Rekomendasi Bengkel Kaki-Kaki Mobil di Wilayah Bogor

6 January 2023

Sasis


Kaki-Kaki mobil merupakan bagian dari mobil yang perlu dilakukan perawatan secara rutin. Pasalnya, bagian ini memiliki peranan cukup penting yaitu untuk menstabilkan serta menjaga kenyamanan dan keamanan saat berkemudi.Sehingga jika mobil Anda mengalami kerusakan atau kendala pada bagian kaki-Kaki mobil, maka Anda bisa segera membawa mobil Anda ke bengkel kaki kaki mobil terdekat.

Sumber: BukaReview

Bengkel kaki-Kaki mobil akan melakukan pemeriksaan komponen kaki-kaki mobil Anda. Yaitu meliputi pemeriksaan banshockbreaker (suspensi)ball jointbushingbearing dan tie rod. Selain itu  Anda juga perlu mengetahui kapan mobil Anda harus segera dibawa ke bengkel kaki-kaki mobil untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut dan juga perbaikan.

Tanda Kaki-kaki Mobil Rusak

Untuk mengetahui terjadi kerusakan pada bagian kaki-kaki mobil, Anda bisa memperhatikan ciri-ciri yang ada pada mobil Anda. Umumnya, jika mobil mengalami kerusakan pada bagian kaki-kaki, mobil Anda akan menunjukkan tanda-tanda sebagai berikut.

1. Setir Terasa Bergetar

Jika Anda merasakan setir bergetar saat mobil dijalankan atau bahkan saat dalam posisi diam, ini merupakan tanda bahwa bagian kaki-kaki mobil Anda mengalami kerusakan. Saat Anda mengalami tanda ini maka sebaiknya langsung dilakukan pengecekan karena jika dibiarkan maka akan berpengaruh terhadap bagian atau komponen lain dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

2. Ban Depan Tidak Lurus

Tanda selanjutnya yang menunjukkan bahwa kaki-kaki mobil mengalami kerusakan adalah ban depan yang tampak tidak lurus atau terlihat miring sebelah atau miring kedua bannya.

3. Tapak Ban Miring Sebelah

Tapak ban yang miring sebelah juga menjadi tanda bahwa kaki-kaki mobil rusak. Permukaan tapak ban yang tidak rata akan membahayakan pemilik mobil apalagi saat berkendara di kondisi hujan, ban akan menjadi licin.

4. Bunyi di Bagian Roda

Jika terdengar bunyi-bunyi seperti tek-tek atau kletek-kletek di bagian roda, maka ini merupakan tanda bahwa kaki-kaki mobil Anda mengalami kerusakan. Umumnya, kaki-kaki mobil yang memiliki kondisi bagus tidak menimbulkan suara-suara dan bunyi aneh.

5. Rem Kurang Enak

Jika Anda merasakan rem yang kurang enak saat diinjak merupakan tanda bahwa kaki-kaki mobil Anda rusak atau mengalami kendala. Saat mengalami kendala ini maka sebaiknya Anda bisa segera mengecek dan membawanya ke bengkel. Karena jika bagian ini rusak maka akan membahayakan keselamatan saat berkendara.

6.  Limbung di Kecepatan Tinggi

Saat Anda berkendara di jalan tol dengan kecepatan tinggi dan mobil Anda terasa limbung, maka ini merupakan tanda bahwa bagian kaki-kaki mobil Anda mengalami kendala. Anda akan mulai merasakan kondisi mobil limbung saat mobil melaju di atas 80 km/jam atau lebih.

Komponen Kaki-kaki Mobil

Saat bagian kaki-kaki mobil Anda mengalami kendala, langkah yang paling tepat adalah dengan segera membawa mobil ke bengkel. Selain itu, sebagai pemilik mobil, Anda juga perlu mengetahui komponen yang ada di kaki-kaki mobil. Sehingga Anda bisa lebih paham bagian mana yang rusak dan apa yang harus dilakukan ketika bagian itu rusak.

1. Ball joint

Komponen pertama adalah ball joint. Komponen ini berfungsi untuk memastikan kendaraan dalam keadaan seimbang dan stabil. Jika Anda mengalami roda mobil bergoyang atau berbunyi maka bisa dipastikan bagian ball joint ini rusak.

Sumber: Somic.co.jp

2. Shockbreaker

Shockbreaker merupakan komponen yang ada di bagian kaki-kaki mobil yang berfungsi meredam guncangan ketika mobil sedang bergerak. Jika mobil terlalu sering membawa beban berat maka akan mempengaruhi shockbreaker dan membuat mobil menjadi tidak seimbang.

Sumber: Kompas Otomotif

3. Tie rod

Tie rod merupakan komponen dari kaki-kaki mobil yang berkaitan dengan setir. Sehingga jika terjadi masalah pada tie rod maka akan membuat stir melenceng tidak seperti biasanya.

Sumber: MeiSetio.com

4. Per

Per merupakan komponen yang jarang rusak namun tidak menutup kemungkinan dapat terjadi kerusakan juga pada komponen ini. Kerusakan pada per dapat terjadi karena bushing yang pecah atau bantal per yang terlilit ke spiralnya.

Sumber: Blibli.com

5. Bushing arm

Komponen ini memiliki peranan yang sangat penting yaitu untuk meredam getar yang terjadi antar komponen. Sehingga jika bushing karet arm rusak maka akan  membuat arah mobil tidak sesuai dengan setir.

Sumber: Kompas Otomotif

6. Bushing stabilizer

Komponen selanjutnya pada bagian kaki-kaki mobil adalah bushing stabilizer yang berfungsi menyeimbangkan suspensi kanan dan kiri pada mobil. Jika muncul suara decit atau gemuruh ketika Anda sedang menginjak rem maka besar kemungkinan terjadi kerusakan pada komponen ini.

7. Bearing

Komponen terakhir yang ada pada bagian kaki-kaki mobil adalah bearing yang berfungsi untuk menjaga kestabilan mobil ketika dikemudikan di jalan.

Sumber: Auto2000

Biaya Service Kaki-kaki Mobil

Jika terjadi kerusakan pada salah satu komponen yang ada di bagian kaki-kaki mobil, maka Anda perlu melakukan perbaikan mobil Anda di bengkel. Biaya service kaki-kaki mobil juga beragam berdasarkan kerusakan yang terjadi pada bagian tersebut. Berikut ini kisaran biaya service kaki-kaki mobil di bengkel.

  • Bushing arm: Rp300 ribu
  • Tie rod: Rp350 ribu
  • Ball joint: Rp150 ribu
  • Link stabilizer: Rp50 ribu
  • Bearing belakang: Rp100 ribu
  • Bearing depan : Rp150 ribu

Biaya yang tertera tersebut merupakan biaya perkiraan. Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan service kaki-kaki mobil mungkin akan berbeda antara bengkel satu dengan yang lain.

Bengkel Kaki-kaki Mobil di Bogor

Bengkel kaki-kaki mobil kini semakin mudah ditemukan. Bahkan hampir di setiap kota telah ada bengkel kaki-kaki mobil. Untuk lebih memudahkan Anda dalam mencari bengkel kaki-kaki mobil terdekat dari lokasi Anda, Anda bisa gunakan Montiro.id.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan booking layanan bengkel melalui Montiro.id. Berikut ini beberapa rekomendasi bengkel kaki-kaki mobil yang ada di kota Bogor dan kabupaten Bogor.

1. Milala Auto Service

Lokasinya berada di Perumahan Good Year Blok J No. 18, Ciomas, Kec. Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

2. Ajib Suspension

Bengkel kaki-kaki mobil ini berada di Jl. Raya Jakarta-Bogor No.16-21, Cibuluh, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16158.

3. UGI Suspension

Alamat bengkel kaki-kaki mobil UGI Suspension yaitu RT.01/RW.11, Bubulak, Bogor Barat, Bogor City, West Java 16115

4. Niken Power Steering

Lokasinya berada di Jl. Cilubang Nagrak No.43, RT.04/RW.04, Situgede, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16115.

5. Nadia Jaya

Alamat bengkel Nadia Jaya yaitu di Jl. Raya Pemda No.99, RT.01/RW.02, Pasir Jambu, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16158.

6. Yeni Motor

Bengkel Yeni Motor berada di Jl. Raya Jakarta-Bogor No.26, Cimandala, Kec. Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16710.

7. Fajar Jaya

Lokasi bengkel ini berada di Sindangsari, Bogor Timur, Bogor City, West Java 16146.

Itulah informasi tentang bengkel kaki-kaki mobil di wilayah Bogor. Usahakan untuk segera membawa mobil Anda ke bengkel jika Anda merasakan tanda-tanda kerusakan pada bagian kaki-kaki mobil Anda. Hal ini dikarenakan kondisi kaki-kaki mobil yang kurang bagus dapat membahayakan nyawa pengendara.

image-iklan