Bengkel 24 Jam: Solusi Untuk Perawatan Kendaraan Saat Padat Aktivitas

6 April 2023

Safety Drive


Kehadiran bengkel 24 jam terdekat menjadi sebuah solusi terutama bagi Anda yang memiliki aktivitas padat. Berbagai macam aktivitas terkadang membuat Anda lupa untuk melakukan perawatan kendaraan. Padahal setiap jenis kendaraan membutuhkan perawatan agar seluruh komponen bisa bekerja secara optimal, salah satunya mobil.

Sumber: Lifepal

Mengabaikan jadwal perawatan mobil dapat menimbulkan risiko kerusakan pada beberapa komponen mesin mobil. Hal tersebut bisa semakin parah jika tidak dilakukan perbaikan atau penggantian sparepart sesuai dengan instruksi mekanik atau montir.

Tips Perawatan Kendaraan Saat Padat Aktivitas

Oleh karena itu melakukan perawatan mobil merupakan hal yang wajib dilakukan oleh pemilik mobil. Lalu, bagaimana cara melakukan perawatan mobil agar tetap prima di tengah-tengah aktivitas yang padat? Tenang, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara di bawah ini.

1.    Panaskan Mobil Secara Rutin

Cara pertama yang paling mudah dalam merawat mobil di tengah-tengak aktivitas yang padat adalah dengan memanaskan mesin mobil secara rutin. Ini menjadi salah satu hal yang paling efektif dan mudah untuk dilakukan.

Sebab, Anda hanya perlu memanaskan mesin mobil sebelum menggunakannya untuk menemani aktivitas harian. Saat mesin mobil dipanaskan, maka secara otomatis oli yang berperan sebagai pelumas akan mengalir dengan rata pada seluruh komponen mesin mobil.

Sumber: Daihatsu.co.id

Pastikan untuk mematikan AC saat Anda memanaskan mesin mobil. Anda cukup membuka sedikit jendela mobil untuk sirkulasi udara agar suhu di dalam mobil tidak panas atau pengap. Memanaskan mesin mobil setiap hari berlaku untuk semua jenis mobil, baik mobil manual atau mobil matic.

2.    Cek Air Radiator

Tidak membutuhkan waktu yang lama, langkah selanjutnya untuk perawatan mobil agar tetap prima yaitu dengan melakukan pengecekan kondisi air radiator mobil. Radiator memiliki fungsi untuk mendinginkan mesin mobil dan mencegah terjadinya overheat.

Sumber: CNN Indonesia

Anda bisa cek apakah air radiator masih dalam batas cukup atau tidak? Jika tidak maka Anda bisa langsung melakukan penggantian dengan air radiator yang baru. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit sehingga cukup efektif bagi Anda yang memiliki aktivitas padat.

3.    Cek Rem dan Kopling

Cek kondisi rem dan kopling termasuk salah satu cara untuk merawat mobil. Sebab, saat kondisi kampas rem dan kopling mengalami aus, maka Anda akan merasa tidak nyaman atau berat ketika melakukan perpindahan gigi. Disarankan untuk melakukan pengecekan kedua komponen tersebut secara rutin, dan menggantinya setelah mencapai sekitar 20.000 Km.

Sumber: Google.com

4.    Cek Ban dan Tekanan

Meski terkesan sepele, namun tekanan ban memiliki peran penting untuk keamanan Anda selama mengemudi. Terlebih jika Anda sering mengemudi untuk perjalanan jarak jauh menggunakan mobil.

Anda perlu melakukan pengecekan kondisi ban dan tekanannya secara rutin, minimal satu bulan sekali. Perhatikan juga kondisi keempat ban yang ada pada mobil, segera lakukan penggantian jika kondisi ban sudah tidak memungkinkan.

5.    Cek Kondisi Aki

Perawatan mobil berikutnya yang bisa Anda lakukan di tengah-tengah aktivitas yang padat adalah dengan cek kondisi aki mobil. Kondisi aki dinilai cukup penting untuk memperpanjang masa pakai atau usia penggunaan mobil.

Anda bisa melakukan pengecekan pada air aki minimal dua minggu sekali jika menggunakan aki basah. Pastikan volume air aki berada pada level yang seharusnya, yaitu di antara garis batas penanda.

Sumber: Duitpintar

Jika volume aki berada di bawah garis penanda, maka Anda bisa melakukan isi ulang aki bagi jenis aki basah. Namun, untuk jenis aki kering jika memang kondisinya sudah tidak bisa digunakan, maka Anda wajib menggantinya dengan aki baru.

6.    Cek Kabel dan Lampu

Selain aki mobil, jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada  kondisi kabel dan lampu mobil. Perhatikan kondisi permukaan kabel, apakah ada kabel yang kendur, atau bahkan nyaris putus, serta kondisi lampu yang mulai redup.

Jika Anda menemukan tanda-tanda tersebut, maka jangan ragu untuk segera menggantinya dengan yang baru. Agar mobil bisa digunakan secara maksimal, maka disarankan untuk menggunakan sparepart asli.

Komponen kabel yang menghubungkan ke bagian lampu-lampu mobil, tak kalah penting untuk keamanan  Anda selama berkendara. Apalagi saat Anda mengemudi pada malam hari atau dalam kondisi yang minim cahaya. Tentu Anda membutuhkan lampu mobil yang optimal agar perjalanan bisa lebih aman dan nyaman.

7.    Cek Oli

Cara lain yang bisa Anda lakukan sebagai bentuk perawatan mobil agar tetap prima dan optimal yaitu melakukan pengecekan serta penggantian oli secara rutin. Idealnya, penggantian oli dilakukan saat mobil menyentuh jarak 10.000 km atau sekitar 6 bulan sekali.

Namun, bagi Anda yang menggunakan mobil untuk aktivitas sehari-hari serta sering menghadapi kondisi jalan yang macet. Maka, disarankan mengganti oli setiap 5.000 Km. Anda juga bisa mengganti oli saat mesin mobil terasa kasar dan warna oli sudah mulai menghitam.

8.    Membersihkan Mobil

Membersihkan bagian eksterior mobil termasuk bagian dari perawatan. Meski mudah dilakukan, namun mencuci dan membersihkan bagian eksterior mobil bisa menjaga kualitas cat mobil agar tetap awet dan bersih.

Tak hanya bagian eksterior, bagian dalam atau interior mobil juga perlu dibersihkan secara rutin. Pastikan bagian dalam mobil agar selalu bersih dan terbebas dari sisa-sisa makanan atau sampah yang menyelip di sela-sela mobil.

Sumber: Suzuki Indonesia 

Tak boleh ketinggalan, mesin mobil juga harus dibersihkan secara rutin. Namun, khusus untuk membersihkan mesin maka, dipastikan Anda memahami tentang komponen mesin mobil.

Sebab jika Anda kurang paham tentang komponen mesin mobil, bisa menimbulkan risiko kerusakan akibat air yang masuk melalui celah-celah mesin mobil.

9.    Kunjungi Bengkel 24 Jam Terdekat

Semua cara yang telah dibahas di atas bisa Anda lakukan jika Anda paham mengenai komponen mobil. Namun, jika Anda sama sekali tidak mengetahui tentang komponen mobil. Maka, langkah yang paling tepat dan efektif adalah dengan melakukan perawatan di bengkel 24 jam terdekat.

Anda bisa mengunjungi bengkel 24 jam yang dekat dengan lokasi rumah atau lokasi kantor Anda. Sehingga perawatan mobil tetap bisa dilakukan dengan rutin tanpa mengganggu aktivitas kantor dan aktivitas padat lainnya.

Lalu bagaimana cara menemukan bengkel yang menyediakan layanan 24 jam? Dengan berkembangnya teknologi digital, Anda bisa mencari informasi tentang bengkel 24 jam dengan mudah. Anda bisa memanfaatkan beberapa platform sosial media, Google Maps, dan aplikasi yang ada di Google Play Store.

Salah satu aplikasi yang sangat direkomendasikan untuk semua solusi kebutuhan mobil Anda adalah Montiro.id. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan App Store yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Montiro.id menyediakan berbagai solusi untuk semua permasalahan mobil Anda. Dilengkapi dengan berbagai fitur seperti chat montir, home service, booking service, Emergensi, serta informasi tentang bengkel 24 jamdi wilayah Jabodetabek.

Selain itu, montiro.id menawarkan berbagai jenis perawatan mobil diantaranya service berkala, service umum, body repair, detailing, kaki-kaki, ganti sparepart, interior, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi, tunggu apalagi percayakan solusi terbaik untuk semua kebutuhan mobil Anda bersama montiro.id

image-iklan