Cara Mengecek Keaslian Spare Part Mobil yang akan Dibeli

22 December 2022

Sasis


Spare part mobil, menjadi hal yang penting dalam ketahanan kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Apalagi mobil masih memiliki harga yang tinggi, sehingga tidak asal-asalan dalam membeli produk alias yang asli. Benefit, kita tidak boros waktu, uang, tenaga, dalam membeli spare part.

Sumber: Gramedia.com

Spare part sekarang, mudah untuk digunakan, tetapi yang dicari belum tentu menjamin keasliannya. Dengan adanya kebutuhan spare part (suku cadang) yang tinggi, maka memunculkan oknum-oknum tertentu, yang tega, dengan mudahnya merekayasa keaslian dari produk itu, demi mencari untung.

Untuk itu, mari kita ketahui, cara cek keaslian dari spare part itu sendiri, diantaranya:

1. Terdapat Nomor Seri Spare part Asli

Nomor seri spare part asli, memiliki kerapihan dalam cetakannya. Nomor seri tersebut, sebagai identitas dari spare part yang ada. Jika terdapat nomor seri yang tidak sesuai dengan apa yang dijual, maka itu bukanlah spare part asli. Apalagi dalam penyajiannya (cetakannya) tidak rapi.

Sumber: AutoFun

Mudah pudar, cetakan nomor tidak pas, bahkan ada yang tanpa nomor seri, sudah dipastikan bahwa produk itu palsu. Untuk mewaspadai hal tersebut, kamu bisa mengunjungi atau membeli langsung di dealer mobil yang kamu punya. Selain itu, kamu bisa cari di bengkel terpercaya terdekat lokasimu.

2. Warna Kemasan Lebih Cerah dan Terlihat Baik (Jelas)

Bagi spare part asli, memiliki kemasan yang lebih cerah dan terlihat baik. Beda dengan spare part palsu, yang mana memiliki warna yang lebih pucat dan tak terlihat bagus (jelek). Spare part asli, selalu terbungkus dengan rapi.

Kemasan spare part yang asli, biasanya menggunakan kardus yang memiliki material lebih tebal serta halus. Kualitas kardus yang ada, juga berwarna terang dan tidak kusam. Perlu pahami, bahwa stiker hologram yang ada, tidak mudah terlepas. Jadi, jangan sampai tertipu.

3. Harga Jual Lebih Tinggi dari Spare part Palsu (Sesuai dengan Kualitas)

Untuk mengecek keaslian selanjutnya, bisa dilihat dalam hal harga. Walaupun hal ini bisa dimanipulasi, tetapi perlu patokan awal di 2 nomor di atas, agar tidak keliru dengan barang yang diberi. Harga spare part murah = mudah rusak. Walaupun tergantung pada yang merawat, tetap lebih awet yang asli.

Kecuali, jika kamu mahir dalam permesinan, kamu bisa meminimalisir bahkan menemukan teknik baru agar tahan lama. Cepat laku, memang menjadi keinginan dari para penjual, tetapi yah harus tetap profesional. Apalagi, kita selaku pembeli harus selektif dalam membeli barang.

4. Memiliki Garansi

Pastinya, setiap produk yang asli pasti memiliki garansi. Beda dengan yang palsu atau KW, biasanya hanya ada garansi beberapa hari dari pihak toko, bahkan tidak ada sama sekali. Jadi garansi dari produk atau perusahaan itu sendiri tidak ada.

Garansi, akan diberikan jika produk atau spare part yang dibeli, mengalami kecacatan atau tidak sesuai dengan apa yang dijual. Untuk spare part palsu, tidak bisa bertanggung jawab lebih atau tidak bertanggung jawab sama sekali jika ada kerugian atau hal-hal yang tidak diinginkan (kerusakan) terjadi.

5. Terdapat Stiker Barcode dan Hologram

Bagi yang asli, sparepart memiliki stiker barcode, yang tersedia dalam kemasan maupun produk itu sendiri (menempel). Dengan barcode tersebut, bisa mengecek keaslian maupun identitas yang ada. Jika kemasan spare part tidak dilengkapi dengan barcode, maka dipastikan palsu.

Sumber: Sahretech

Terdapat label hologram yang berdimensi, dan sangat cerah, terlihat jelas. Jika tidak sesuai dengan hal tersebut, maka bisa dikatakan palsu. Spare part sendiri, memiliki kemasan yang beda dengan yang lain, lebih terlihat elegan, limited, dan praktis.

6. Periksa Kondisi Fisik sebelum Dibeli

Sebelum membeli spare part mobil, alangkah lebih baik kita periksa dulu kondisi fisiknya. Untuk pembelian ini, lebih baik dilakukan secara offline, agar tidak tertipu dengan olshop yang tidak bertanggung jawab. Enaknya pembelian offline, bisa di cek secara langsung keasliannya. 

Walaupun spare part palsu, memiliki kemiripan secara fisik, tetapi dalam bentuknya tidak rapi seperti yang asli. Bahan material yang digunakan juga, tidak tahan lama, atau bisa dirusak dalam waktu itu juga. Dengan produk palsu, kemungkinkan kinerja dari kendaraan tidak maksimal.

Sumber: Otomotif.com

7. Harga Masuk Akal

Spare part yang asli, pastinya memiliki harga yang sesuai atau lebih mahal daripada spare part KW. Tapi untuk menguatkan hal tersebut, kita perlu tahu, bahwa harga yang dihadirkan juga harus masuk akal. Sebelum beli, cek harga di pasaran seperti apa dan berapa.

Jika penjual memberikan harga yang murah, tanpa ada acara diskon atau promo, dan potongan, maka itu bisa diindikasikan dengan barang palsu. Cek spare part secara online juga perlu, agar kita tidak dipilihkan dengan produk yang salah apalagi KW juga.

8. Cek Kualitas Produk

Ada kalanya, kita perlu cek kualitas produk dengan melihat setiap bagian yang ada. Ini didasarkan pada kita yang tidak ingin (menghindari) mendapatkan produk palsu. Jika bagian yang diamati presisi, bentuknya tidak aneh (sewajarnya sesuai pabrik keluaran), maka dikatakan asli.

Pastikan sebelum mengecek kualitas produk, spare part masih tersegel dengan rapi atau bagus. Spare part bisa dicoba, jika pihak bengkel membuka layanan tersebut untuk dipercaya pelanggan atau konsumen. Sedangkan pihak olshop, tidak bisa menggunakan layanan ini. Jadi, enakan offline kalau ini.

9. Perhatikan Bahan dan Spesifikasinya

Perhatikan bahan, dan spesifikasi spare part yang akan dibeli. Untuk mengetahui hal tersebut, sebelumnya kamu perlu cek di web resmi mengenai info bahan dan spesifikasi produk yang ada, agar saat di lapangan tidak tertipu.

Bisa juga, kamu dapatkan dengan mudah di katalog resmi kendaraan yang ada. Cara tersebut, bisa dengan membandingkan info yang ada, dengan info yang ada di lapangan. Semakin kita tahu mengenai spare part yang akan kita beli, maka semakin minim kita terkena spare part palsu.

10. Dijual di Tempat Resmi atau Terbaik

Dalam menjual spare part asli, dipastikan berada di tempat terbaik atau resmi. Misal, mobil Honda membeli spare part di dealer mobil Honda secara resmi, atau bengkel yang terpercaya dan dianggap baik dalam memberikan pelayanan berupa penjualan spare part asli salah satunya.

Karena, ada dealer yang bukan resmi dari merek kendaraan, tetapi menyediakan spare part asli berdasarkan kebutuhan. Ada yang memang bermitra atau bekerja sama dengan dealer resmi dalam pelayanan maupun penyediaan spare part asli. Dan itu bisa dicari di zaman sekarang.

Sumber: Cintamobil.com

Untuk pencarian bengkel maupun layanan resmi, terpercaya, mengenai penyediaan spare part mobil, bisa cari di laman montiro.id. Yang mana juga menyediakan bengkel-bengkel handal dan terbaik, tak kalah dengan bengkel resmi yang ada. Jangan sampai salah memilih bengkel lain, selain disini!

Info tentang spare part mobil, bisa kamu dapatkan melalui aplikasi montiro.id, yang mana menyediakan informasi terbaru mengenai mekanik dan otomotif yang ada. Disana, kamu juga bisa konsultasi gratis dengan montir yang sudah tersedia secara online.

image-iklan