Perawatan AC Mobil Yang Benar

27 March 2023

Bodi


Hampir semua merek mobil keluaran terbaru telah dilengkapi dengan adanya AC. Tak dipungkiri AC mobil memiliki peran yang cukup penting, selain sebagai pendingin, AC juga berfungsi untuk menghilangkan embun pada kaca mobil saat hujan. Sama seperti komponen mobil lainnya,cara kerja ac mobil bisa tetap optimal jika semua komponen AC dirawat dengan benar.

Mengingat banyak manfaat adanya AC di dalam mobil, maka sangat penting bagi Anda untuk melakukan perawatan AC mobil dengan baik dan benar. Agar semua komponen AC bisa terjaga sehingga AC mobil bisa lebih awet digunakan.

Tips Merawat AC Mobil yang Benar

Lalu bagaimana cara melakukan perawatan AC yang benar agar bisa awet? Caranya cukup mudah mudah, Anda bisa ikuti beberapa tips di bawah ini.

1.    Jaga Kebersihan Bagian Dalam Mobil

Pertama yang harus Anda lakukan adalah menjaga kebersihan bagian kabin atau dalam mobil. Kondisi kabin mobil yang berdebu dan kotor akan mempengaruhi kinerja komponen AC mobil.

Sumber: Tempo.co

Jika hal ini diabaikan maka dapat menyebabkan kerusakan AC mobil. Sehingga AC tidak dingin dan udara yang dikeluarkan oleh AC akan kotor dan menjadi tidak sehat.

Penting untuk diketahui jika cara kerja ac mobil adalah menggunakan sirkulasi yang tertutup dan memanfaatkan udara di dalam kabin mobil untuk didinginkan secara berulang. Namun, saat udara di kabin mobil kotor maka secara otomatis sirkulasi ini tidak bisa berjalan dengan optimal.

2.    Hindari Buka Kaca

Tips selanjutnya yaitu saat Anda menggunakan AC, hindari untuk membuka kaca mobil kecuali pada situasi tertentu seperti membayar parkir, dan membayar tol. Hal ini bertujuan agar debu atau kotoran dari luar tidak masuk ke dalam kabin mobil.

Sumber: CNN Indonesia

Sehingga komponen AC bisa bekerja secara optimal dan menghasilkan kualitas udara yang selalu dingin. Jika kaca mobil dibuka, maka udara dingin akan keluar melalui jendela dan mengakibatkan komponen AC harus bekerja lebih berat.

3.    Dilarang Merokok di Dalam Mobil

Tidak merokok di dalam mobil termasuk cara untuk merawat AC mobil. Faktanya bau asap rokok yang tidak sedap sangat sulit untuk dihilangkan dari dalam mobil. Selain itu, asap rokok juga berpotensi untuk masuk ke dalam sirkulasi AC sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap serta jika terhirup maka dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Bau yang tidak sedap, berbahaya bagi kesehatan, asap rokok juga bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan AC rusak. Hal tersebut dikarenakan asap rokok akan menempel pada bagian filter AC yang berfungsi untuk  menyaring udara.

4.    Gunakan Pengharum Khusus Mobil

Menggunakan parfum khusus mobil bisa menjadi salah satu cara untuk merawat AC agar lebih awet. Disarankan untuk memilih aroma netral yang tidak terlalu menyengat. Pasalnya, tidak semua orang menyukai aroma dari parfum mobil.

Sumber: Pinhome

Selain itu, pilih jenis parfum yang memang dibuat khusus untuk mobil. Sebab, salah dalam memilih jenis parfum dapat meninggalkan bercak noda pada bagian interior kabin AC serta mengotori bagian kondensor.

5.    Bersihkan Kondensor Secara Rutin

AC mobil tidak dingin menjadi salah satu kasus yang sering dikeluhkan oleh pemilik mobil. Kondisi ini biasanya disebabkan adanya kendala pada bagian freon atau kebocoran selang pipa AC. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kebersihan seluruh komponen AC salah satunya kondensor.

6.    Parkir di Tempat Sejuk

Tahukah Anda jika letak parkir atau lokasi mobil juga berpengaruh pada cara kerja AC mobil? Saat mobil di parkir atau berlokasi di area yang terkena sinar matahari langsung maka, kabin mobil akan mudah panas sehingga komponen AC mobil akan bekerja lebih berat. Sehingga disarankan untuk memilih lokasi parkir mobil yang sejuk, dan terhindar dari sinar matahari secara langsung.

7.    Buka Jendela Setelah Mesin Mobil Dinyalakan

Hal umum yang sering dilakukan tapi tidak sepenuhnya benar adalah menghidupkan AC mobil setelah mesin mobil dinyalakan. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk dilakukan?

Saat mesin mobil tidak dinyalakan atau saat mobil diparkir jendela mobil otomatis akan tertutup. Sehingga dalam kondisi tertutup, maka suhu udara di dalam mobil akan naik.

Sumber: Detik.com

Selanjutnya saat mesin mobil dinyalakan, kemudian Anda langsung menyalakan AC maka seluruh komponen AC harus bekerja lebih keras karena harus menurunkan suhu untuk menghasilkan udara yang lebih dingin. Jika komponen AC dipaksa untuk bekerja lebih keras secara terus menerus, maka masa pakainya tidak akan bertahan lama.

Sehingga disarankan bagi Anda saat mesin mobil dinyalakan, maka Anda bisa membuka jendela mobil terlebih dulu. Kemudian saat mobil mulai melaju, Anda bisa menutup jendela, dan menyalakan AC mobil.

8.    Cek Kondisi Extra Fan

Jika AC mobil Anda telah menggunakan extra fan atau kipas kondensor, maka pastikan untuk melakukan pengecekan secara rutin. Cek apakah putaran extra fan berjalan dengan normal atau tidak. Tujuannya adalah agar AC bisa bekerja secara optimal dan menghasilkan udara yang dingin dan sejuk.

9.    Pasang Filter Kabin

Memasang filter kabin termasuk bagian dari merawat AC mobil dengan benar. Filter kabin berfungsi menyaring debu atau kotoran agar tidak masuk ke dalam bagian evaporator.

Selain memasang filter kabin, Anda juga harus membersihkan bagian ini secara rutin. Sebab, jika filter kabin kotor maka proses penyaringan udara tidak dapat berjalan dengan maksimal. Sehingga udara kotor bisa masuk ke bagian evaporator, dan mengganggu kinerja komponen AC lainnya.

Sumber: Kompas Otomotif

10.  Jangan Matikan AC Terlalu Lama

Sebagian orang kerap berpendapat jika mematikan AC, maka akan menghemat bahan bakar. Padahal dengan mematikan AC terlalu lama atau jarang menyalakan AC mobil dapat menyebabkan AC menjadi rusak. Hal ini terjadi karena belt AC dan selang menjadi kering sehingga membuat kinerja AC tidak optimal.

11. Bersihkan Lubang Drainase

Kebocoran bisa mengakibatkan efek pendinginan dari AC mobil akan berkurang atau menurun serta merusak seluruh komponen seiring berjalannya waktu pemakaian. Untuk mencegah terjadinya kebocoran, Anda bisa membersihkan bagian-bagian AC contohnya lubang drainase, segel gasket, dan selang.

Bersihkan bagian lubang drainase yang terletak pada pan kondensasi secara rutin. Jangan lupa juga untuk periksa selang agar mengetahui apa kondisinya sudah aus atau belum. Jika ada kerusakan pada selang, lebih baik segera ganti dengan yang baru.

12. Lakukan Service Berkala

Tips terakhir, untuk merawat ac mobil yaitu dengan melakukan service secara berkala di bengkel. Service berkala dilakukan dengan tujuan untuk memastikan semua komponen mobil dalam kondisi prima termasuk AC mobil. Saat proses service dilakukan, maka cara kerja AC mobil dipastikan berjalan dengan optimal tanpa adanya kendala di berbagai komponen AC.

Sumber: Cari Bengkel Ku

Disarankan bagi Anda untuk melakukan service berkala di bengkel terpercaya dan berkualitas yang memiliki beragam layanan sesuai dengan kebutuhan. Informasi seputar bengkel berkualitas bisa Anda cek secara langsung melalui aplikasi montiro.id.

Montiro.id merupakan salah satu aplikasi bengkel dan montir online terlengkap yang bisa Anda download di Google Play Store dan App Store secara gratis. Aplikasi ini menyediakan beragam solusi untuk kebutuhan mobil Anda seperti home service, booking service hingga layanan emergency. Montiro.id juga menyediakan informasi bengkel terlengkap di wilayah Jabodetabek.

image-iklan