Bengkel Spooring Terdekat: Apa Manfaatnya Bagi Mobil?

17 February 2023

Bodi


Bengkel spooring terdekat bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin melakukan spooring dan balancing pada mobil kesayangan Anda. Umumnya mobil yang dibawa ke bengkel spooring mengalami masalah pada bagian roda mobil.

Spooring dan balancing merupakan dua jenis perbaikan yang dilakukan pada bagian roda. Dalam jangka waktu tertentu, mobil perlu dilakukan spooring dan balancing agar mobil tetap nyaman dikendarai.

Meskipun terdengar sama, namun spooring dan balancing memiliki perbedaan. Untuk mengetahui lebih detail tentang perbedaan spooring dan balancing pada mobil, Anda bisa simak informasi lengkapnya dalam artikel ini.

Apa Itu Spooring?

Spooring adalah suatu proses perbaikan yang dilakukan pada bagian roda mobil. Saat dilakukan spooring roda mobil disetel sudut kemiringannya dari caster dan camber pada bagian kaki-kaki yang terhubung dengan velg.

Saat dilakukan proses spooring, dilakukan juga setting ulang angka standar pabrik pada sudut toe dan chamber. Sehingga, setelan kaki-kaki pada mobil akan kembali sesuai dengan setelan pabrik.

Spooring mobil perlu dilakukan secara berkala. Umumnya, proses spooring mobil disarankan untuk dilakukan setiap 20.000 km. Dengan melakukan perawatan mobil yang rutin, mobil yang Anda miliki akan memiliki performa yang baik, tahan lama, serta nyaman digunakan.

Apa Itu Balancing?

Sama halnya dengan spooring, balancing adalah proses perbaikan yang dilakukan pada bagian roda dan kaki-kaki mobil. Namun, balancing berbeda dengan spooring. Balancing merupakan  suatu proses yang dilakukan pada bagian roda yang bertujuan untuk memperlancar putaran roda dengan menyamakan berat seluruh roda.

Sumber: Nissan Indonesia

Balancing umumnya dilakukan saat Anda selesai mengganti ban atau velg mobil. Tujuannya adalah agar putaran ban tetap seimbang. Selain itu, pada mobil tua juga disarankan untuk dilakukan balancing. Karena sebagian besar mobil tua memi ban yang tidak rata.

Bagi Anda yang telah terbiasa melakukan balancing, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Namun, jika belum terbiasa maka Anda bisa membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan balancing. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar mobil Anda terhindar dari risiko kerusakan pada ban mobil.

Tanda Mobil Perlu Spooring dan Balancing

Demi kenyamanan saat berkendara, spooring dan balancing perlu dilakukan secara berkala. Spooring dan balancing bisa Anda lakukan secara berkala maksimal mobil menempuh jarak 20 ribu km. Namun, jika mobil Anda sering melalui jalanan yang rusak, maka Anda bisa melakukan spooring dan balancing setiap menempuh jarak 10 ribu km.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan patokan tanda mobil butuh dilakukan spooring dan balancing. Umumnya, mobil yang perlu dilakukan spooring dan balancing telah menunjukkan tanda-tanda sebagai berikut.

Sumber: carro Indonesia

1. Ban Tampak Miring

Ciri pertama yang menandakan bahwa mobil Anda perlu dilakukan spooring dan balancing adalah kondisi ban yang tampak aus dan tidak rata. Anda bisa mengetahuinya saat mobil diparkirkan di permukaan yang datar. Maka akan terlihat kemiringan ban tersebut.

2. Mobil Berbelok Sendiri

Saat Anda berkendara di jalan yang lurus dan Anda tiba-tiba merasakan mobil berbelok sendiri ke arah tertentu, hal ini merupakan tanda bahwa mobil Anda perlu dilakukan spooring dan balancing. Anda bisa segera membawa mobil Anda ke bengkel spooring dan balancing.

Atau bisa juga saat mobil dibelokkan, stir susah kembali berputar pada posisi semula meskipun Anda telah melepaskannya. Hal ini dapat terjadi karena kondisi ban yang telah aus.

3. Setir Mobil Bergetar

Tanda yang mudah dikenali saat mobil membutuhkan spooring dan balancing adalah setir mobil bergetar sendiri. Anda bisa merasakannya saat Anda sedang mengendarai mobil dengan kecepatan tertentu.

Hal ini dapat terjadi karena roda bagian depan mobil berhubungan langsung dengan mekanisme kemudi. Sehingga jika roda depan mobil mengalami masalah maka juga akan berdampak pada setir mobil.

4. Ban Belakang Tidak Sejajar

Ciri terakhir ban mobil yang perlu dilakukan spooring dan balancing adalah ban bagian depan mobil tampak tidak sejajar lurus dengan bagian belakang. Hal ini disebabkan karena kondisi ban belakang yang bergeser dan tidak berada pada posisi semula. Sehingga perlu dilakukan spooring dan balancing agar ban sejajar kembali dan mobil nyaman dikendarai.

Manfaat Spooring dan Balancing

Saat mengalami tanda-tanda seperti mobil berbelok sendiri, setir bergetar, hingga ban mobil yang tidak sejajar, maka Anda perlu segera membawa mobil Anda ke bengkel spooring terdekat. Untuk mengetahui bengkel spooring yang terpercaya, Anda bisa mencarinya melalui Montiro.Id.

Sumber: Hyundai

Platform ini telah banyak bekerja sama dengan bengkel terbaik yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa melakukan booking online yang memudahkan Anda saat perbaikan mobil di bengkel. Jadi, Anda tidak perlu antri terlalu lama di bengkel.

Spooring dan balancing sangat penting dilakukan. Bahkan dianjurkan untuk dilakukan secara berkala. Berikut ini manfaat yang akan didapatkan jika melakukan spooring dan balancing secara berkala.

1. Meningkatkan Kenyamanan Dalam Berkendara

Jika ban dalam kondisi bermasalah dan tidak sempurna, maka mempengaruhi kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Anda akan merasakan setir bergetar atau setir terasa berat.

Oleh karena itu, diperlukan spooring dan balancing agar Anda bisa kembali nyaman saat mengendarai mobil. Selain itu, Anda juga akan merasa aman karena meminimalisir terjadinya kecelakaan mobil.

2. Meningkatkan Kestabilan Dan Feedback Setir

Jika bagian kaki-kaki mobil mengalami masalah maka dapat menimbulkan bahaya. Hal ini dikarenakan stabilitas mobil akan terganggu. Bisa saja saat Anda sedang mengendarai mobil di jalanan lurus, tiba-tiba mobil berbelok ke arah tertentu.

Jadi, jika Anda melakukan spooring dan balancing, maka mobil Anda akan menjadi stabil kembali. Selain itu, feedback dari ban terhadap setir juga menjadi lebih bagus. Anda bisa merasakannya saat setir kembali lurus setelah mobil berbelok.

3. Mengoptimalkan Usia Pakai Ban

Jika bagian kaki-kaki mobil bermasalah maka akan berimbas pada kondisi ban. Ban mobil Anda bisa menjadi aus, tidak rata, timbul bunyi decitan, hingga masa pakai ban yang lebih cepat dari biasanya.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan spooring dan balancing agar kondisi kaki-kaki mobil bisa normal kembali. Selain itu, juga agar kondisi ban tetap awet dan nyaman saat digunakan berkendara.

4. Menghemat Konsumsi Bahan Bakar

Jika terjadi masalah pada kaki-kaki mobil, maka akan berefek pada laju mobil yang terhambat. Sehingga Anda akan menekan gas lebih dalam yang berakibat konsumsi BBM menjadi lebih boros. Berbeda jika Anda rutin melakukan spooring dan balancing. Hal ini akan membuat laju mobil tetap lancar tanpa hambatan dan Anda lebih hemat dalam penggunaan BBM.

5. Menjaga Keawetan Kaki-kaki Mobil

Tujuan utama dari proses spooring dan balancing adalah untuk menjaga keawetan kaki-kaki dan roda mobil. Jika kaki-kaki dan roda mobil rutin dilakukan perawatan, maka usia pakai masing-masing komponen bisa menjadi lebih panjang.

Anda akan terhindar dari risiko penggantian spare part yang terlalu sering. Pasalnya, biaya penggantian pada bagian kaki-kaki mobil membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Demikian informasi tentang balancing dan spooring serta manfaatnya bagi mobil Anda. Jika Anda menemukan masalah yang berkaitan dengan kaki-kaki mobil, maka Anda bisa segera membawa mobil Anda ke bengkel spooring terdekat.

image-iklan