Cara Membersihkan Komponen AC Mobil

8 March 2023

Kelistrikan


AC mobil merupakan salah satu bagian penting dalam mobil. AC dapat membuat suhu kabin menjadi dingin dan sejuk. Selain itu, AC mobil juga membantu proses sirkulasi udara dalam kabin mobil. Dalam sistem kerjanya, AC mobil didukung dengan adanya komponen ac mobil. Dalam AC mobil terdiri dari beberapa komponen yang memiliki tugas masing-masing.

Agar kinerja AC mobil selalu optimal, maka Anda perlu melakukan pembersihan bagian dari AC mobil, termasuk komponen-komponen di dalamnya. Pembersihan tersebut bisa Anda lakukan secara berkala agar AC tetap awet, dingin, dan kinerjanya optimal.

Cara Membersihkan AC Mobil

AC mobil yang kotor akan membuat kinerjanya menjadi kurang maksimal dan menyebabkan AC mobil menjadi kurang dingin. Jika tidak segera ditangani dengan baik, maka dapat mempengaruhi kenyamanan saat berkendara.

Sumber: Lifepal

Pembersihan AC mobil bisa dilakukan di bengkel. Namun, jika Anda ingin lebih berhemat, maka Anda bisa membersihkannya sendiri. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan AC mobil.

1.    Parkir di Tempat Aman

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membersihkan AC mobil adalah menempatkan mobil di tempat yang aman. Pastikan mobil diparkir di tempat yang bersih dan bebas debu. Pasalnya jika Anda memarkir di tempat yang berdebu maka akan membuat sirkulasi udara di mobil menjadi tidak bagus.

Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan berbagai peralatan yang diperlukan untuk membersihkan AC mobil. Misalnya sikat gigi, cairan pembersih mobil, brush, dan lap bersih atau tissue.

2.    Cari Lokasi Blower

Setelah peralatan siap, maka Anda bisa mencari terlebih dulu lokasi blower AC mobil Anda. Biasanya, blower berada di bagian glove box atau laci yang terletak di sisi dasbor.

Setelah itu, Anda bisa membuka glove box dengan menggunakan obeng plus. Jika glove box telah terbuka, maka Anda dapat menemukan filter AC yang berbentuk persegi panjang. Ambil komponen filter AC tersebut untuk mengetahui lokasi blower apakah berada di atas atau bawah. Cara mengetahui posisi blower, Anda hanya perlu meraba-raba filter AC yang sudah dicopot sebelumnya.

3.    Cek Kondisi Filter AC

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengecek kondisi filter AC. Jika kondisi filter AC tidak terlalu kotor, maka Anda hanya perlu membersihkan permukaannya dengan menggunakan sikat. Tujuannya adalah untuk menghilangkan debu yang menempel. Namun, jika kondisinya sudah kotor maka Anda perlu mengganti dengan filter yang baru.

4.    Letakkan Cairan Pembersih di Sisi Blower

Anda juga memerlukan cairan khusus ketika membersihkan AC mobil. Cairan ini bisa Anda beli di bengkel mobil. Tujuan penggunaan cairan khusus ini adalah agar AC mobil bisa bersih maksimal. Anda bisa memilih cairan pembersih berbentuk foam dalam kemasan spray yang mudah digunakan.

Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama, Anda bisa kocok kaleng agar kandungan didalamnya bisa tercampur dengan rata. Kemudian letakkan spray di dekat sisi blower AC dengan posisi penyemprot mengarah ke blower. Tujuannya adalah agar cairan pembersih AC mobil lebih mudah menyemprotkan cairannya secara tepat sasaran.

5.    Nyalakan AC

Langkah selanjutnya Anda bisa menyalakan AC mobil kurang lebih lima menit. Tujuannya adalah agar embun bisa keluar dari permukaan evaporator sehingga membuat permukaan evaporator akan lebih basah. Dengan cara ini, maka Anda bisa dengan mudah melakukan pembersihan evaporator. Anda juga bisa menyalakan AC dengan kecepatan tinggi agar lebih maksimal.

Evaporator merupakan salah satu komponen AC yang menyerupai seperti radiator. Fungsinya yaitu untuk menguraikan freon ke selang-selang kecil yang akan membuat suhu mobil menjadi lebih dingin.

6.    Semprotkan Cairan Pembersih

Setelah AC menyala selama lima menit dan evaporator sudah mulai basah, maka Anda bisa mulai menyemprotkan cairan pembersih AC ke blower. Pertama, Anda bisa mengarahkan selang cairan pembersih AC melalui filter ke bagian blower. Kemudian, semprotkan cairan tersebut sebanyak 2-3 kali semprotan.

Sumber: Lifepal

Anda bisa mengecek apakah cairan pembersih AC sudah menyebar atau belum, dengan cara melihat dari lubang ventilasi kolong mobil. Anda akan melihat gelembung-gelembung busa atau foam yang terbentuk dari cairan yang tadi disemprotkan. Busa tersebut kemudian akan keluar melalui ventilator AC mobil sampai habis. Proses ini membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama sekitar 10 hingga 15 menit.

7.    Bersihkan Selang Ventilasi

Setelah komponen blower AC bersih, maka selanjutnya Anda bisa melakukan pembersihan selang ventilasi AC. Jika selang ventilasi bersih maka akan membuat proses pembuangan kotoran menjadi lebih lancar. Cara membersihkannya yaitu dengan menggunakan lidi tumpul ke dalam selang ventilator AC tersebut. Anda hanya perlu menusuk selang ventilator AC hingga kotoran yang menyumbat keluar semua

Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga kotoran keluar semua dan AC menjadi dingin kembali. Namun, jika Anda telah mencoba membersihkan selang ventilator, namun AC tetap tidak dingin kemungkinan besar terjadi kerusakan pada sistem AC sehingga Anda perlu membawa ke bengkel mobil.

Anda bisa membawa ke bengkel mobil umum maupun yang khusus menangani AC mobil. Agar memudahkan Anda dalam melakukan perbaikan di bengkel, maka Anda bisa menggunakan aplikasi Montiro.Id. Aplikasi ini akan memudahkan Anda memilih bengkel yang tepat di sekitar Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan booking online di bengkel yang telah Anda pilih.

8.    Pasang Kembali Filter AC dan Dasbor

Setelah Anda selesai membersihkan AC mobil dan suhu di dalam kabin mobil sudah kembali dingin, maka selanjutnya Anda bisa memasang kembali filter AC dan dasbor pada posisi semula. Namun, Anda juga perlu memastikan bahwa filter udara sudah benar-benar bersih. Karena jika ada sisa-sisa kotoran yang tertinggal di filter maka akan membuat permukaan evaporator menjadi kotor kembali.

Sumber: Kompas Otomotif

Setelah filter AC terpasang dengan benar, maka Anda perlu memasang glove box atau laci dasbor. Jika sudah terpasang, maka AC sudah bisa digunakan kembali. Suhu AC pun akan menjadi lebih dingin. Dengan cara ini, maka Anda bisa melakukan pembersihan AC mobil sendiri tanpa mengeluarkan banyak biaya. Anda juga perlu rutin melakukan perawatan AC mobil agar suhu AC mobil selalu dingin, dan komponen didalamnya bisa lebih terawat dan awet.

Proses pembersihan AC mobil ini sebenarnya bisa Anda lakukan dengan mudah. Namun, Anda juga perlu memperhatikan berbagai detail agar tidak terjadi kesalahan. Karena jika terjadi kesalahan justru dapat membuat kondisi AC mobil menjadi semakin parah. Jadi jika Anda masih ragu dan tidak memiliki kemampuan untuk melakukannya sendiri, ada baiknya Anda membawanya ke bengkel service AC mobil saja.

Demikian informasi tentang cara membersihkan komponen AC mobil. Selain melakukan pembersihan AC mobil, Anda juga perlu merawat AC mobil agar tidak cepat kotor. Misalnya dengan tidak merokok di dalam kabin, tidak menggunakan pengharum mobil berbentuk gel, dan tidak menyalakan AC mobil saat jendela mobil dibuka.

image-iklan