3 Gejala Yang Muncul Saat AC Mobil Membutuhkan Service

5 July 2021

Kelistrikan


AC Mobil adalah fitur kenyamanan yang sangat penting dalam berkendara, terutama di daerah tropis seperti Indonesia. Berikut 3 gejala AC Anda butuh diservis.

Berkendara di Indonesia tanpa AC mobil tentu tidak menyenangkan. Udara yang cenderung hangat ditambah suhu dari kendaraan di sekitar membuat AC berperan penting dalam menjaga suasana hati dan kenyamanan saat melakukan mobilitas.

Kondisi kabin yang sejuk merupakan tanda bahwa AC Anda dalam kondisi yang prima. Namun, ada beberapa gejala yang dapat ditangkap jika AC memang sudah perlu diservis.

Berikut 3 gejala pertanda ada yang tidak beres pada sistem pendinginan mobil ini:

1. AC Tidak Dingin

Ketika Anda memutar kenop AC ke blower paling kencang dan suhu paling dingin namun kabin mobil Anda masih belum membaik, artinya ada yang tidak beres dengan AC mobil Anda.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, bisa saja freon AC memang sudah lama tidak diganti atau evaporator AC sudah terlalu kotor. Evaporator yang kotor membuat udara dari blower tidak maksimal dalam mengembuskan udara.

Saat hal ini terjadi, Anda perlu ke bengkel AC untuk memeriksa kondisi freon dan evaporator serta membersihkannya.

2. AC Berbunyi

Bila AC dalam keadaan normal, maka saat dihidupkan tidak ada bunyi aneh yang terdengar. Jika tiba-tiba muncul bunyi yang tidak biasa, Anda perlu mewaspadai adanya kerusakan komponen mekanikal.

Biasanya, komponen yang bermasalah pada AC terletak pada kompresor seperti magnetic clutch atau piston. Bila sudah terdengar bunyi-bunyi yang aneh atau kasar saat AC dinyalakan, sebaiknya Anda segera melakukan servis.

Jangan sampai dibiarkan karena bisa merembet ke komponen lain dan akan mempengaruhi kinerja AC mobil.

3. AC Mengeluarkan Bau Apek

Ketika AC dihidupkan dan Anda mencium bau apek dari arah blower, ini tanda bahwa filter AC atau filter kabin mobil Anda sudah harus diganti. Filter ini termasuk salah satu komponen yang sering dilupakan oleh pemilik mobil.

Kondisi ini disebabkan oleh filter AC yang kotor sehingga dipenuhi oleh bakteri dan kotoran. Tak hanya mengeluarkan bau apek, kondisi tersebut juga bisa menyebabkan Anda sakit.

Anda akan kaget dengan perbedaan hembusan dan aroma dari AC ketika mengganti filter kabin. Tak hanya itu, rongga blower AC yang kotor juga bisa menimbulkan bau apek tersebut.


image-iklan