Shell Super VS Pertamax, Mana yang Lebih Bagus?

19 October 2022

Mesin


Sebagian besar masyarakat umumnya mengetahui produsen BBM (Bahan Bakar Minyak) yang ada di Indonesia hanyalah Pertamina. Namun, kenyataannya ada beberapa produsen BBM lainnya yang ada di Indonesia.

Salah satu produsen BBM tersebut adalah Shell. Shell memiliki beberapa produk BBM yang tidak kalah kualitasnya dengan milik Pertamina.

Di tengah kenaikan harga BBM, produk dari Shell yaitu Shell Super kemudian banyak dipertimbangkan untuk digunakan oleh sebagian besar masyarakat. Shell Super ini setara dengan Pertamax yang merupakan produk Pertamina.

Lalu, antara Shell Super Vs Pertamax, manakah yang lebih unggul? Simak pembahasannya di bawah ini.

Shell Super

Shell atau yang memiliki nama lengkap perusahaan Royal Dutch Shell merupakan salah satu perusahaan minyak terbesar di dunia. Perusahaan ini lahir dan berkembang di Belanda dan hingga kini telah berhasil menembus berbagai negara, termasuk Indonesia.

Shell memiliki beberapa produk BBM. Salah satu produk unggulannya yaitu Shell Super.

Shell Super merupakan produk BBM yang memiliki nilai oktan 92. Tingkatan oktan yang dimiliki oleh Shell Super sama dengan Pertamax yang merupakan produk Pertamina.

Shell Super diklaim menggunakan  teknologi Dynaflex yang mampu membantu membersihkan dan melindungi mesin Anda. Selain itu Shell Super juga memiliki kelebihan dan kekurangan lainnya.

Keunggulan Shell Super

Shell sebagai produsen dari Shell Super mengklaim bahwa produknya memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan produk BBM yang sejenis. Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Shell Super.

1. Hemat

Shell Super memiliki efisiensi penggunaan bahan bakar yang cukup tinggi. Shell Super akan  cenderung lebih hemat jika digunakan dalam jangka panjang.

2. Meminimalisir Terjadinya Endapan

Teknologi yang digunakan dalam Shell Super mampu membantu membersihkan bagian pembakaran kendaraan dan meminimalisir terjadinya endapan yang dapat memicu korosi mesin.

3. Melindungi Kendaraan Dari Gesekan Mesin

Mesin kendaraan akan lebih terawat dengan menggunakan Shell Super. Hal ini karena Shell Super mampu mengurangi dampak buruk gesekan pada mesin.

4. Menjaga Kondisi Mesin

Teknologi Dynaflex yang digunakan pada Shell Super mampu membuat mesin menjadi lebih awet. Sehingga untuk penggunaan jangka panjang akan mengurangi biaya perawatan kendaraan.

Kekurangan Shell Super

Di samping memiliki keunggulan yang disebutkan di atas, Shell Super juga memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut pada harganya yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan kompetitornya yaitu Pertamax. Meskipun memiliki nilai oktan yang sama yaitu 92, namun harga yang dibanderol untuk kedua jenis BBM tersebut berbeda.

Harga untuk 1 liter Pertamax pada September 2022 ini adalah Rp 14.500. Sementara untuk harga 1 liter Shell Super adalah Rp 15.420 untuk wilayah Jakarta.

Selisih harga yang dimiliki oleh Shell Super dan Pertamax tersebut juga menjadi salah satu bahan pertimbangan masyarakat dalam memilih jenis BBM yang digunakan.

Pertamax

Pertamina merupakan perusahaan yang bergerak di sektor minyak. Perusahaan ini milik negara dan pengelolaannya berada di tangan pemerintah Indonesia.

Pertamina juga telah memiliki berbagai macam produk BBM. Salah satunya adalah Pertamax.

Pertamax merupakan jenis BBM yang diproduksi oleh Pertamina dan memiliki nilai oktan minimal 92. Tingginya angka oktan yang dimiliki Pertamax ini membuat pembakaran menjadi lebih sempurna.

Sehingga dalam proses pembakaran tersebut tidak meninggalkan residu. Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan sehari-hari saat ini.

Selain itu, Pertamax juga dibuat dengan formula PERTATEC (Pertamina Technology). Formula ini memiliki kemampuan untuk membersihkan endapan kotoran pada mesin sehingga mesin jadi lebih awet. Mesin juga dapat terlindungi dari karat serta pemakaian bahan bakar yang lebih efisien. Pertamax sendiri memiliki dua seri, yaitu Pertamax 92 dan Pertamax Turbo.

Keunggulan Pertamax

Pertamax kini banyak direkomendasikan digunakan karena keunggulan yang dimilikinya. Berikut beberapa keunggulan dari Pertamax.

1. Ramah Lingkungan

Sistem pembakaran dari kendaraan yang menggunakan Pertamax dinilai lebih baik dan efisien. Emisi gas yang dikeluarkan oleh bahan bakar ini juga lebih bersih. Sehingga Pertamax dianggap lebih ramah lingkungan.

2. Pembakaran Lebih Sempurna

Pembakaran pada kendaraan yang menggunakan Pertamax menjadi lebih sempurna. Sehingga klep, head, piston, serta busi memiliki kadar kerak atau deposit lebih minim. Anda pun dapat lebih menghemat biaya perawatan kendaraan Anda.

3. Lebih Irit

Penggunaan Pertamax pada kendaraan juga dinilai lebih irit jika dibandingkan dengan jenis BBM lainnya. Hal ini dikarenakan Pertamax lebih sulit dibakar sehingga membuat proses pembakaran pada ruang pembakaran lebih baik.

4. Performa Lebih Responsif

Pertamax memiliki nilai oktan yang cukup tinggi dan juga kandungan bahan aditif lainnya. Dengan adanya kandungan tersebut dapat membuat putaran gas dan beban kerja mesin lebih ringan. Sehingga dapat dikatakan bahwa Pertamax dapat membuat mesin kendaraan bermotor lebih responsif.

Kekurangan Pertamax

Sama halnya dengan Shell Super, Pertamax juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Pertamax.

1. Mesin Cepat Panas

Kekurangan pertama yang dimiliki Pertamax adalah dapat membuat mesin menjadi lebih cepat panas. Hal ini tentu tidak baik bagi mesin kendaraan Anda, terutama jika mesin kendaraan tidak memiliki radiator.

2. Timbul Efek Knocking

Efek knocking pada mesin dapat ditandai dengan adanya suara kasar yang ditimbulkan oleh mesin kendaraan. Hal ini dapat terjadi karena kualitas bahan bakar yang kurang baik.

Shell Super VS Pertamax

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk yaitu Shell Super dan Pertamax, maka Anda bisa melihat perbandingan berikut ini untuk menentukan mana yang lebih unggul antara Shell Super VS Pertamax.

1. Hasil Uji Emisi

Untuk mengetahui mana yang lebih unggul antara Shell Super dan Pertamax, maka dilakukan uji emisi. Dalam uji emisi, BBM harus memiliki nilai maksimal HC sebesar 200 ppm.

Kemudian didapatkan hasil bahwa Shell Super menghasilkan nilai HC 9 ppm, sedangkan Pertamax 10 ppm. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keduanya lolos uji emisi dan keduanya direkomendasikan untuk digunakan.

2. Konsumsi Bahan Bakar

Untuk membuktikan keunggulan dari salah satu produk Shell Super Vs Pertamax, maka dilakukan pengujian untuk menentukan keoptimalan konsumsi bahan bakar. Pengujian dilakukan dengan menggunakan mobil dengan kondisi serta jarak tempuh yang sama.

Dari pengujian tersebut, didapatkan hasil Shell Super berada pada nilai 16,8 KM per liternya. Sementara, Pertamax berada pada nilai 17,1 KM per liter.

Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Shell Super lebih unggul dibandingkan dengan Pertamax.

3. Performa Mesin

Selain kedua pengujian di atas, untuk mengetahui mana yang lebih unggul antara Shell Super Vs Pertamax dapat dilihat dari performa mesin kendaraan. Untuk mengetahui performa mesin maka dilakukan uji coba dengan menggunakan mobil dengan jenis dan spesifikasi sama.

Dari pengujian tersebut, didapatkan hasil bahwa Shell Super menghasilkan nilai torsi 97,3 Nm dengan tenaga 73,9 hp. Sementara, mobil yang menggunakan Pertamax memiliki angka torsi 98,4 Nm dan tenaga sebesar 75,3 hp.

Dari pengujian yang ketiga ini didapatkan hasil bahwa Pertamax lebih unggul jika dibandingkan dengan Shell Super.

Demikian informasi terkait Shell Super VS Pertamax. Kedua jenis BBM ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

image-iklan