Tips Panggil Jasa Derek Mobil di Saat Darurat

28 March 2023

Safety Drive


Adanya layanan jasa derek mobil saat ini memberikan kemudahan bagi Anda yang mengalami masalah mobil di jalan. Masalah mobil seperti mobil mengalami overheat sehingga mogok ataupun jika terjadi kecelakaan di jalan, Anda bisa memanfaatkan jasa derek ini.

Sumber: Okezone Economy

Saat berada di jalan raya, Anda mungkin akan mudah menemukan bengkel dan memanggil montir untuk datang jika mobil mogok. Namun, saat Anda berada di jalan tol, masalah ini tentu akan menyulitkan Anda. Sehingga Anda bisa memanfaatkan jasa derek.

Langkah yang Dilakukan Saat Mobil Mogok

Ketika sedang berkendara dan tiba-tiba mobil mogok tentunya adalah hal yang tidak Anda inginkan. Terlebih, jika mobil mogok di jalan tol. Anda tidak bisa terlalu lama menunggu dan perlu segera mencari bantuan. Anda juga sebaiknya tetap tenang dan jangan panik. Anda bisa mengikuti beberapa langkah yang bisa Anda lakukan saat mobil mogok di jalan tol.

1.    Tepikan Mobil

Saat tiba-tiba mobil berhenti di tengah ruas jalan tol, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menepikan mobil Anda ke pinggir jalan. Tujuannya adalah agar mobil Anda tidak mengganggu mobil lain yang melintas. Selain itu, hal ini juga dilakukan demi keselamatan Anda. Anda juga perlu menyalakan lampu hazard. Hal ini dilakukan agar menjadi tanda bagi pengendara lain agar berhati-hati karena ada mobil yang sedang menepi dan berada dalam kondisi darurat.

Sumber: Cintamobil.com

2.    Pasang Segitiga Pengaman

Setelah mobil dalam posisi aman berada di pinggir jalan, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memasang segitiga pengaman. Tujuannya adalah untuk memberi jarak antara mobil Anda dengan pengguna mobil lain yang hendak melintas. Anda bisa meletakkan segitiga pengaman 5 meter atau 10 meter sebelum posisi mobil Anda berhenti.

Sumber: Lifepal

3.    Cek Kerusakan

Jika Anda terbiasa melakukan perawatan mobil sendiri dan memahami masalah mesin mobil, maka Anda bisa mencoba untuk memeriksa penyebab mobil mogok. Umumnya hal yang dapat menyebabkan mesin mobil tiba-tiba mati adalah adanya masalah pada aki, pompa bensin, atau mobil mengalami overheat.

Sumber: Lifepal

4.    Jangan di Dalam Mobil

Jika Anda kurang memahami masalah mesin mobil, maka ada baiknya Anda bisa segera mencari bantuan. Saat berusaha mencari bantuan, sebaiknya jangan menunggu di dalam mobil. Usahakan berada di luar mobil, karena untuk menghindari risiko terjadinya kecelakaan atau tabrak belakang. Selain itu, bisa saja penyebab mobil Anda mogok adalah karena adanya percikan api yang dapat menyebabkan kebakaran.

5.    Hubungi Derek Resmi

Perlu Anda ketahui bahwa pihak Jasa Marga memiliki layanan derek mobil gratis. Layanan ini bisa Anda manfaatkan jika mobil Anda mogok atau mengalami kecelakaan di jalan tol. Anda bisa menghubungi di nomor telepon 021 8088 0123.

Derek resmi dari Jasa Marga ini akan membantu menderek mobil Anda secara gratis hingga pintu keluar tol terdekat. Namun, jika Anda ingin menderek mobil ke bengkel maka Anda akan dikenakan biaya tambahan. Untuk keamanan dan keselamatan, sebaiknya Anda memilih menggunakan jasa derek resmi ini.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Montiro.Id. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang cukup recommended untuk membantu Anda mengatasi permasalahan mobil ataupun untuk merawat mobil Anda.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka Anda bisa dengan mudah mendapatkan layanan derek mobil yang profesional. Bahkan, layanan derek ini bisa menderek mobil Anda hingga ke bengkel terdekat.

Montiro.Id bisa Anda download secara gratis di Play Store maupun App Store. Selain layanan derek mobil, aplikasi ini juga menyediakan fitur chat montir yang bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah mobil Anda. Anda juga bisa gunakan aplikasi ini untuk melakukan booking bengkel ketika Anda akan melakukan service mobil rutin.

Biaya Derek Mobil

Memang benar adanya tersedia layanan derek mobil gratis yang disediakan oleh pihak Jasa Marga. Namun, tidak semua kondisi mobil akan mendapatkan layanan gratis ini. Hanya mobil yang mengalami mogok atau kendala di jalan tol saja yang mendapatkan layanan derek gratis ini. Selain itu, derek ini juga hanya akan menderek mobil Anda ke pintu tol terdekat.

Sebenarnya, Anda bisa meminta bantuan derek mobil Jasa Marga untuk menderek mobil hingga ke bengkel. Hanya saja Anda akan dikenakan biaya tambahan. Besarnya biaya tersebut bergantung pada jarak dan jenis kendaraan. Berikut ini besarnya biaya derek mobil.

1.    Mobil Penumpang

Jenis Kendaraan Jarak Biaya
SedanStation wagonJeepMobil barang (mobil box, light truck, dan mobil pick up) Mobil berjenis bus kecil Maksimal 10 km Rp 20.000
10 sampai 20 km Rp 35.000
Lebih dari 20 km Rp 5.000 setiap jarak 5 km

2.    Mobil Bus

Jenis Kendaraan Jarak Biaya
Mikro bus.Bus tempel.Bus tingkat.Bus besar. Jenis mobil barang (truk, kereta penarik, kereta gandengan, kereta tempelan, tempelan gandengan, dan kendaraan khusus) Maksimal 10 km Rp 45.000
10 sampai 20 km Rp 80.000
Lebih dari 20 km Rp 20.000 setiap 5 km berikutnya

Jenis Mobil Derek

Mobil derek yang ada saat ini umumnya terdapat empat jenis. Ada yang menggunakan kait dan juga menggunakan sistem gendong. Berikut ini jenis mobil derek yang umumnya tersedia di Indonesia.

1.    Mobil Derek Boom

Jenis mobil derek yang pertama adalah mobil derek boom. Mobil derek ini menggunakan kran atau boom dan yang berfungsi untuk mengangkat mobil. Biasanya, jenis derek ini digunakan untuk mengangkat mobil yang terjatuh dalam parit atau sungai, atau bisa juga untuk membalikkan mobil yang dalam kondisi terbalik.

2.    Kait & Tarik

Jenis mobil derek selanjutnya yaitu mobil derek yang menggunakan sistem kait dan tarik. Cara kerja derek ini yaitu dengan mengaitkan dan menarik kendaraan menggunakan tali atau rantai. Jadi, kendaraan yang ditarik tetap harus dikendalikan oleh pengemudi hingga sampai ke tempat tujuan.

3.    Roda Diangkat

Terdapat juga jenis derek yang cara kerjanya dengan mengangkat bagian roda belakang atau depan kemudian menariknya. Umumnya, derek ini digunakan pada kendaraan yang dalam kondisi rem parkir aktif dan salah parkir. Bagian roda yang diangkat merupakan bagian roda yang terkunci dengan rem tersebut sehingga tetap bisa ditarik.

4.    Towing atau Derek Gendong

Jenis derek mobil yang terakhir adalah towing atau derek gendong. Cara kerja mobil derek ini adalah dengan cara menderek kendaraan dengan menaikkannya ke bagian atas truk derek. Jenis derek ini dinilai lebih aman jika dibandingkan dengan jenis derek lainnya.

Namun biaya yang Anda keluarkan juga lebih besar. Derek towing juga kerap digunakan membawa kendaraan mewah menuju rumah pembeli dari showroom, ataupun mobil yang rusak dan mengalami mogok.

Demikian informasi tentang tips memanggil jasa derek mobil saat mobil mogok atau mengalami kecelakaan di jalan, khususnya di jalan tol. Anda bisa memilih menggunakan jasa derek dari Jasa Marga ataupun dari jasa derek profesional lainnya.

image-iklan