Jenis Spare Part Mobil dan Bagian yang Perlu Rutin Di Service

6 March 2023

Mesin


Spare part mobil atau disebut juga suku cadang mobil adalah bagian yang sangat penting dan mendukung kinerja mobil. Ada banyak suku cadang mobil yang menyusun sistem kerja mobil dan cara kerjanya saling berkaitan satu sama lain.

Sumber: Antara Logistic

Jika satu suku cadang rusak maka akan mempengaruhi kerja suku cadang lainnya. Oleh karena itu, agar suku cadang mobil tidak mudah mengalami kerusakan, Anda bisa memilih suku cadang yang berkualitas.

Selain itu, Anda juga perlu rutin melakukan service pada komponen mobil Anda. Tujuannya adalah agar suku cadang tersebut terawat dan memiliki umur pakai yang lebih panjang.

Jenis Spare Part Mobil

Pada dasarnya suku cadang atau onderdil mobil adalah suatu komponen yang memiliki fungsi tertentu. Setiap suku cadang pada mobil memiliki fungsi yang berbeda-beda namun kerjanya saling berkaitan sehingga mobil bisa bergerak.

Ada beberapa macam suku cadang mobil yang umumnya digunakan di Indonesia yaitu orisinil, non pabrikan atau aftermarket, dan KW.

1. Orisinil

Jenis suku cadang yang pertama adalah suku cadang orisinil atau OEM (Original Equipment Manufacturer). Suku cadang jenis ini merupakan suku cadang asli yang dibuat oleh pabrikan mobil atau manufaktur. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, karena sudah pasti bagus. Anda bisa menemukan jenis suku cadang ini di bengkel atau dealer resmi.

Suku cadang orisinil banyak disarankan untuk digunakan, karena memiliki beberapa kelebihan berikut ini.

●      Aman

Bahan yang digunakan untuk membuat suku cadang orisinil adalah bahan yang memiliki kualitas bagus dan telah melalui tahap pengujian yang ketat. Sehingga dapat dipastikan suku cadang tersebut aman saat digunakan. Selain itu, dengan menggunakan suku cadang asli pada mobil Anda, maka dapat meminimalisir terjadinya masalah pada mobil saat dikendarai.

  • Kualitas terjamin

Dalam proses pembuatan suku cadang orisinil melalui beragam tahap pembuatan serta pengujian. Tahapan tersebut juga menggunakan standar internasional. Sehingga, produk suku cadang yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus dan berstandar internasional.

  • Terpercaya

Suku cadang yang diproduksi oleh pabrikan mobil atau manufaktur memiliki kualitas yang bagus serta terpercaya. Pasalnya, proses pembuatannya cukup panjang dan ketat serta sesuai dengan standar internasional. Sehingga sudah terjamin kualitasnya. Bahkan suku cadang orisinil tidak hanya dipasarkan di dalam negeri namun juga di negara lain.

  • Tahan lama

Suku cadang orisinil memiliki masa pakai yang lebih lama jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Hal ini dikarenakan bahan pembuatan suku cadang menggunakan bahan berkualitas sehingga akan lebih awet.

  • Garansi produk

Keuntungan selanjutnya yang akan Anda dapatkan jika menggunakan suku cadang asli adalah Anda mendapatkan jaminan garansi produk. Umumnya garansi yang diberikan kisaran 6 bulan hingga satu tahun. Hal ini sangat menguntungkan Anda karena jika terjadi kerusakan maka Anda bisa mengajukan klaim ganti suku cadang baru.

  • Hemat biaya

Umumnya harga suku cadang asli lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis suku cadang lainnya. Namun, Anda bisa lebih berhemat dengan menggunakan suku cadang ini. Pasalnya, suku cadang ini lebih awet, tidak mudah aus sehingga Anda tidak perlu sering menggantinya.

2. Non Pabrikan atau Aftermarket

Jenis suku cadang mobil selanjutnya yang banyak digunakan di Indonesia adalah suku cadang pabrikan atau aftermarket. Suku cadang ini memiliki kualitas yang setara dengan suku cadang orisinil namun dijual dengan harga yang lebih murah.

Suku cadang jenis ini biasanya diproduksi oleh perusahaan yang khusus membuat suku cadang untuk hobi, modifikasi mobil, custom, dan lainnya. Perusahaan pembuatnya biasanya juga telah memiliki lisensi sebelum melakukan produksi suku cadang. Namun, saat membeli jenis suku cadang ini, Anda juga perlu cermat agar suku cadang yang dibeli sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda.

3. KW

Jenis suku cadang yang terakhir adalah jenis KW. Jenis ini merupakan suku cadang tiruan yang dibuat dengan bahan yang kurang berkualitas. Sehingga umumnya umur pakai suku cadang ini lebih pendek dan suku cadang lebih mudah aus. Suku cadang ini juga biasanya memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan suku cadang asli.

Sebenarnya jenis suku cadang ini tidak disarankan untuk digunakan. Namun, jika dalam kondisi darurat dan budget yang dimiliki pas-pasan, maka mengganti suku cadang yang rusak dengan suku cadang KW bisa Anda lakukan.

Sparepart Mobil yang Wajib Service Berkala

Suku cadang mobil juga butuh dilakukan perawatan, caranya adalah dengan melakukan service secara berkala. Tujuannya adalah agar suku cadang lebih awet dan kerja mobil tetap optimal. Nah, berikut ini beberapa suku cadang mobil yang wajib di service secara berkala.

1. Oli Mesin dan Filter Oli

Oli mesin termasuk salah satu bagian penting bagi mobil. Oli memiliki beragam fungsi, mulai dari sebagai pelumas mesin, merawat agar mesin tidak aus, tidak muncul kerak, bahkan untuk mencegah terjadinya overheat.

Sumber : Otospector

Saat bekerja, oli perlu disaring terlebih dulu dengan menggunakan filter oli. Tujuannya adalah agar oli yang digunakan dalam sistem mobil adalah oli yang bersih. Oleh karena itu, oli maupun filter oli perlu diganti secara rutin setiap 6 bulan sekali agar kinerja mobil tetap optimal dan mencegah kerusakan suku cadang mobil.

2. Aki

Sumber: Mobilinanews.com

Aki mobil juga bagian dari mobil yang perlu diperhatikan kondisinya dengan cara di service secara rutin. Jika aki tidak rutin di service, diisi ulang atau bahkan diganti maka akan membuat mobil menjadi sulit distarter, bunyi klakson melemah dan lampu mobil redup. Bahkan yang paling parah dapat membuat mobil mogok di jalan.

3. Filter Udara

Filter udara yang ada pada mobil perlu dibersihkan dan diganti. Pasalnya, bagian ini berperan untuk menyaring debu dan kotoran agar tidak masuk ke ruang mesin.

Sumber: Lifepal

Jika kotoran terlalu banyak menumpuk pada filter udara tersebut maka dapat menghambat udara masuk ke ruang bakar yang menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Oleh karena itu, pembersihan filter udara bisa Anda lakukan secara rutin.

4. Busi

Fungsi utama busi pada kendaraan bermotor adalah sebagai pemantik api. Sehingga terjadi proses pembakaran di ruang mesin. Jika busi kotor maka akan membuat pembakaran kurang optimal dan membuat konsumsi bahan bakan menjadi lebih boros. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan kondisi busi mobil Anda dan rutin membersihkannya.

Sumber: Wuling

5. Filter AC

Filter AC juga perlu rutin dibersihkan dan juga diganti saat mobil sudah menempuh jarak 20.000 km. Fungsi filter AC adalah menyaring udara yang masuk ke kabin. Jika kotoran menumpuk di filter AC, maka akan membuat udara tidak dingin bahkan dapat merusak komponen lain di AC mobil.

Sumber: Tirto.id

6. Kampas Rem

Kampas rem juga perlu rutin diganti karena jika tidak diganti dalam jangka waktu yang lama maka dapat menimbulkan suara berdecit dan bahkan bisa berakibat rem yang tidak pakem atau rem blong. Kondisi ini tentu sangat membahayakan keselamatan Anda dalam berkendara.

Demikian informasi tentang spare part mobil dan juga bagian yang perlu di service secara rutin. Untuk melakukan service mobil secara rutin, Anda bisa gunakan Montiro.Id yang telah bekerja sama dengan banyak bengkel terpercaya.

image-iklan