Awas! Kebiasaan Ini Bisa Membuat AC Mobil Rusak

21 February 2022

Kelistrikan


AC pada mobil merupakan fituryang penting dalam mobil. Karena AC dapat menyejukkan seluruh isi mobil. Tetapidalam penggunaannya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan ACmobil agar tetap dingin dan tidak rusak. Ternyata terdapat beberapa kebiasaanyang dapat menyebabkan AC mobil cepat rusak.

Berikut adalah beberapa hal yangmembuat AC mobil menjadi cepat rusak yang mungkin tidak kalian sadari :

1.Merokok di Dalam Mobil

Ketika merokok di dalam mobil,abu rokok yang tersedot ke evaporator dapat menumpuk dan mengotori filter /dryer, sehingga dapat membuat AC mobil bekerja lebih berat dan udara di dalammobil pun menjadi tidak terlalu dingin.

Selain itu merokok di dalam mobiljuga dapat menyebabkan kebekaran karena dipicu dari percikan api yang terdapatpada rokok.

2. Membuka Jendela Saat AC MobilMenyala

Membuka jendela mobil saat ACmobil menyala dapat menyebabkan AC mobil menjadi cepat rusak. Jendela yangterbuka lama akan membuat kompresor mobil harus bekerja lebih keras danmenurunkan suhu mobil. Jika jendela mobil dibiarkan terus terbuka, maka dayahisap evaporator bisa melemah dan membuat AC mobil menjadi cepat rusak.

3. Menggunakan Pewangi BerbentukGel

Pewangi berbentuk gel biasanyamemiliki aroma yang lebih tahan lama dana wet digunakan, tetapi pewangi gel inijuga dapat merubah menjadi gas. Jika pewangi ini berubah menjadi gas dan masukke saluran evaporator akan berubah menjadi zat padat dan mengganggu kerjaevaporator AC. Hal ini dapat menyebabkan AC mobil menjadi cepat rusak.

4. Mematikan Mesin Mobil Saat ACMenyala

Apakah kamu pernah membiarkan ACdibiarkan menyala saat mesin mobil mati? Ternyata hal ini dapat membuat kinerjaAC menurun jika sering dilakukan dalam waktu yang lama. Karena disaat kamumematikan dan menyalakan mobil, maka membuat arus listrik aki menjadi tidakstabil. Jika AC tetap menyala, dalam jangka panjang dapat menurunkan kinerjaAC.

5. Kabin Mobil Kotor

Debu dan kotoran yang terdapat padakabin mobil dapat mengotori filter / dryer dari AC. Jika debu dan kotoran tidakdibersihkan dalam jangka waktu lama dapa mengganggu kinerja komponen dalam systemAC dan membuat AC menjadi rusak.

 

Itu dia beberapa kebiasaan yangdapat menyebabkan AC mobil menjadi rusak. Apakah ada yang menjadi kebiasaankalian juga? Jika ada, tenang saja, karena sekarang servis mobil dan menanyakanpermasalahan mobil bisa langsung di Montiro.id. Kalian bisa download dangunakan fitur-fiturnya. Mobil sehat, hemat waktu.

image-iklan