Daftar Alamat Bengkel Spooring & Balancing Terdekat di Semarang

7 November 2022

Sasis


Bengkel spooring & Balancing terdekat bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang mengalami masalah kestabilan pada kaki-kaki mobil Anda. Jika Anda merasakan beberapa tanda seperti hilangnya keseimbangan mobil, setir terasa berat atau bahkan mobil bisa belok sendiri saat berjalan lurus, ini merupakan pertanda bahwa mobil Anda perlu dilakukan spooring.

Tujuan dilakukannya spooring adalah untuk mengembalikan posisi roda mobil dan keseimbangan seperti semula. Jika Anda berdomisili di Semarang, Anda bisa melakukan spooring di bengkel spooring terdekat, simak selanjutnya daftar alamatnya dalam artikel ini.

Apa Itu Spooring?

Masih banyak orang yang salah mengartikan antara Spooring dan Balancing.  Sebenarnya spooring balancing merupakan dua hal yang berbeda.

Balancing bertujuan untuk menyeimbangkan kembali putaran semua roda mobil dan memastikan apakah ban sudah seimbang pada titik pusat rodanya atau belum.

Sementara spooring dapat diartikan sebagai suatu cara untuk menyeimbangkan kembali roda-roda mobil dengan meluruskan roda depan dengan roda belakang, sudut kemiringan masing-masing roda terhadap sumbu tegak lurus Casis mobil.  Spooring diperlukan untuk menjaga kestabilan kendaraan, diantaranya kemudi menjadi ringan, menimbulkan gaya putar kembali setelah belok dan mencegah kendaraan belok sendiri saat kemudi dilepas, lalu mengurangi keausan pada bagian-bagian ball-joint dan roda.

Dalam proses spooring terdapat beberapa tahapan seperti camber, caster, toe angle (toe-in atau toe-out), dan turning radius.

Untuk diketahui istilah-istilah dalam Spooring adalah:

  1. Sudut Camber: Camber adalah sudut kemiringan roda, cara melihatnya dari bagian depan kendaraan. Jika antara roda kiri dan kanan akan terlihat membentuk kerucut ke atas, disebut camber positif. Sedangkan kalau kerucut ke bawah, disebut dengan camber negatif. Camber ini memengaruhi setir jadi ringan atau berat serta kestabilannya,” Camber positif membuat setir jadi ringan, namun kurang stabilitasnya. Sebaliknya, camber negatif membuat mobil lebih stabil walau agak berat setirnya. Selanjutnya, sudut caster terbagi menjadi dua, caster positif dan negatif. “Semua mobil pasti setingnya caster positif yakni roda agak ke depan dari kemudi. Hal ini bertujuan agar mudah dikendalikan dan stabil di jalan yang lurus.
  • Sudut Caster: Caster adalah sudut yang dibentuk dari garis vertikal pada roda mobil dengan sumbu kemudi (steering axis) jika dilihat dari samping mobil. Sudut caster merupakan salah satu faktor geometri roda atau Front Wheel Alignment (FWA). Fungsi sudut caster adalah sebagai menstabilkan roda agar mobil tetap bisa berjalan lurus meskipun kemudi mobil dilepaskan.

Sudut caster juga berfungsi untuk membantu roda kembali ke posisi lurus setelah dibelokkan. Dengan roda yang stabil dan dapat kembali lurus tanpa ada usaha yang besar bisa mengurangi keausan dari ban. Sudut caster juga dapat membantu mobil untuk mengimbangi efek dari road crown (bentuk jalan yang meninggi di bagian tengah) sesuai dengan arah mobil.  Terdapat 3 jenis sudut caster yang memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap kestabilan roda dan juga setir mobil. Tiga jenis sudut tersebut adalah caster positif, caster negatif, dan caster netral/caster nol.

  • Toe: terbagi jadi dua, toe in dan toe out. Cara melihatnya yaitu dari bagian atas kendaraan. Kalau roda bagian depan lebih masuk dari yang belakang, disebut dengan toe in, sedangkan jika bagian depan lebih lebar, disebut dengan toe out. “Fungsi dari toe in atau out ini lebih ke arah steering dan kestabilan. Toe in membuat steer jadi responsif, toe out membuatnya tidak terlalu sensitif,”

Gejala Mobil Perlu Dilakukan Spooring

Agar mobil nyaman dan aman ketika digunakan, maka perlu dilakukan spooring secara berkala. Anda bisa menggunakan patokan setiap menempuh 15.000 KM mobil perlu dilakukan spooring.

Anda juga bisa menggunakan patokan waktu. Spooring sebaiknya dilakukan setiap 3-4 bulan sekali.

Namun, terkadang belum mencapai rentang waktu tersebut atau jarak tempuh tersebut, kendaraan Anda telah menunjukkan beberapa tanda perlu dilakukan spooring. Berikut beberapa tanda mobil perlu dilakukan spooring.

1. Setir Bergetar Ketika Berkendara

Setir yang bergetar ketika mobil sedang melaju tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Hal ini juga bisa menjadi salah satu indikasi bahwa ada masalah pada roda mobil Anda, terutama roda mobil depan.

Jika Anda merasakan tanda ini, maka sebaiknya Anda bisa membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan spooring.

2. Mobil Berbelok Ketika Jalan Lurus

Pernah mengalami mobil tiba-tiba berbelok sendiri saat Anda berjalan lurus? Hal ini merupakan salah satu tanda bahwa mobil Anda perlu dilakukan spooring.

Jika dibiarkan begitu saja maka tentunya akan berakibat fatal dan dapat membahayakan keselamatan dalam berkendara.

3. Setir Terasa Berat

Hal lainnya yang menjadi pertanda ban mobil Anda mengalami masalah dan butuh dilakukan spooring adalah setir terasa berat. Bahkan terkadang juga muncul tanda setir Anda tidak berputar kembali ke posisi semula setelah dibelokkan.

Jika terjadi hal ini, maka sebaiknya jangan tunda untuk melakukan spooring pada mobil Anda.

4. Terjadi Goncangan Ketika Mobil Berbelok

Tanda jika mobil Anda perlu dilakukan spooring adalah terjadi goncangan pada mobil ketika sedang berbelok. Hal ini dapat terjadi meskipun jalan yang Anda lalui mulus dan tidak ada jalan yang berlubang.

Jika telah terjadi tanda ini, maka sebaiknya segera bawa mobil Anda ke bengkel spooring terdekat.

5. Hilangnya Keseimbangan Kendaraan

Hal lainnya yang juga bisa menjadi tanda bahwa mobil butuh dilakukan spooring adalah hilangnya keseimbangan mobil Anda. Kondisi seperti ini tentunya sangat membahayakan, khususnya jika Anda sedang melaju pada kecepatan yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera membawa mobil Anda ke bengkel untuk dilakukan spooring.

Bengkel Spooring Terdekat di Semarang

Jika Anda merasakan salah satu atau beberapa tanda di atas, maka sebaiknya jangan tunda untuk membawa mobil Anda ke bengkel spooring terdekat. Sebagian orang tentu akan memilih bengkel spooring yang menawarkan biaya terjangkau dan juga pelayanan maksimal.

Jika Anda berdomisili di Semarang, berikut beberapa rekomendasi bengkel spooring & balancing terdekat.

1. Bengkel UD Montecarlo Semarang

UD Montecarlo adalah bengkel Umum yang berada di Semarang, yang bisa anda hubungi atau datangi untuk melakukan service, salah satunya adalah spooring. Lokasi bengkel UD Montecarlo ini berada di Jl. Majapahit No.297, Kalicari, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50246.

Bengkel ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Adapun layanannya mulai dari service umum, service berkala, body repair, perawatan ban, kaki-kaki hingga transmisi matic. Selain itu fasilitas di bengkel ini juga cukup memadai seperti ruang tunggu ac, tempat beribadah serta disini juga tersedia coffe shop.

Sumber: Bengkel UD Montecarlo Semarang

2. Bengkel Sinar Barito Pudak Payung

Bengkel Sinar Barito Pudak Payung merupakan salah satu bengkel spooring terdekat dan terbaik di Semarang. Lokasinya berada di Jl. Perintis Kemerdekaan No.80, Pudakpayung, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50265.

Sumber: Bengkel Sinar Barito

Bengkel ini menyediakan layanan seperti service mesin, kaki-kaki mobil, ban dan velg, AC mobil, ganti aki, ganti oli, cuci mobil, hingga coating dan detailing. Selain itu, fasilitas di bengkel ini juga cukup lengkap diantaranya yaitu ruang tunggu AC dan non AC, tempat parkir yang luas, internet, tempat cuci mobil, charging station, mushola, snack & coffee corner dan toilet.

3. Bengkel Mobil Sinar Barito Arteri

Tak hanya di Pudak Payung, bengkel Sinar Barito juga memiliki cabang di wilayah Arteri. Alamat lengkapnya yaitu Jl. Soekarno Hatta No.50, Tlogosari Kulon, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50196.

Bengkel satu ini banyak direkomendasikan karena pelayanan maksimal dan kualitas yang bagus. Bahkan bengkel ini juga menyediakan garansi pekerjaan selama seminggu. Anda juga bisa mendapatkan potongan harga jika bengkel ini sedang mengadakan promo.

4. Jantra Kakikaki Semarang

Jantra Kakikaki Semarang merupakan salah satu bengkel spooring terbaik di Semarang. Lokasinya berada di Jl. Fatmawati No.185, Sendangguwo, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50273, telepon: 08111542168.

Tarif perbaikan di bengkel ini mulai dari Rp 250 ribu. Tarif tersebut sudah termasuk dengan jasa mekanik.

Sumber: Jantrakakikaki.com

Selain itu, juga tersedia beberapa paket perawatan dan perbaikan mobi mulai dari harga Rp 750 ribu sudah termasuk dengan jasa mekanik. Jika sedang ada promo, Anda juga bisa mendapatkan potongan harga.

5. Toko Ban Sarang Knalpot

Toko Ban Sarang Knalpot yang berlokasi di Jl. Kokrosono No.498, Pendrikan Lor, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50131, ini juga melayani spooring mobil. Selain itu terdapat layanan cuci mobil dan juga balancing mobil.

Toko Ban Sarang Knalpot buka setiap hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Sumber: Sarangknalpot.bussiness.site

 

6. Karunia Ban

Rekomendasi bengkel spooring terdekat di Semarang selanjutnya adalah Karunia Ban. Lokasinya berada di Jl. Wolter Monginsidi No.7, Pedurungan Tengah, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50192.

Karunia Ban juga melayani servicetire, spooring, balancingoil, nitrogen, dan tune-up. Anda bisa mengetahui informasi lengkapnya melalui website Karunia Ban yaitu https://karunia-ban.business.site/.

7. Arvia Jaya

Arvia Jaya berlokasi di Jl. MT. Haryono No.772-774, Karangturi, Kec. Semarang Tim., Kota Semarang, Jawa Tengah 50124. Arvia Jaya merupakan salah satu bengkel spooring di Semarang yang banyak direkomendasikan.

Arvia Jaya memiliki beberapa keunggulan diantaranya tempatnya luas, bersih, dan pelayanan mekaniknya ramah, cepat serta profesional.

8. Manggala Cipta Manunggal

Manggala Cipta Manunggal juga termasuk salah satu bengkel spooring terdekat di Semarang yang juga banyak direkomendasikan. Alamat lengkap bengkel satu ini yaitu di Jl. Jenderal Sudirman No.135, Krobokan, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50141, telepon 0247607690.

Di bengkel ini, Anda bisa mendapatkan layanan spooring mobil dengan biaya yang terjangkau. Selain itu, bengkel ini juga memiliki pelayanan staf dan mekanik yang juga sangat baik dan memuaskan.

Sumber: Bengkel Manggala Cipta Manunggal

Saat kondisi mobilmu kurang baik atau kamu butuh tempat untuk berkonsultasi, kamu bisa mendapatkan saran mengenai teknis otomotif melalui fitur Chat Montir & Tanya Montir yang tersedia di Aplikasi & Website Montiro.id! Selain itu dengan Montiro.id anda bisa mengatur jadwal service anda di bengkel jadi gak perlu repot-repot lagi mengantre!

Montiro.id Sudah tersedia di Appstore dan Playstore, Segera Download agar masalah mobil kamu bisa cepat tertangani! 

image-iklan