Rekomendasi Bengkel Spooring Terdekat dan Terbaik di Area Jabotabek

29 March 2023

Safety Drive


Spooring merupakan salah satu bagian dari proses service rutin yang biasa dilakukan pada mobil. Tujuan dilakukannya proses ini adalah untuk memastikan agar laju mobil bisa lurus. Jika saat mengemudi, Anda merasa laju mobil mulai mengalami perubahan, maka Anda bisa segera membawa mobil ke bengkel spooring terdekat.

Pengertian Spooring

Mungkin sebagian orang sudah sering mendengar istilah spooring dan balancing saat di bengkel. Spooring memang kerap disandingkan dengan balancing, meski memiliki persamaan yaitu tentang perawatan roda mobil namun keduanya memiliki makna yang berbeda.

Sumber: McEasy

Spooring adalah proses untuk menyelaraskan atau menyeimbangkan roda mobil dengan cara meluruskan ban bagian depan dengan ban bagian belakang. Sesuai langkahnya, spooring terdiri dari caster, camber, toe angle (toe-in atau toe-out), hingga turning radius. Fungsi utama dari spooring adalah untuk menjaga kestabilan mobil.

Menjadi bagian dari perawatan mobil, maka spooring juga harus dilakukan secara rutin. Biasanya spooring dilakukan sekitar 3-4 bulan sekali, namun hal tersebut tidak bisa diterapkan sepenuhnya karena setiap kendaraan atau mobil memiliki kondisi yang berbeda-beda.

Tanda-Tanda Mobil Membutuhkan Spooring

Jadi kapan waktu yang tepat untuk melakukan spooring? Tenang, Anda bisa memperhatikan beberapa tanda-tanda di bawah ini sebelum melakukan spooring pada mobil.

1.    Setir Bergetar Saat Berkendara

Saat mengendarai mobil, Anda bisa merasakan apakah setir mobil mengalami getaran atau bergetar saat berkendara? Sebab, setir yang bergetar menjadi salah satu tanda adanya permasalahan pada ban mobil bagian depan.

Tentu hal ini akan berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan Anda selama berkendara. Untuk itu, saat Anda mengalami atau merasakan hal ini maka, Anda bisa segera melakukan spooring pada mobil.

2.    Mobil Tiba-Tiba Belok

Saat Anda mengemudi dalam posisi lurus, jika tiba-tiba ada pergerakan ban beralih putaran atau berbelok dengan sendirinya. Maka, Anda harus waspada dan segera mengunjungi bengkel spooring terdekat untuk melakukan perbaikan.

3.    Cek Kondisi Ban Mobil

Ketika Anda merasakan ketidaknyamanan saat mengemudi, maka Anda bisa melakukan pengecekan secara menyeluruh pada kondisi ban mobil. Cek juga apakah ada benjolan pada permukaan ban? Jika iya, maka ada kemungkinan sistem suspensi mobil Anda mengalami masalah, sehingga harus dilakukan proses spooring.

4.    Setir Terasa Lebih Berat

Tanda-tanda yang paling terasa saat mobil membutuhkan spooring adalah pada bagian setir mobil. Jika Anda merasa setir mobil lebih berat daripada biasanya, lalu kondisi setir kembali berputar pada posisi semula meski akan dibelokkan. Maka, hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa mobil Anda harus segera melakukan spooring dan balancing.

5.    Hilangnya Keseimbangan

Terakhir, tanda mobil membutuhkan spooring adalah hilangnya keseimbangan dan terasa adanya goncangan meski Anda melintas pada kondisi jalan yang baik. Hal ini sangat berbahaya, apalagi saat Anda mengemudi dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Karenanya, jika Anda merasakan adanya salah satu tanda-tanda yang telah dijelaskan di atas. Maka, segera lakukan spooring untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bengkel Spooring Terdekat dan Terbaik di Jabodetabek

Terdapat banyak bengkel spooring yang bisa Anda temukan di wilayah Jabodetabek. Namun, tidak semua bengkel menyediakan layanan spooring yang berkualitas. Agar tidak salah dalam memilih, berikut beberapa bengkel spooring terdekat dan terbaik di area Jabodetabek yang bisa Anda kunjungi.

1.    CARfix Cibinong

Kabar gembira bagi Anda pengguna setia bengkel CARfix. Diketahui CARfix telah memiliki cabang di area Bogor tepatnya di jalan Karadenan, Cibinong, Bogor. Sama halnya dengan bengkel resmi pada umumnya, CARfix menyediakan beragam layanan service untuk semua jenis mobil.

Sumber: CARfix Cibinong

CARfix dikenal sebagai salah satu bengkel umum terbaik dan memiliki banyak cabang. CARfix juga menyediakan berbagai fasilitas yang bisa Anda manfaatkan seperti ruang tunggu yang nyaman, suku cadang atau spare part yang lengkap, montir atau mekanik yang profesional, dan berbagai layanan untuk mobil termasuk spooring. Anda bisa mengunjungi CARfix Cibinong setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB

2.    Autopit Bogor

Satu lagi rekomendasi bengkel terdekat di area Bogor yang bisa Anda kunjungi yaitu Bengkel Autopit. Bengkel ini memiliki konsep yang berfokus pada perawatan ban mobil, bis hingga truck.

Sumber: Autopit Bogor

Bengkel Autopit menyediakan beragam layanan yang meliputi spooring, balancing, balancing OTC, finish balance, reparasi ban, bongkar ban, ganti oli, hingga cuci mobil. Bengkel Autopit juga bagian dari authorized seller berbagai merek ban diantaranya Firestone dan Bridgestone.

Bengkel Autopit berlokasi di Jalan Raya Pajajaran No.234, RT.03/RW.03, Bantarjati, Bogor. Adapun untuk jam operasional bengkel ini antara lain:

  • Senin-Jumat : mulai pukul 08.00-16.30
  • Sabtu : mulai pukul 08.00-17.00
  • Minggu : mulai pukul 08.00-16.00

3.    Nawilis Ban

Bagi Anda yang berdomisili di wilayah Jakarta Pusat atau di sekitar daerah Museum Taman Prasasti, maka Nawilis Ban bisa menjadi salah satu rekomendasi bengkel spooring terbaik.

Dikenal sebagai bengkel spesialis spooring dan balancing, Nawilis Ban berlokasi di Jl. Tanah Abang 1 no 12A, Jakarta Pusat. Nawilis Ban juga sering disebut sebagai bengkel legendaris karena pengalamannya selama 50 tahun dalam dunia perbengkelan.

Sumber: Nawilis Ban

Tak hanya melayani mobil perorangan, Nawilis Ban juga melayani mobil corporate. Beragam layanan yang ditawarkan meliputi service umum, service rutin, serta spooring dan balancing.  Nawilis Ban juga memiliki beberapa cabang di wilayah Jabodetabek yaitu di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Pamulang, Parung, Cilegon, dan Bekasi.

Untuk cabang di Jakarta Pusat Anda bisa mengunjunginya setiap hari mulai pukul 08.00-16.30 WIB. Anda juga bisa menghubungi bengkel Nawilis Ban di 021 385 0025 atau tomonetnwlta@nawilis.com

4.    Auto Ban

Auto Ban Serpong sangat cocok untuk menjadi bengkel terdekat bagi Anda yang berdomisili di sekitar Alam Sutera, Bukit Serpong Mas, Villa Melati, dan BSD. Auto Serpong menyediakan beragam merek ban dan layanan perawatan seperti isi nitrogen, spooring, dan balancing.

Bagi Anda pengguna ban Dunlop, maka Anda bisa mendapatkan harga dan kualitas terbaik di bengkel ini. Selain Dunlop, bengkel ini juga menyediakan beberapa merek ban ternama seperti Good Year, Bridgestone, Continental, dan merek ban lainnya.

Auto Ban Serpong berlokasi di Jl. Raya Serpong No.KM. 8 No.15, Pakulonan,Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan. Bengkel ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.30 WIB, Anda juga bisa menghubunginya secara langsung di (021) 5396156.

5.    Trijaya Ban Cibubur

Terakhir Trijaya Ban Cibubur yang berlokasi di Jl. Alternatif Cibubur No.51, RT.002/RW.009, Jatisampurna, Kota Bekasi. Bengkel ini memberikan solusi dengan beragam layanan yang meliputi Tune Up, Auto Scanning, Service Berkala, Transmisi Matic, Spooring, dan Balancing.

Menariknya Trijaya Ban Cibubur juga menyediakan layanan home service yang bisa jadi solusi bagi Anda untuk melakukan perawatan mobil tanpa harus datang ke bengkel spooring terdekat.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi Montiro.id yang tersedia di Google Play Store dan App Store untuk melakukan booking service di bengkel Trijaya Ban Cibubur. Selain Montiro.id juga menyediakan beragam informasi perbengkelan dan solusi untuk kebutuhan mobil Anda.

image-iklan