5 Cara Mencari SPBU Terdekat, Mudah dan Praktis

21 August 2023

Safety Drive


Informasi tentang Stasiun Pengisian Bahan Bakar atau SPBU terdekat merupakan solusi yang paling tepat saat kendaraan Anda kehabisan bahan bakar. Diketahui bahwa SPBU menyediakan berbagai jenis bahan bakar yang bisa Anda pilih sesuai dengan jenis kendaraan.

Cara mencari informasi tentang SPBU terdekat, saat ini sangat mudah dilakukan. Berbekal smartphone dan koneksi internet, Anda sudah bisa menemukan lokasi dari SPBU yang terdekat dengan lokasi Anda saat berada di jalan.

5 Cara Mencari SPBU Terdekat

Penasaran bagaimana cara mencari SPBU terdekat dengan mudah dan praktis? Anda bisa ikuti lima cara paling efektif seperti di bawah ini.

1. Cara Mencari SPBU Terdekat dengan Aplikasi dan Website Pertamina

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menemukan lokasi dari SPBU terdekat yaitu menggunakan aplikasi My Pertamina. Layanan resmi milik Pertamina ini bisa Anda download secara gratis melalui Google Play Store dan App Store. Bagi Anda yang belum memiliki aplikasi My Pertamina, berikut cara menggunakannya:

  • Pertama unduh lebih dahulu aplikasi My Pertamina di smartphone yang Anda miliki.
  • Selanjutnya lakukan registrasi untuk pembuatan akun, dan jangan lupa untuk mengaktifkan GPS yang ada di smartphone.
  • Terakhir, Anda bisa masuk ke menu “Outlet Terdekat”. Maka, Anda akan mendapatkan informasi tentang lokasi SPBU terdekat secara lengkap mulai dari kode SPBU, hingga fasilitasnya.

Jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi Pertamina, maka Anda bisa memanfaatkan browser untuk mengunjungi website pertamina secara langsung. Berikut cara lengkap untuk menggunakannya:

Menariknya, jika Anda melakukan pembelian bahan bakar melalui aplikasi pertamina. Maka, Anda akan mendapatkan poin sesuai dengan bahan bakar yang Anda beli. Berikut informasi poin yang bisa Anda peroleh secara lengkap.

  • Pertamax mendapatkan 25 poin
  • Pertamax turbo 100 poin
  • Pertalite 1 poin
  • Solar dex 100 poin
  • Dexlite 25 poin

Keuntungannya adalah akumulasi dari poin yang sudah terkumpul bisa Anda tukarkan dengan voucher atau merchandise yang menarik dari Pertamina.

2. Cara Mencari SPBU Terdekat dengan Google Maps

Cara berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk mencari informasi SPBU terdekat melalui Google Maps. Cara yang satu ini sangat mudah dan praktis untuk Anda lakukan, berikut cara lengkapnya:

Sumber: MyPertamina
  • Pertama unduh dan buka aplikasi Google Maps di smartphone
  • Selanjutnya ketikkan “SPBU” di kolom pencarian. Maka, secara otomatis Google Maps akan menampilkan daftar SPBU terdekat dengan lokasi Anda.
  • Lanjutkan dengan klik rute atau direction untuk mengetahui arah menuju lokasi SPBU terdekat yang Anda pilih.
  • Jangan lupa untuk mengaktifkan GPS dan koneksi jaringan internet agar Google Maps bisa digunakan secara lancar.

3. Cara Mencari SPBU Terdekat dengan Google Pencarian

Jika smartphone Anda tidak dilengkapi dengan aplikasi Google Maps, maka Anda bisa menggunakan cara lain yaitu melalui fitur pencarian yang ada di Google. Cara penggunaannya juga mudah, Anda tinggal mengikuti beberapa langkah seperti di bawah ini:

  • Pertama buka browser yang ada di smartphone
  • Sebelumnya pastikan bahwa GPS telah aktif
  • Selanjutnya ketikkan “SPBU terdekat” di kolom pencarian Google.
  • Klik menu search atau cari. Nantinya akan muncul lokasi SPBU terdekat dengan lokasi Anda.

4. Cara Mencari SPBU Terdekat dengan Google Assistant

Cara lain untuk mencari SPBU terdekat yaitu menggunakan Google Assistant. Google Assistant memungkinkan Anda untuk melakukan pencarian dengan mengucapkan kata kunci yang Anda inginkan. Berikut cara lengkap menggunakannya:

  • Pertama, pastikan bahwa fitur Assistant Voice Match di smartphone telah aktif
  • Kemudian, ucapkan “Ok Google”
  • Lalu ucapkan “SPBU Pertamina terdekat”
  • Selanjutnya ucapan Anda akan terdeteksi oleh Google Assistant, dan memunculkan daftar SPBU terdekat pada layar smartphone Anda
  • Terakhir, pilih salah satu lokasi SPBU Pertamina yang terdekat
  • Klik “Direction” lalu Anda akan diarahkan menuju lokasi SPBU terdekat pilihan Anda.

5. Cara Mencari SPBU Terdekat dengan Shell Motorist

Bagi Anda yang terbiasa mengisi bahan bakar dan menggunakan Shell, maka Anda dapat menggunakan aplikasi Shell Motorist sebagai cara menemukan lokasi SPBU terdekat.

Mau Punya SPBU Shell? Siapin Modal Segini

Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Shell Motorist di smartphone melalui Google Play Store, lalu temukan lokasi SPBU terdekat di bagian pencarian SPBU Shell. Nantinya Anda akan langsung menemukan lokasi SPBU Shell terdekat dari lokasi Anda berada.

Fungsi Lain dari SPBU

Memiliki fungsi utama sebagai tempat pengisian bahan bakar, SPBU juga memiliki banyak manfaat lainnya, berikut diantaranya:

1. Toilet

Hampir di semua SPBU menyediakan fasilitas toilet, maka selain mengisi bahan bakar Anda bisa memanfaatkan SPBU untuk buang air besar atau air kecil saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Namun, tidak semua SPBU menyediakan fasilitas toilet yang memadai. Hal tersebut dikarenakan banyaknya pengguna toilet umum, serta kurangnya perhatian dari pihak pengelola. Oleh karena itu, demi kenyamanan Anda bisa memilih SPBU dengan toilet yang bersih dan lengkap.

2. Mushola atau Masjid

Selain toilet, biasanya SPBU juga dilengkapi dengan mushola atau masjid. Diketahui bahwa hadirnya mushola atau masjid di SPBU berfungsi untuk ibadah umat Muslim. Jadi, bagi Anda yang sedang dalam perjalanan dan tidak menemukan mushola atau masjid terdekat. Maka, bisa memanfaatkan fasilitas SPBU yang satu ini.

3. Rest Area

Butuh istirahat sejenak setelah melalui perjalanan yang cukup panjang? Tenang, Anda bisa memanfaatkan rest area yang ada di SPBU. Rest area di SPBU ini memang difungsikan sebagai tempat istirahat untuk melepas lelah setelah melalui perjalanan jarak jauh, terutama saat musim arus mudik.

4. Minimarket

Bagi Anda yang membutuhkan obat, camilan, dan kebutuhan barang-barang harian lainnya. Maka, Anda bisa singgah di SPBU terdekat dan memanfaatkan fasilitas minimarket yang ada di SPBU tersebut.

Sebagian SPBU besar juga menyediakan minimarket yang lengkap dengan coffee shop. Sehingga Anda bisa menikmati minuman dan makanan saat singgah di SPBU tersebut. Tentu sangat efektif dan efisien, selain mengisi bahan bakar, Anda juga bisa mengisi energi untuk aktivitas mengemudi.

5. Isi Angin dan Air Radiator

Selain mengisi bahan bakar, SPBU juga menyediakan layanan isi angin dan isi air radiator. Jadi, saat kendaraan Anda mengalami kekurangan angin atau air radiator.

Maka, Anda bisa mengisinya di SPBU terdekat. Bahkan, ada beberapa SPBU yang menyediakan fasilitas ini secara gratis, tapi tidak sedikit yang menerapkan tarif sesuai yang berlaku.

Keamanan selama berkendara adalah prioritas utama. Sehingga sangat penting untuk melakukan pengecekan semua komponen kendaraan Anda agar selalu dalam kondisi prima.

Jika terdapat kendala pada kendaraan saat melakukan perjalanan jarak jauh. Maka, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Montiro yang tersedia di Google Play store, atau Anda juga bisa mengunjungi website resminya di https://montiro.id/. Montiro.id menyediakan semua solusi bagi kendaraan atau mobil Anda.

image-iklan