terdiri dari komponen yang terbuat dari material yang rentan mengalami korosi. Seperti misalnya kondensor AC mobil. Komponen ini rawan mengalami korosi karena adanya kontaminasi udara di oli kompresor AC.

Jika oli kompresor AC terkontaminasi maka akan menjadi bersifat asam. Selain itu, bisa juga menjadi sumber endapan pada komponen pada mesin AC.

Sumber: Ujikokoh

Selain itu, beberapa komponen pada AC mobil juga rentan mengalami korosi. Jadi, jika Anda rutin membawa mobil Anda ke bengkel untuk dilakukan service AC, maka komponen yang ada pada AC mobil akan rutin dibersihkan juga.

Sehingga, meminimalisir terjadinya korosi pada komponen AC mobil. Komponen AC mobil akan lebih awet dan tidak mudah rusak. Anda juga tidak harus sering ganti spare part AC mobil.

6. Kabin Terhindar dari Bakteri

Dalam AC mobil terdapat komponen berupa filter udara. Filter ini berfungsi untuk menyaring debu, kotoran, dan benda asing agar tidak masuk dalam sistem AC mobil.

Selain itu, filter juga dapat membuat udara dalam kabin mobil tetap bersih dan sejuk. Jika filter AC mobil rusak maka dapat menyebabkan bakteri berbahaya masuk ke dalam kabin mobil.

Dengan melakukan perawatan AC mobil secara rutin maka Anda juga dapat mengecek kondisi filter mobil apakah masih berfungsi dengan baik atau perlu dilakukan penggantian. Jika dibutuhkan penggantian maka Anda dapat melakukannya di bengkel AC mobil.

7. Menghindari Overheating

Overheating merupakan jenis kerusakan pada AC mobil yang parah. Overheating terjadi karena kipas radiator atau kipas kondensor mati. Sehingga menyebabkan sistem mesin AC mobil menjadi panas.

Cara mengetahui kondisi kipas radiator adalah dengan melakukan service AC secara rutin. Sehingga jika ada kerusakan sekecil apapun bisa lebih cepat terdeteksi. Jadi, risiko kerusakan yang lebih parah dapat diminimalisir.

Perkiraan Biaya Service AC pada Mobil

Biaya yang perlu  dikeluarkan untuk perbaikan dan perawatan AC mobil tentunya berbeda-beda. Hal ini tergantung pada jenis mobil dan ada tidaknya kerusakan yang terjadi pada AC mobil.

Namun, umumnya biaya untuk perbaikan maupun perawatan AC mobil berkisar antara Rp300 ribu sampai Rp1,5 juta.

Jika diperlukan penggantian sparepart AC mobil yang sifatnya medium, maka umumnya biayanya sekitar Rp1 jutaan. Proses perbaikannya juga tidak perlu dilakukan pembongkaran komponen.

Sementara jika perlu perbaikan yang cukup berat, maka tarifnya sekitar Rp1,5 juta. Jenis perbaikan yang berat misalnya adalah flushing system dan penggantian oli kompresor.

Jika diperlukan penggantian komponen seperti seal, thrust bearing, shoe, shaft seal membutuhkan biaya sekitar Rp475 ribu sampai dengan Rp700 ribu. Biaya tersebut tidak termasuk dengan perbaikan pada komponen piston, noken as, dan silinder piston.

Sementara jika AC mobil Anda mengalami kerusakan pada fan belt dan extra fan. Maka perlu dilakukan penggantian komponen tersebut. Biaya penggantian fan belt dan extra fan kisaran Rp300 ribuan.

Service AC tersebut bisa Anda lakukan di bengkel AC mobil yang terpercaya. Agar memudahkan Anda ketika akan datang ke bengkel tujuan, Anda bisa melakukan booking terlebih dulu.

Montiro.Id akan membantu Anda menemukan bengkel AC mobil terpercaya dan memudahkan Anda dalam melakukan booking online. Dengan sistem booking online, Anda tidak perlu antri terlalu lama saat berada di bengkel.

Demikian informasi tentang manfaat service AC mobil dan kisaran biayanya. Perbaikan dan perawatan AC mobil sangat penting untuk dilakukan. Tujuannya adalah untuk merawat komponen AC mobil dan jika ada kerusakan segera dapat diketahui.

Dengan demikian, maka Anda dapat memperkecil biaya perbaikan. Umur pakai AC mobil Anda juga akan lebih panjang jika Anda rutin melakukan perawatan AC mobil.

image-iklan