Tips Memilih Bengkel Kaki Kaki Mobil Terbaik

15 February 2023

Sasis


Bengkel kaki kaki mobil adalah tempat yang tepat untuk memperbaiki mobil Anda jika terjadi masalah pada bagian kaki-kaki mobil. Ciri mobil yang perlu dilakukan perbaikan pada bagian kaki-kaki mobil adalah mobil terasa bergetar atau berguncang lebih dari biasanya atau bahkan kemudi yang tidak stabil.

Memilih bengkel untuk melakukan perbaikan bagian kaki-kaki mobil haruslah yang berkualitas dan terpercaya. Setidaknya bengkel tersebut memiliki mekanik yang berpengalaman dan profesional. Mempercayakan perbaikan kepada bengkel yang terpercaya akan membuat Anda merasa lebih tenang dan puas dengan hasilnya.

Dalam memilih bengkel untuk perbaikan bagian kaki-kaki mobil Anda, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Tips Pilih Bengkel Kaki Kaki

Agar Anda tidak salah dalam memilih bengkel, maka Anda perlu memperhatikan tips berikut ini dalam memilih bengkel terbaik dan terpercaya.

1. Bengkel Berpengalaman

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat memilih bengkel untuk kaki-kaki mobil adalah bengkel tersebut telah berpengalaman. Anda bisa mencari banyak informasi tentang bengkel tersebut termasuk sejak kapan berdirinya bengkel tersebut. Umumnya, bengkel telah berdiri cukup lama memiliki pengalaman dan sudah paham dengan permasalahan pada bagian kaki-kaki mobil.

Selain itu, bengkel yang telah berpengalaman biasanya memiliki mekanik yang handal dan berpengalaman. Sehingga akan mudah melakukan perbaikan pada bagian kaki-kaki mobil Anda. Pasalnya, kaki-kaki mobil adalah bagian terpenting yang dapat mempengaruhi kemudi. Sehingga perlu diperhatikan dan diperbaiki oleh bengkel yang berpengalaman.

2. Pelayanan Baik

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan saat memilih bengkel untuk kaki-kaki mobil adalah pelayanan bengkel yang baik. Pelayanan yang baik tidak hanya ditunjukkan dengan keramahan dari pemiliknya namun juga dengan sikap ramah dan sopan dari mekaniknya.

Selain itu, sebaiknya pilih bengkel yang memiliki mekanik yang mudah diajak berdiskusi. Sehingga, Anda dapat mengetahui permasalahan yang terjadi pada kaki-kaki mobil Anda. Anda juga bisa berdiskusi dengan mekanik untuk menentukan langkah perbaikan yang tepat dan sesuai budget Anda.

3. Cek Testimoni

Cara lain untuk mengetahui apakah bengkel tersebut terpercaya atau tidak adalah dengan melihat testimoni atau review dari pelanggan. Anda bisa melihat komentar yang diberikan pelanggan bengkel tersebut melalui media sosial, atau Google Maps.

Selain itu, Anda juga bisa meminta pendapat dari teman atau kerabat yang pernah menggunakan jasa di bengkel tersebut. Jika Anda sudah yakin dengan bengkel pilihan Anda, maka Anda bisa membawa mobil Anda untuk ke bengkel tersebut untuk dilakukan perbaikan.

4. Sesuaikan dengan Anggaran

Dalam melakukan perawatan dan perbaikan mobil, tentunya dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan anggaran khusus jika sewaktu-waktu Anda perlu membawa mobil ke bengkel.

Ada banyak pilihan bengkel untuk kaki-kaki mobil yang bisa Anda pilih. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan anggaran yang Anda miliki. Anda bisa memilih bengkel kualitas bagus dengan harga yang cukup tinggi. Atau bisa juga memilih bengkel dengan harga yang ekonomis.

Namun, bukan berarti bengkel dengan harga yang ekonomis tidak memiliki kualitas bagus. Ada banyak bengkel kaki kaki mobil yang menawarkan harga ekonomis namun dengan kualitas yang bagus.

Komponen pada Kaki-kaki Mobil

Bagian kaki-kaki mobil termasuk bagian yang sangat penting bagi mobil. Kaki-kaki mobil berperan penting dalam menopang beban yang ada pada mobil. Pada bagian ini terdiri dari komponen yang saling bekerja sama untuk menciptakan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Berikut ini beberapa komponen kaki-kaki mobil beserta dengan fungsinya.

1. Roda dan Ban Mobil

Salah satu komponen penting yang ada pada bagian kaki kaki mobil adalah roda. Roda berfungsi sebagai penahan bobot kendaraan, sebagai bantalan agar mobil tidak bersentuhan langsung dengan jalan, menyeimbangkan kendaraan, dan dapat menahan guncangan. Sehingga Anda dapat berkendara dengan nyaman meskipun di jalanan yang tidak rata.

Secara umum, ban dibagi menjadi dua jenis yaitu ban luar dan ban dalam. Namun, kini telah banyak mobil yang menggunakan ban tubeless dimana tidak membutuhkan ban dalam.

2. Shockbreaker

Komponen selanjutnya yang ada pada bagian kaki kaki mobil adalah shockbreaker. Komponen ini berfungsi sebagai peredam kejut atau guncangan saat mobil berjalan di jalanan yang tidak rata atau berbatu.

Mobil yang memiliki suspensi atau shockbreaker yang bagus akan membuat penumpang tetap merasa nyaman meskipun berjalan di atas jalanan yang tidak rata. Penumpang akan minim merasakan guncangan karena adanya suspensi yang tinggi pada mobil.

Suspensi umumnya terbagi menjadi 2 tipe, yaitu tipe independen dan tipe rigid. Suspensi dengan tipe independen memungkinkan roda dapat bergerak bebas karena roda kanan dan kiri tidak dihubungkan ke acle. Sehingga roda tidak akan mempengaruhi satu sama lain.

Suspensi jenis ini, bisa Anda temukan pada mobil-mobil keluaran terbaru. Mobil yang menggunakan jenis suspensi independen umumnya memiliki harga yang lebih mahal karena konstruksinya lebih rumit dan lebih nyaman digunakan.

Jenis suspensi yang kedua adalah rigid. Pada jenis ini, roda tidak dapat bergerak bebas karena axle terhubung langsung pada bodi mobil dan frame pegas. Kedua roda akan saling mempengaruhi saat mobil melewati jalanan yang tidak rata.

3. Tie Rod

Tie Rod juga termasuk salah satu komponen yang ada pada kaki-kaki mobil. Fungsinya adalah untuk menghubungkan setir dan pengikat roda agar roda dapat berbelok ke kiri dan kanan. Karena masa pemakaian dan juga adanya benturan yang keras, akan membuat tie rod menjadi longgar.

Ciri tie rod yang longgar dapat diketahui saat Anda melewati jalan yang berlubang. Maka akan terdengar bunyi pada roda karena roda tidak stabil.

4. Ball Joint

Ball joint merupakan komponen pada kaki-kaki mobil yang berbentuk seperti roda. Fungsi komponen ini adalah menghubungkan lengan ayun sehingga suspensi lebih mudah bergerak dan menahan roda agar tidak lepas dari chasis roda.

Ball joint sangat penting keberadaannya, karena jika ball joint pada mobil Anda mengalami kerusakan maka dapat membuat ban cepat aus dan bergelombang.

5. Bushing

Bushing adalah komponen pada kaki-kaki mobil yang berfungsi sebagai peredam getaran agar tidak mengganggu komponen dengan metal lain yang berhubungan. Bushing dapat mengalami kerusakan jika terus menerus mendapatkan suhu panas dari mobil. Selain itu, beban kerja dan guncangan juga dapat membuat bushing menjadi lebih cepat rusak.

Kerusakan pada bushing, bisa Anda ketahui saat Anda melaju di jalan yang tidak rata dan setir bergerak sendiri padahal tidak digerakkan. Selain itu, kerusakan pada bushing dapat menimbulkan suara decitan pada bagian bawah jok depan saat melaju di jalanan rata.

6. Bearing

Bearing berfungsi sebagai bantalan roda agar dan memperkecil gesekan pada sumbu putar sehingga putaran roda terasa lebih halus. Jika bearing mengalami kerusakan, biasanya akan terdengar bunyi gemuruh yang berasal dari bearing bagian depan. Jika Anda mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi maka bunyinya akan terdengar lebih berisik.

Saat Anda mengalami tanda-tanda kerusakan pada bagian kaki kaki mobil, maka Anda perlu segera membawa ke bengkel kaki-kaki mobil. Namun, ada kalanya bengkel yang Anda tuju memiliki antrian yang cukup panjang. Oleh karena itu, Anda bisa gunakan Montiro.Id untuk booking bengkel secara online. Sehingga Anda tidak perlu antri terlalu lama di bengkel.

image-iklan