Penyemprotan bahan bakar solar ke ruang bakar dilakukan oleh komponen ini. Nozzel injector diesel adalah katup tertutup pegas yang menyemprotkan bahan bakar langsung ke ruang bakar atau ruang pra-muka ketika injektor dibuka. Nozzel injektor dirangkai atau dijepit ke kepala silinder, satu untuk setiap silinder. Ujung nozzel injektor memiliki banyak lubang untuk mengirimkan semprotan bahan bakar diesel ke dalam silinder.
Bagian dari nozzel injector diesel meliputi:
Perisai panas.
Ini adalah kulit terluar dari nozzel injektor dan mungkin memiliki ulir eksternal yang menyegelnya di kepala silinder.
Tubuh injektor.
Ini adalah bagian dalam nozzel dan berisi katup jarum suntik dan pegas, dan benang ke perisai panas luar.
Katup jarum injektor diesel.
Ini katup mesin presisi dan ujung segel jarum terhadap tubuh injektor ketika ditutup. Ketika katup terbuka, bahan bakar diesel disemprotkan ke ruang bakar. Bagian ini dikendalikan oleh solenoid yang dikendalikan komputer pada mesin diesel.
Ruang bertekanan Injector.
Ruang tekanan adalah rongga bermesin di badan injektor di sekitar ujung jarum injektor. Tekanan pompa injeksi memaksa bahan bakar masuk ke ruangan ini, memaksa katup jarum terbuka.
Gejala nozzle rusak
Seperti dikutip dari teknisimobil.com, injektor atau nozzle mobil diesel yang sudah rusak bisa dideteksi.
Indikasi kerusakan pada injector nozzle mobil diesel adalah suara mesin yang kasar, dan mesin pincang. Selain itu, asap emisi gas buang di knalpot berwarna putih pekat yang perih di mata. Bila kerusakan injektor pada mesin diesel konvensional, bisa dideteksi dengan cara mengendurkan injektor, kalau suara kasarnya hilang, artinya ada masalah di injektor. Injector nozzle yang macet atau rusak saat mesin digas sedkit mesin akan pincang, tapi suara kasarnya hilang. Jika suara kasar tidak hilang setelah mengendurkan injektor, kemungkinan kerusakan pada metal jalan atau pen piston.
Penyebab Nozzle rusak
1. Ada kotoran yang mengganjal di Nozzle
Kotoran ini dapat diakibatkan oleh perawatan dan penggabtian filter solar yang tidak teratur, dapat juga terjadi karena penggunaan bahan bakar solar yang kurang baik
2. Terjadi keausan pada dinding nozzle
Nozzle injektor bekerja naik turun untuk membuka menutup lubang nozzle, proses inilah yang akan mengakibatkan gesekan sehingga menimbulkan keausan
3. Penanganan Nozzle saat servis yang kurang baik
Nozzle bisa bocor bila saat diperbaiki tidak ditangani dengan tepat, contohnya Nozzle terjatuh sehingga membentur benda keras atau saat Nozzle dipongkar, bagian Nozzle tip tidak direndam solar dan dibiarkan kering terlalu lama serta tertukarnya jarum Nozzle yang satu dengan lainnya