Cara Cek Kaki Kaki Mobil yang Rusak

11 April 2023

Sasis


Saat Anda merasa bagian kaki-kaki mobil Anda bermasalah, maka Anda bisa segera membawanya ke bengkel kaki kaki mobil. Hal ini dikarenakan bagian kaki-kaki mobil memiliki peranan yang sangat penting. Jika bagian ini bermasalah, maka akan menyebabkan mobil bisa terasa oleng, limbung, atau bergerak sendiri.

Hal ini tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman, selain itu juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan berkendara. Jika bagian kaki-kaki mobil bermasalah, Anda bisa mengetahui dari beberapa tanda. Misalnya timbul bunyi, mobil terasa limbung, bahkan velg bisa menjadi penyok atau retak.

Cara Cek Kaki Kaki Mobil yang Rusak

Berikut ini beberapa tanda dan cara cek kaki-kaki mobil yang rusak.

1. Arah Roda Berubah

Cara mengecek kaki-kaki mobil dalam kondisi baik atau tidak adalah dengan memperhatikan arah roda mobil. Jika arah roda telah berubah, mobil terasa tidak stabil saat dikendarai, bergerak ke kiri atau kanan, setir terasa liar, dan mobil terasa melayang, bisa jadi ada masalah pada bagian kaki-kaki mobil yaitu tie rod.

Tie rod merupakan komponen yang berfungsi menstabilkan roda dari setor. Jika bagian ini bermasalah, maka akan berdampak pada gerakan roda yang terasa berubah. Jadi, jika mengalami kondisi seperti ini maka Anda bisa segera cek bagian tie rod.

2. Tapak Ban Terkikis

Sangat penting untuk mengetahui kondisi tapak ban. Jika kondisi tapak ban terlihat terkikis tidak merata dan bergelombang searah dengan putaran roda maka bisa shockbreaker mobil Anda mengalami kerusakan.

Sumber: Ombro

Cara mengecek kondisi shockbreaker Anda masih bagus atau mengalami kerusakan adalah dengan cara menggenjot ujung kap mesin atau bagasi belakang dengan menggunakan tangan. Jika mobil hanya berayun sekali ketika tangan dilepas dari kap atau bagasi, merupakan tanda bahwa shockbreaker masih bagus. Namun, jika berayun berulang kali, maka kemungkinan besar shockbreaker rusak.

3. Timbul Bunyi

Ball joint merupakan salah satu komponen dalam kaki-kaki mobil yang berperan dalam mempertahankan posisi as roda mobil saat berbelok. Sehingga mobil tetap dalam posisi yang stabil. Namun, jika Anda merasakan mobil kurang stabil dan bergoyang ketika melintasi jalan bergelombang atau berlubang maka kemungkinan terjadi kerusakan pada komponen ini.

Anda bisa mendeteksi kerusakan tersebut lebih awal. Jika terdengar bunyi pada kaki-kaki mobil dan roda bergoyang saat melintas di jalanan yang tidak rata itu merupakan tanda awal. Selanjutnya akan mengakibatkan setir menjadi tidak stabil.

Untuk mengecek kondisi ball jointAnda bisa mencoba mendongkrak mobil. Saat mobil didongkrak dan terdengar gesekan atau ban naik dan turun dengan jeda yang lama, kemungkinan terjadi kerusakan pada komponen ini.

4. Suara Dengung

Jika kondisi kaki-kaki mobil bermasalah, maka juga akan muncul suara dengung. Bunyi dengung ini akan jelas terdengar saat mobil dikendarai dengan kecepatan rendah. Hal ini menjadi tanda bahwa bagian bearing mengalami masalah. Untuk memastikannya bearing mana yang rusak, Anda bisa memperhatikan saat membelokkan roda ketika mobil berjalan.

Jika suara dengung hilang saat belok kiri, artinya bearing bagian kiri rusak. Sebaliknya, ketika belok kanan dan suara dengung hilang, maka bearing kanan yang rusak.

5. Mobil Limbung

Saat berada di tikungan, mobil bisa tetap stabil karena adanya komponen bushing yang terdiri dari stabilizer dan swing arm. Jika terjadi kerusakan pada komponen ini, maka akan menyebabkan mobil terasa limbung dan melayang saat berada di tikungan. Selain itu, juga timbul suara ‘kletek-kletek’ pada mobil Anda.

Sumber: Autofun

Selain kerusakan pada bagian bushing, mobil yang terasa limbung juga menjadi tanda bahwa suspensi mobil bermasalah. Jika suspensi mobil bermasalah maka tidak mampu meredam guncangan sehingga mengakibatkan mobil terasa limbung terutama saat dikendarai dengan kecepatan tinggi.

Cara mudah untuk mengecek bagian suspensi mengalami masalah atau tidak adalah dengan memperhatikan ada tidaknya suara bising saat mobil melaju. Jika timbul suara bising dan mobil terasa limbung, maka besar kemungkinan suspensi mobil Anda bermasalah.

6. Per Bermasalah

Mengecek bagian per mobil juga perlu Anda lakukan untuk memastikan kondisi kaki-kaki mobil Anda. Meskipun bagian per ini jarang bermasalah, namun tidak menutup kemungkinan tetap bisa rusak. Anda bisa mengetahui per mobil Anda bermasalah jika muncul suara berdecit atau efek bunyi seperti menggerus. Pada bagian per keong justru tidak menimbulkan tanda kerusakan namun bisa saja tiba-tiba patah.

7. Ban Aus

Memperhatikan kondisi ban mobil Anda juga sangat penting untuk dilakukan. Karena ban mobil termasuk bagian kaki-kaki mobil yang sangat penting untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan Anda saat berkendara.

Kondisi ban mobil yang telah aus, dengan kondisi permukaan yang tidak merata dapat menjadi tanda bahwa ada komponen lain dalam kaki-kaki mobil yang bermasalah.

Sumber: Solusinews.id

Sebagian orang menganggap permukaan ban yang tidak rata disebabkan hanya karena salah memposisikan ban, padahal bisa saja hal tersebut disebabkan karena adanya kerusakan pada komponen kaki-kaki ban yang lainnya.

8. Spooring Berubah

Spooring termasuk salah satu service yang dilakukan pada ban mobil Anda untuk menyelaraskan sudut roda. Namun, jika Anda telah melakukan spooring namun sudut sudut keselarasan roda tetap berubah, bisa jadi itu merupakan tanda kerusakan kaki kaki mobil.

Cara mengetahui bagian kaki-kaki mobil bermasalah atau tidak adalah dengan memposisikan setir secara lurus. Setelah itu, Anda bisa melajukan mobil dengan kecepatan sedang, sekitar 40 – 60 km/jam.

Jika arah mobil terasa melenceng atau condong ke salah satu sisi, bisa kiri atau kanan, padahal Anda tidak membelokkan setir maka Anda bisa segera melakukan spooring. Namun, jika masih muncul masalah yang sama setelah dilakukan spooring, maka Anda bisa segera cek kaki kaki mobil.

9. Velg Retak

Kaki-kaki mobil yang bermasalah juga dapat dilihat dari kondisi velg mobil Anda. Jika kondisi velg retak atau penyok, hal ini bisa menjadi tanda kerusakan pada kaki kaki mobil. Velg yang retak dan dalam kondisi tidak prima maka akan mengganggu kenyamanan dan keamanan Anda selama berkendara.

Sumber: Hyundai

10. Rem Tidak Nyaman

Cara mengetahui kondisi kaki-kaki mobil juga bisa Anda lakukan dengan merasakan kinerja rem. Jika rem terasa kurang nyaman saat diinjak, maka kemungkinan besar ada masalah pada bagian kaki kaki mobil. Cara mengujinya yaitu dengan menekan pedal rem secara teratur saat mobil berhenti. Jika mobil tidak langsung berhenti, maka kemungkinan ada sedikit udara di salurannya.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba mengendarai mobil dengan kecepatan sedang, dan injak rem. Jika rem terasa berat saat diinjak, maka hal tersebut merupakan tanda booster rem rusak atau kurang minyak rem.

Ketika Anda merasakan beberapa tanda tersebut, maka kemungkinan besar bagian kaki-kaki mobil Anda bermasalah. Anda bisa segera membawa ke bengkel kaki-kaki mobil terdekat. Agar memudahkan Anda dalam melakukan perbaikan bagian tersebut, Anda bisa gunakan Montiro.Id.

Platform ini akan membantu Anda menemukan bengkel yang tepat dan profesional. Selain itu, Anda juga bisa melakukan booking online, sehingga Anda tidak perlu terlalu lama antri di bengkel.

image-iklan