Rekomendasi Bengkel 24 Jam Terdekat di Tangerang Selatan

5 January 2023

Safety Drive


Sebagai pemilik mobil, Anda tentu tak boleh melupakan servis rutin. Dalam jangka waktu tertentu Anda perlu membawa mobil Anda ke bengkel untuk dicek dan dilakukan perbaikan jika diperlukan. Bagi Anda yang sibuk dengan banyak aktivitas, Anda mungkin bisa membawa mobil Anda ke bengkel 24 jam terdekat dari wilayah Anda.

Membawa mobil Anda ke bengkel 24 jam  adalah solusi yang tepat jika Anda terlalu sibuk dan banyak kegiatan. Anda bisa menyesuaikan dengan jadwal Anda yang kosong sehingga Anda tetap bisa memberikan perawatan kepada mobil Anda. Bengkel 24 jam kini sudah banyak ditemukan di beberapa sudut kota, termasuk wilayah Tangerang Selatan.

Jenis Servis Mobil

Sebelum Anda membawa mobil Anda ke bengkel 24 jam terdekat untuk dilakukan servis, maka Anda juga perlu mengetahui beberapa jenis servis mobil yang diperlukan untuk mobil Anda. Nah, berikut ini beberapa jenis servis berkala pada mobil yang perlu Anda ketahui.

1. Ganti Oli

Oli merupakan cairan penting pada mobil yang berfungsi sebagai pelumas. Oli pada mobil perlu dilakukan penggantian secara berkala. Idolanya, oli perlu diganti setiap 3 bulan sekali, atau setiap penambahan 5000km. Namun, tentunya setiap jenis mobil memiliki ketentuan sendiri tentang penggantian oli yang bisa Anda temukan pada manual book mobil Anda.

Penggantian oli yang rutin dilakukan maka dapat menjaga sumber tenaga mesin. Sehingga tarikan tidak berat dan tidak membuat bensin menjadi cepat habis. Penggantian oli di bengkel juga disertai dengan penggantian filter oli dengan tujuan agar sirkulasi tetap terjaga.

2. Ganti Aki

Sama halnya dengan oli, aku juga memiliki peranan yang vital yaitu sebagai sumber kelistrikan pada mobil. Untuk mengecek kondisi dan kapasitas aki mobil Anda bisa cek setiap satu atau dua minggu sekali.

Dan dalam jangka waktu satu hingga dua tahun, Anda perlu membawa mobil ke bengkel untuk di cek secara keseluruhan komponen aki tersebut. Jika Anda lalai dalam merawat maupun mengganti aki maka akan menyebabkan aki kering, soak dan akhirnya mobil tidak bisa dinyalakan.

3. Ganti Wiper

Saat terjadi hujan, peranan wiper sangatlah penting untuk menjaga jarak pandang. Oleh karena itu, Anda perlu rutin mengecek kondisi wiper apakah ada retakan atau kondisi karet wiper kering.

Selain itu, setiap 6 bulan atau satu tahun sekali, Anda perlu melakukan penggantian wiper mobil Anda di bengkel terdekat. Jika wiper kurang dirawat maka akan membuat sapuan wiper tidak maksimal saat Anda berkendara.

4. Ganti Filter Udara Mesin

Filter udara mesin mobil juga termasuk komponen yang vital. Pasalnya komponen ini memiliki fungsi untuk menjaga kotoran atau serpihan masuk ke dalam mesin. Sehingga filter ini dapat membuat udara bersih yang bisa mengalir masuk.

Karena penggunaan, dapat muncul kerak pada filter udara mesin mobil. Jika sudah mulai muncul kerak pada filter mesin mobil maka sebaiknya segera ganti filter udara Anda karena dapat menyebabkan berkurangnya tenaga mesin mobil. Anda juga bisa menggunakan patokan penggantian filter udara yaitu setiap tahun sekali atau setiap 20.000 km.

5. Ganti Kampas Rem

Waktu yang tepat untuk mengganti kampas rem masing-masing mobil tentu berbeda tergantung dari jenis transmisi mobil. Jika mobil Anda merupakan mobil dengan transmisi otomatis, maka Anda bisa menggantinya saat mobil sudah menempuh jarak 35.000km.

Sementara, jika mobil Anda termasuk mobil dengan transmisi manual, maka penggantian kampas rem dilakukan saat mobil menempuh jarak sekitar 60.000km.

Kampas rem perlu dilakukan penggantian tepat waktu karena jika terlambat diganti maka akan menyebabkan kampas rem menjadi aus. Hal ini akan menyebabkan piringan cakram rem tidak mencengkram dengan sempurna, sehingga Anda akan merasa tidak nyaman saat mengerem kendaraan karena ada getaran di pedal rem.

6. Ganti Bearing Roda

Saat melakukan servis berkala, ada baiknya Anda juga bisa mengecek kondisi bearing roda mobil Anda. Terlebih jika Anda sering melewati jalanan banjir atau jalanan berlubang, maka Anda perlu mengecek dan mengganti bearing roda setiap 50.000km.

Hal ini dikarenakan, air yang mengenai bearing dapat menyebabkan karat, sedangkan benturan keras dari jalanan berlubang bisa menyebabkan bearing rusak, bahkan pecah. Ketika Anda mendengar bunyi dengungan saat berkendara, kemungkinan terjadi kerusakan pada bearing roda mobil Anda.

7. Ganti Ban

Ban mobil merupakan bagian dari mobil yang tidak boleh disepelekan. Pasalnya, jika terjadi kerusakan pada ban mobil maka akan membahayakan keselamatan saat berkendara.

Anda bisa mengecek secara berkala kondisi ban mobil Anda. Cek apakah ada retakan yang menandakan bahwa karetnya sudah mengering atau tidak. Jika terdapat retakan dan kondisi ban sudah tidak bagus, maka sebaiknya segera dilakukan penggantian ban mobil di bengkel terdekat.

Keuntungan Servis Mobil Rutin

Mobil yang rutin di servis dan dirawat tentunya akan berbeda kondisinya dengan mobil yang jarang dilakukan perawatan. Selain itu, ada beberapa keuntungan yang akan  Anda dapatkan jika rutin melakukan servis mobil.

1. Kondisi Mobil Terjaga

Keuntungan pertama yang akan Anda dapatkan jika rutin melakukan servis mobil adalah kondisi mobil tetap nyaman dan prima sekaligus membuat umur kendaraan menjadi lebih lama, alias awet.

2. Aman Berkendara

Tentunya semua orang menginginkan keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Hal ini akan Anda dapatkan jika Anda rutin melakukan  servis pada mobil Anda. Saat melakukan servis mobil di bengkel, komponen vital yang ada di mobil akan dicek dan jika diperlukan maka akan dilakukan penggantian.

3. Nilai Jual Mobil Tinggi

Keuntungan terakhir yang akan Anda dapatkan jika rutin melakukan servis mobil adalah mobil Anda akan lebih terawat dan memiliki kondisi yang bagus sehingga jika suatu saat Anda menjualnya maka nilai jualnya masih tetap bagus.

Rekomendasi Bengkel 24 Jam di Tangerang Selatan

Setelah Anda mengetahui pentingnya melakukan servis rutin, maka Anda jangan sampai melewatkan servis rutin untuk mobil Anda. Jika Anda terlalu sibuk pada jam kerja, Anda bisa datang ke bengkel 24 jam di daerah Tangerang Selatan.

Terlebih, kini telah hadir Montiro.id yang memudahkan Anda untuk booking layanan service dari bengkel yang telah terpercaya. Berikut ini beberapa rekomendasi bengkel 24 jam terdekat di Tangerang Selatan.

1. Sriwijaya Motor 88

Lokasi bengkel ini berada di Leguti Tangerang, RT.007/RW.005, Jombang, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15414.

2. Kirah Abadi Motor Bengkel Mobil

Alamat bengkel ini yaitu berada di Jl. Utama Puri Bintaro Hijau No.F8 26, Parung Serab, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15224.

3. Bengkel Ismet Car Service

Lokasinya berada di Benda Baru, Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten.

4. Mekanik Mobil Panggilan 24 Jam

Lokasinya berada di Gg. Kb. Manggis 5 No.30, East Pondok Kacang, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten.

5. Tiga Sekawan Motor Mekanik Panggilan 24 Jam

Alamat lengkap bengkel ini yaitu di Jl. Dahlia Dalam No.55, RT.08/Rw02, Rw. Buntu, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten.

image-iklan