Tips Menemukan Bengkel 24 Jam Terdekat Saat Emergency

13 February 2023

Safety Drive


Informasi seputar bengkel 24 jam terdekat sangat penting untuk diketahui terutama saat kendaraan Anda mengalami masalah. Diketahui bahwa masalah kendaraan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja seperti tiba-tiba mogok, tidak bisa distarter, dan beberapa masalah lainnya.

Sumber: Pinterest

Kebanyakan orang yang mengalami kendala tersebut, akan merasa cemas dan panik terutama dalam kondisi emergency. Apalagi Anda benar-benar tidak memahami dunia otomotif sehingga tidak bisa melakukan perbaikan secara mandiri.

Lalu, bagaimana solusi yang tepat untuk menghadapi kondisi tersebut? Tentu, jawabannya adalah mencari dan menemukan bengkel 24 jam terdekat dengan lokasi.

Tips Menemukan Bengkel 24 Jam Terdekat Saat Emergency

Untuk mencegah hal tersebut agar tidak terjadi saat Anda melakukan perjalanan, maka berikut beberapa tips yang bisa Anda ketahui untuk menemukan bengkel 24 jam terdekat.

Sumber: Evalube

1. Bertanya Pada Orang di Sekitar

Tips atau cara pertama yang banyak orang lakukan untuk menemukan bengkel 24 jam terdekat adalah bertanya pada orang di sekitar. Cara ini cukup ampuh dilakukan terutama bagi Anda yang sedang bepergian luar kota, sehingga Anda belum memahami dan mengetahui informasi bengkel terdekat.

Meski cara ini cukup ampuh dan sering digunakan, namun bertanya pada orang lain tidak bisa Anda lakukan setiap saat. Apalagi jika Anda mengalami permasalahan kendaraan di wilayah yang jarang ada warga sekitar. Selain itu, tidak ada jaminan bahwa warga atau orang sekitar mengetahui informasi bengkel terdekat.

2. Google Maps

Berikutnya cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan bengkel terdekat saat kondisi emergency yaitu memanfaatkan informasi dari Google Maps. Cara ini juga tergolong efektif dan sering dilakukan oleh banyak orang, terutama di era digital saat ini.  Anda bisa dengan mudah mendapatkan informasi bengkel yang paling dekat dengan lokasi, sehingga kendaraan Anda bisa segera mendapatkan perbaikan.

Masalahnya, meski Anda sudah menemukan bengkel terdekat di lokasi. Namun, Anda belum mengetahui informasi dari bengkel tersebut secara keseluruhan. Bagaimana pelayanannya, kualitas produknya, harganya, dan perihal lainnya. Anda mungkin hanya akan mendapatkan informasi berdasarkan review dari customer lain.

Diketahui bahwa masing-masing customer memiliki sudut pandang tersendiri dalam memberikan ulasan atau review di Google Maps. Sehingga agar lebih aman, maka Anda bisa menghubungi pihak bengkel terdekat untuk menanyakan informasi yang Anda butuhkan.

3. Aplikasi Montiro.id

Sumber: Montiro.id

Cara terakhir yang sangat direkomendasikan untuk Anda yang membutuhkan informasi bengkel 24 jam terdekat dalam kondisi emergency yaitu menggunakan aplikasi Montiro.id.

Aplikasi tersebut bisa Anda download secara langsung melalui Google Play Store dan App Store. Melalui aplikasi Montiro.id Anda akan mendapatkan semua informasi kebutuhan mobil Anda. Mulai dari informasi bengkel 24 jam terdekat, booking service, home service, dan layanan chat montir yang dapat Anda manfaatkan dimana saja dan kapan saja.

Selain itu, informasi bengkel terdekat juga sangat lengkap mulai dari alamat, nomor telepon, hingga biaya service atau perbaikan akan ditampilkan secara transparan. Sehingga Anda akan terhindar dari oknum tidak bertanggung jawab yang biasanya sering memanipulasi biaya perbaikan.

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Mobil Saat Perjalanan Jarak Jauh

Selain tiga tips di atas, Anda juga bisa mempersiapkan beberapa hal untuk mobil yang akan digunakan perjalanan jarak jauh, seperti berikut ini.

1. Service Berkala

Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, pastikan mobil yang akan Anda gunakan telah diservis secara berkala. Service yang dimaksud adalah pengecekan atau perawatan keseluruhan komponen mobil mulai dari lampu, rem, kopling dan juga mesin mobil.

Dengan melakukan service mobil, maka dapat mendeteksi lebih awal jika ada komponen mobil yang mengalami kerusakan dan perlu dilakukan perbaikan atau pergantian. Saat mengendarai mobil yang telah di service, maka perjalanan Anda akan lebih aman dan tenang.

2. Cek Oli dan Cairan Mesin

Saat melakukan servis mobil, biasanya pihak bengkel akan melakukan penggantian oli mesin, filter oli serta pengecekan cairan pendingin. Namun, jika jadwal rutin servis mobil Anda masih lama, maka Anda bisa mengambil langkah alternatif dengan melakukan pemeriksaan secara mandiri untuk hal-hal yang mudah dan dimengerti.

Pertama Anda bisa buka kap mesin, lalu cek kualitas dan volume oli mesin. Pastikan volume dan kualitas oli masih baik. Selain itu, pastikan jumlah cairan pendingin di reservoir masih cukup, dan cairan washer dalam kondisi penuh. Jangan lupa periksa kekencangan tali kipas, dan terminal baterai.

Semua hal tersebut merupakan pengecekan kondisi mobil secara mendasar. Setidaknya hal ini juga bisa Anda terapkan jika dalam kondisi emergency atau mobil mengalami kendala.

3. Pastikan Bahan Bakar Penuh

Selanjutnya sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, pastikan mobil Anda telah terisi bahan bakar secara penuh sesuai dengan kapasitas masing-masing tangki mobil.

Hal ini bertujuan agar Anda tidak kehabisan bahan bakar di tengah jalan yang mengakibatkan mobil tidak bisa digunakan. Kondisi bahan bakar yang penuh juga akan membuat perjalanan Anda menjadi lebih lancar dan nyaman karena tidak perlu bolak-balik untuk mengisi bahan bakar.

4. Ban Cadangan

Membawa ban cadangan adalah hal yang sangat penting untuk Anda lakukan. Meski mobil diservis secara rutin sebelum bepergian, namun tidak ada salahnya untuk membawa ban cadangan. Sehingga saat ban mobil bocor secara tiba-tiba, Anda bisa menggantinya secara langsung dengan ban cadangan, atau meminta bantuan dari montir bengkel 24 jam terdekat untuk memasangkannya.

5. Tool Set

Biasanya setiap mobil selalu dilengkapi dengan tool set dan dongkrak. Kedua peralatan ini berfungsi sebagai alat pertolongan pertama saat mobil mengalami kendala di jalan.

Maka, wajib bagi Anda untuk melakukan pengecekan tool set, dongkrak, serta triangle reflecting ada di dalam mobil sehingga saat dibutuhkan peralatan tersebut sudah tersedia.

6. Kelengkapan Dokumen

Kelengkapan dokumen juga termasuk hal yang tidak boleh dilupakan, apalagi saat Anda akan bepergian jarak jauh. Pastikan semua dokumen tersebut lengkap dan masih berlaku selama perjalanan. Misalnya STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), dan SIM (Surat Izin Mengemudi).

Kelengkapan dokumen juga akan berpengaruh terhadap keamanan Anda selama berkendara. Sebab, jika di jalan terdapat operasi lalu lintas, dan Anda lupa membawa dokumen tersebut. Bukan hal yang tidak mungkin jika Anda akan berhubungan dengan proses hukum. Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

7. Persiapkan Kondisi Fisik

Setelah mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan mobil untuk perjalanan jarak jauh. Anda juga harus mempersiapkan kondisi fisik untuk aktivitas tersebut. Sebab, terjadinya kecelakaan di jalan raya salah satu faktornya adalah kondisi sopir atau pengemudi yang lelah sehingga tidak fokus.

Oleh sebab itu, penting untuk mempersiapkan fisik dengan cara istirahat yang cukup, olahraga secara teratur, dan konsumsi makanan yang sehat. Saat kondisi mobil prima, dan kondisi fisik Anda sehat. Maka, perjalanan Anda akan terasa lebih aman, nyaman, dan menyenangkan.

Menemukan bengkel 24 jam terdekat adalah hal yang penting saat mobil dalam kondisi emergency. Selain itu, mempersiapkan hal-hal untuk keperluan mobil yang akan digunakan perjalanan jarak jauh, juga penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

image-iklan