Mobil Anda Mengalami Overheat? Maka Segera Lakukan Ini!

1 September 2022

Mesin


Seringkali ketika kita sedang berkendara dengan mobil kita, tiba-tiba mobil mengalami masalah overheat dan masalah ini ternyata hal yang cukup sering terjadi. Banyak penyebab dari mobil yang mengalami overheat ini salah satunya memang cenderung diakibatkan oleh kurangnya perhatian dari si pemilik kendaraan. Padahal, sebenarnya perawatan pada mobil bukan hanya perihal rutin dalam mengganti dan memberikan oli yang terbaik secara berkala saja, namun masih banyak hal-hal lainnya yang perlu dilakukan agar masalah mobil  seperti overheat yang mengkhawatirkan ini tidak terjadi. Maka dari itu, Montiro.id akan membahas beberapa hal yang dapat dilakukan bila mobil anda mengalami overheat saat sedang di jalan.

  1. Menghentikan kendaraan dan matikan mesin

Hal pertama yang perlu anda lakukan ketika mobil mengalami overheat saat sedang di perjalanan adalah menepi ke pinggir dan segera mematikan mesin mobil agar temperatur suhu mesin kembali turun. Hal ini dilakukan demi mencegah mobil anda mengalami kerusakan yang bahkan lebih parah dan merugikan.

  1. Membuka kap mesin

Lalu selanjutnya setelah anda mematikan mesin, hal yang perlu dan penting dilakukan adalah membuka kap mobil anda agar udara panas yang terperangkap di dalam ruang mesin bisa keluar dan tidak merusak komponen mesin yang lainnya akibat suhu yang terlalu panas tersebut. Namun, hal ini perlu dilakukan dengan hati-hati karena terkadang tuas penyangga kap mobil yang tersimpan di dalam mobil pun ikut menerima suhu panas dari radiator mobil anda.

  1. Jangan membuka tutup radiator

Ketika mesin mobil sedang mengalami overheat, hal yang perlu di ingat dan diperhatikan adalah, anda jangan pernah membuka tutup radiator. Karena jika hal ini dilakukan, maka akan berbahaya bagi keselamatan Anda serta dapat menjadi penyebab radiator cepat rusak. Alasannya, karena mesin mobil yang panas menyebabkan uap dan air bertekanan tinggi akan lepas dan dapat mengakibatkan luka bakar yang cukup serius jika terkena kulit.

  1. Periksa tabungan air cadangan radiator

Cadangan air radiator yang terhubung ke bagian atas radiator pasti terdapat pada setiap mesin mobil. Hal ini bisa membantu anda untuk mengetahui apakah air radiator mobil anda kurang atau tidak. Serta indikator ketinggian air,  jika kurang maka akan berbahaya bagi mesin mobil. Anda bisa menambahkan cairan pendingin sampai posisi garis atas, baik dalam keadaan mesin yang masih panas atau sedang dingin. Namun, jika mobil hanya memiliki radiator tanpa tabung cadangan, maka Anda harus menunggunya sampai mesin dalam keadaan dingin.

  1. Memutuskan untuk menunggu bantuan

Ketika mobil mengalami overheat, maka perhatikanlah bagian bawah mobil, apakah ada kebocoran air atau tidak. Bila terdapat air yang terus menetes, maka sudah dapat dipastikan bahwa radiator mobil anda mengalami kebocoran dan bahkan mesin bisa saja jebol bila perjalanan tetap dilanjutkan. Maka dari itu, lebih baik Anda meminta dan menunggu bantuan dari bengkel resmi terdekat.

Anda tidak perlu risau lagi, jika mobil anda mengalami overheat ketika dalam perjalanan maka gunakanlah aplikasi Montiro.id, dengan Montiro.id, anda bisa mengetahui dan melakukan booking servis di bengkel resmi terdekat dengan lokasi anda! Selain itu dengan Montiro.id juga ada bisa mendapatkan saran mengenai teknis otomotif melalui fitur Chat Montir & Tanya Montir yang tersedia di Aplikasi & Website Montiro.id!  

Montiro.id Sudah tersedia di Appstore dan Playstore, Segera Download agar masalah mobil anda bisa cepat tertangani!

image-iklan