Shell Super vs Pertamax, Sebaiknya Pilih yang Mana?

1 February 2023

Safety Drive


Shell Super vs Pertamax, Sebaiknya Pilih yang Mana?

Pemilik kendaraan dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar ternyata tidak hanya bisa mengandalkan produk BBM dari Pertamina saja. Melainkan bisa juga menggunakan produk dari Shell yang banyak dijadikan alternatif. Namun, ada baiknya memahami perbandingan produk unggulan masing-masing sebelum memilih. Yaitu Shell Super vs Pertamax. 

Sekilas Tentang Pertamina dan Shell 

Penyedia BBM (Bahan bakar Minyak) yang menjadi bahan bakar alat transportasi, baik mobil maupun motor ternyata tak hanya Pertamina. Namun juga disediakan oleh Shell, yang diketahui merupakan perusahaan penyedia BBM dari Belanda dan menyediakan layanan di Indonesia. 

Sementara, Pertamina merupakan perusahaan minyak yang dikelola oleh pemerintah dan menyuplai BBM kepada masyarakat. Pertamina diketahui memiliki beragam produk BBM, seperti Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, sampai Pertamina Dex. Sementara Shell memiliki BBM seperti Shell Super, Shell V-Power, Shell Diesel, dan Shell V-Power Nitro+. 

Masing-masing kemudian memiliki produk BBM unggulan, Pertamina memiliki Pertamax dan Shell memiliki Shell Super yang diketahui memiliki RON yang sama. Artinya, dilihat dari segi tingkat oktan yang menunjukan kualitas BBM keduanya sama bagusnya. Akan tetapi, ternyata ada perbedaan yang membuat masyarakat wajib tahu antara Shell Super vs Pertamax. 

Shell Super Vs Pertamax 

Keberadaan Shell di Indonesia membantu masyarakat mendapatkan alternatif BBM selain yang disediakan pemerintah melalui Pertamina. Produk unggulan keduanya pun diketahui memiliki tingkat kualitas yang sama. Meskipun begitu, keduanya punya beberapa perbedaan yang membuat masyarakat perlu jeli menentukan pilihan. 

sumber: selera.id

Dilihat dari beberapa aspek, berikut daftar Shell Super vs Pertamax yang perlu diketahui dan diperhatikan sebelum menentukan pilihan: 

1. Hasil Uji Emisi 

Perbandingan pertama antara Shell Super dengan Pertamax adalah dari hasil uji emisi. Uji emisi sendiri adalah proses pengujian terhadap tingkat efisiensi penggunaan bahan bakar dan dampaknya bagi lingkungan. Istilah uji emisi lebih familiar digunakan pada uji kualitas dan performa BBM pada mesin kendaraan. 

Salah satu hasil uji emisi ini adalah karbon dioksida yang dihasilkan dalam proses pembakaran BBM. Berdasarkan hasil uji emisi menggunakan kendaraan yang sama, Super Shell menghasilkan senyawa HC (Hidrokarbon) sebanyak 9 PPM sedangkan Pertamax adalah 10 PPM. 

Meskipun begitu, sesuai dengan standar HC yang ditetapkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Shell Super vs Pertamax dinyatakan sama-sama lolos dan layak dipakai. Apalagi gas CO2 yang dihasilkan keduanya sama-sama 0 persen, sehingga sama-sama ramah lingkungan. 

2. Pengaruh Terhadap Jarak Tempuh Kendaraan  

Perbandingan kedua antara Shell Super dengan Pertamax adalah melalui pengujian jarak tempuh dengan kendaraan yang sama dan dalam jumlah (liter) yang sama juga. Melalui hasil pengujian ini, kendaraan dengan Shell Super berhasil menempuh jarak 16,8 kilometer per liter. Sementara Pertamax 17,1 kilometer per liter. 

Hasil pengujian ini menunjukan jika jarak tempuh dari Pertamax memang lebih unggul yang artinya konsumsinya lebih efisien. Meskipun begitu, angka jarak tempuh Shell Super vs Pertamax memang tidak terpaut terlalu jauh. Hanya saja, sekecil apapun perbedaan angkanya tentu sangat lumayan. 

Oleh sebab itu bagi masyarakat yang ingin kendaraannya lebih hemat BBM sehingga lebih irit. Maka bisa menggunakan Pertamax yang jarak tempuh per liternya memang lebih jauh. Apalagi, keduanya sama-sama ramah terhadap lingkungan lewat hasil uji emisi yang dibahas pada poin sebelumnya. 

3. Pengaruh pada Performa Mesin Kendaraan 

Perbandingan berikutnya adalah dari performa mesin yang dihasilkan ketika menggunakan kedua jenis bahan bakar tersebut. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan Faisal Kurnia Akbar, Wegie Ruslan, dan I Gede Eka Lesmana. 

Hasil penelitian tersebut kemudian dipublikasikan melalui jurnal ilmiah bertajuk Analisis Performa Mesin Menggunakan Bahan Bakar Pertamax, Pertamax Turbo, Shell Super, dan Shell V-Power Terhadap Daya dan Torsi pada Yamaha NMAX 155cc. 

Hasil penelitian menunjukan beberapa hal yang menunjukan Shell Super vs Pertamax, yaitu: 

  • Nilai Daya 

Hasil penelitian menunjukan jika nilai daya yang dihasilkan Yamaha NMAX 155cc dengan Shell Super adalah 11,2 kW sementara dengan Pertamax sebesar 11.1 kW. Sehingga daya kendaraan yang menggunakan Shell Super memang lebih besar dibanding Pertamax. 

  • Torsi 

Hasil penelitian berikutnya adalah dari segi torsi atau tenaga yang dihasilkan. Kendaraan Yamaha NMAX 155cc yang memakai Shell Super menghasilkan torsi 11,4 Nm sementara Pertamax 11,1 Nm. Sehingga torsi memakai Shell Super memang lebih besar. 

Adapun yang dimaksud dengan nilai daya adalah tenaga yang dihasilkan kendaraan saat melaju dengan kecepatan maksimal. Sementara torsi adalah tenaga yang dihasilkan dari kendaraan diam sampai melaju di jalan raya. Memperhatikan torsi diperlukan agar kendaraan mampu melaju lancar dengan kondisi medan. 

Semakin susah medan, semakin butuh BBM dengan torsi tinggi. Misalnya bagi pemilik kendaraan yang melintas di jalanan menanjak maupun belum beraspal. Maka sangat cocok menggunakan BBM dengan torsi tinggi, yang tentu dianjurkan memakai Shell Super.

Kelebihan dan Kekurangan 

Sedikit membantu Anda dalam menentukan pilihan antara Super Shell dengan Pertamax sesuai penjelasan di atas. Maka berikut Kami informasikan detail kelebihan dan kekurangan masing-masing: 

Jenis BBM  Kelebihan  Kekurangan 
Shell Super  Menghasilkan daya dan torsi lebih besar.  SPBU untuk Shell Super masih terbatas, dan umumnya hanya ada di kota-kota besar. Harga sedikit lebih mahal. Jarak tempuh lebih pendek dari Pertamax. 
Pertamax Pengisian mudah karena SPBU bisa ditemukan di banyak daerah. Jarak tempuh per liter lebih jauh. Harga lebih murah.  Daya dan torsi lebih rendah. 

Mana yang Sebaiknya Dipilih? 

Dari pembahasan Shell Super vs Pertamax di atas, kira-kira mana yang sebaiknya dipilih? Pada dasarnya, baik Shell Super maupun Pertamax sama bagusnya karena memang angka RON keduanya sama persis. Hanya saja dari hasil pengujian dalam penelitian memang ditemukan beberapa perbedaan. 

Salah satunya dari segi torsi dan daya kendaraan yang menggunakan kedua jenis BBM tersebut. Daya dan torsi kendaraan dengan Shell Super memang lebih unggul, sehingga bisa dipilih jika ingin kendaraan melaju lebih kencang sekaligus melintasi jalanan yang menantang. Seperti tidak rata, menanjak, belum diaspal, dan sebagainya. 

Meskipun begitu, menggunakan Pertamax juga tidak kalah menguntungkan salah satunya dari SPBU yang mudah ditemukan. Pada tahun 2021, jumlah SPBU di seluruh wilayah Indonesia mencapai 7.215 unit sementara Shell hanya 79 unit. Artinya, perlu disesuaikan dengan daerah masing-masing. 

Jika ada Shell maka bisa dipilih, untuk mendapatkan daya dan torsi lebih maksimal.  Jadi, dalam menentukan pilihan memang sebaiknya menyesuaikan dengan kondisi masing-masing. Sebab dari sisi kualitas Shell Super vs Pertamax sama bagusnya dan masing-masing punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. 

Jika masih bingung menentukan pilihan, ada baiknya berkonsultasi dengan ahlinya. Kini tidak perlu repot-repot datang ke bengkel untuk konsultasi dengan mekanik ahli terkait BBM yang sebaiknya dipilih. Anda bisa berkonsultasi secara online melalui layanan Montiro.id yang meyediakan fitur Chat Montir. Selain itu tersedia pula layanan Booking Service dan Cari Bengkel. 

image-iklan