Tips Memilih Layanan Derek Mobil yang Mudah dan Aman

12 April 2023

Safety Drive


Ketersediaan jasa derek mobil merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan saat mobil mengalami kendala di jalan seperti mogok atau terlibat kecelakaan. Dengan adanya jasa derek maka mobil bisa mendapatkan penanganan lebih cepat menuju ke bengkel guna melakukan pengecekan atau perbaikan.

Sebagian besar pengemudi lupa atau tidak sempat melakukan pengecekan menyeluruh pada komponen mobil. Sehingga saat melakukan perjalanan maka bisa terjadi hal-hal yang tidak terduga seperti mobil mogok. Dalam kondisi tersebut menghubungi jasa derek adalah solusi yang paling efektif.

Tips Memilih Layanan Derek Mobil Khusus

Lalu bagaimana cara memilih layanan jasa derek mobil khusus yang tepat? Pasalnya saat ini banyak perusahaan yang menawarkan layanan jasa derek dengan berbagai fasilitas. Agar tidak salah dalam memilih layanan jasa derek mobil, Anda bisa ikuti beberapa tips lengkap di bawah ini.

1.    Kualitas Pelayanan

Umumnya penggunaan layanan derek mobil dilakukan saat kondisi darurat. Misalnya mobil mengalami mogok di lokasi yang padat transportasi, atau terlibat peristiwa kecelakaan yang menyebabkan mobil rusak dan harus segera dipindahkan.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk memilih jasa derek mobil yang memberikan pelayanan berkualitas. Contoh dari pelayanan berkualitas yang disediakan oleh layanan derek mobil adalah memberikan respon cepat  saat ada panggilan darurat ke lokasi yang membutuhkan proses derek mobil.

Jika layanan jasa derek kurang atau tidak responsif dan tidak segera datang ke lokasi. Maka, mobil Anda akan mendapatkan penanganan yang lebih lama sehingga permasalahan di jalan tidak segera terselesaikan. Hal ini akan merugikan waktu Anda serta mengganggu aktivitas pengguna jalan lainnya.

2.    Review dari Customer

Tips selanjutnya yang bisa Anda terapkan dalam memilih layanan jasa derek mobil khusus adalah review atau ulasan dari customer lain. Berkaitan dengan poin nomor 1 yaitu kualitas layanan, review atau ulasan dari customer yang pernah menggunakan jasa derek bisa dijadikan sebagai ukuran tentang kualitas layanan jasa mobil derek yang akan Anda pilih.

Review customer bisa Anda cek melalui website dari perusahaan jasa derek tersebut. Anda juga bisa membaca review di beberapa akun media sosial. Hal ini bertujuan agar Anda tidak salah dalam memilih jasa derek mobil khusus yang tepat.

Dengan adanya review dari customer atau pengguna lain yang telah menggunakan jasa derek tersebut. Maka, setidaknya Anda sudah punya gambaran tentang seperti apa kualitas pelayanan yang akan Anda terima.

3.    Informasi Perusahaan

Hal penting lainnya yang bisa dijadikan tips dan pertimbangan sebelum menggunakan jasa derek adalah dengan mengetahui informasi perusahaan penyedia layanan jasa derek.

Pastikan Anda menggunakan layanan derek dari perusahaan yang jelas alamat kantornya, terdapat nomor telepon yang bisa dihubungi, sudah berapa lama beroperasional, dan apakah semua supir derek telah memiliki lisensi.

Pasalnya dalam proses derek mobil dibutuhkan supir yang bisa mengoperasikan alat derek sehingga bisa diangkut dengan aman saat melintas di jalan raya. Dalam hal ini supir profesional harus dilengkapi dengan adanya Surat Izin Mengemudi (SIM) serta lisensi derek.

4.    Jenis Layanan

Meski memberikan layanan derek mobil, namun tidak semua perusahaan menawarkan jenis layanan yang sama. Ada beberapa perusahaan yang hanya berfokus untuk memberikan bantuan atau layanan darurat di pinggir jalan. Namun, ada juga perusahaan yang berfokus dengan layanan pemulihan serta transportasi berat untuk pengemudi komersial.

Selain itu, tidak semua perusahaan derek beroperasional selama 24 jam penuh. Jadi, Anda harus mengetahui jenis layanan apa saja yang disediakan oleh perusahaan jasa derek mobil khusus yang akan Anda pilih. Terlebih jika kondisi darurat terjadi pada malam hari, tentu Anda membutuhkan jasa derek mobil yang beroperasional 24 jam.

5.    Kondisi Mobil Derek dan Perlengkapannya

Penting untuk diketahui bahwa layanan derek mobil dapat bekerja dengan optimal, jika unit armada dan perlengkapan derek dalam kondisi prima. Sebab, mobil derek tidak hanya mengandalkan tenaga manual untuk proses pengoperasiannya.

Namun, kondisi mesin juga memiliki peran yang cukup besar. Tidak peduli seberapa ahli para sopir mengoperasikan alat derek, jika kondisi mesin tidak mendukung maka proses derek tidak akan berjalan dengan lancar.

Perusahaan derek setidaknya bisa melakukan pengecekan pada komponen mesin derek dan mempersiapkan beberapa peralatan seperti tali pengaman, rantai, palang derek, dan beberapa perlengkapan lainnya.

Pastikan juga Anda memilih perusahaan derek yang memiliki layanan dan perlengkapan untuk mengangkut jenis mobil khusus. Misalnya jika berat rata-rata mobil 5000 pon, maka usahakan untuk menggunakan jasa derek yang bisa mengangkut mobil khusus dengan berat sekitar 8000 pon.

6.    Lokasi Jasa Derek

Saat terjadi kendala mobil rusak, mogok, atau terlibat peristiwa kecelakaan tentu Anda membutuhkan layanan derek mobil yang cepat dan tepat. Jadi, pastikan jasa derek yang Anda pilih memiliki lokasi atau jarak yang dekat dengan lokasi kejadian.

Sebab, semakin cepat jasa derek sampai ke lokasi, maka semakin cepat mobil Anda mendapatkan penanganan serta perbaikan. Tentu Anda tidak ingin menunggu lama-lama jasa derek datang ke lokasi, terlebih jika Anda memiliki aktivitas lain yang harus segera diselesaikan.

Oleh sebab itu, maka sangat disarankan untuk memilih jasa derek mobil khusus terdekat dengan lokasi mobil yang akan diangkut. Anda bisa mengetahui hal tersebut dengan mencari informasi di internet atau aplikasi jasa derek mobil khusus.

Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan dalam kondisi darurat dan menyediakan layanan jasa derek yaitu Montiro.id. Aplikasi ini bisa Anda download secara gratis di Google Play Store dan App Store.

Cara penggunaanya juga cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan download aplikasi tersebut. Selanjutnya daftar atau registrasi untuk membuat akun, lalu masuk ke menu Emergency, dan pilih layanan yang Anda butuhkan misalkan jasa derek mobil.

Montiro.id juga berbasis web yang bisa Anda kunjungi langsung melalui semua browser. Bagi Anda yang tidak suka tampilan dalam bentuk aplikasi, maka Anda bisa langsung mengunjungi website resminya di https://montiro.id/ .

Tak hanya menyediakan layanan derek mobil, Montiro.id juga menyediakan semua solusi untuk kebutuhan mobil Anda mulai dari booking service, home service, chat montir, hingga informasi bengkel di wilayah Jabodetabek. Montiro.id solusi lengkap dan terpercaya untuk semua kebutuhan otomotif Anda.

7.    Biaya Jasa Derek Mobil Khusus

Tips terakhir dalam memilih layanan derek mobil khusus adalah dengan mengetahui informasi tarif atau biaya derek. Umumnya, biaya jasa derek mobil ditentukan oleh jarak lokasi derek, serta jenis mobil derek.

Berbeda halnya jika Anda mengalami kendala di jalan bebas hambatan atau jalan tol. Maka, Anda bisa menghubungi layanan jasa derek yang disediakan oleh Jasa Marga.  Layanan derek mobil tersebut tersedia selama 24 jam dan tidak dikenakan biaya atau gratis.

Namun, gratis yang dimaksud adalah proses derek mobil sampai pintu tol terdekat. Sedangkan untuk membawa mobil sampai ke bengkel terdekat maka, akan dikenakan tarif sesuai dengan golongan jenis mobil.

Demikian sekilas beberapa tips untuk memilih layanan derek mobil khusus yang bisa Anda terapkan dalam kondisi darurat. Semoga informasi di atas membantu.

image-iklan