Apa itu Bengkel Kaki-kaki Mobil dan Bagaimana Seluk Beluknya?

20 December 2022

Sasis


Jarang kita ketahui atau dengar istilah ini, “bengkel kaki-kaki mobil”. Aneh, tapi nyata bagi yang pernah melakukan servis ini. Aneh, mungkin karena kita kurang berkecimpung di dunia tersebut. Pastinya, ini identik dengan dunia perbengkelan.

Bengkel kaki-kaki, menjadi rekomendasi bagi kamu yang sedang mengalami kerusakan di bagian mobil ini. Perlu bengkel yang mumpuni, dan segera diservis, karena bagian ini dianggap penting bagi keselamatan berkendara. Jadi aman dan nyaman.

Untuk tahu lebih lanjutnya, berikut penjelasannya!

Pengertian Kaki-kaki Mobil

Kaki-kaki mobil adalah salah satu komponen penting dalam mobil, yang mana berada di bagian bawah kendaraan dengan tingkat perhatian penuh. Jangan sampai, komponen ini diabaikan, mengingat demi keselamatan berkendara dalam jangka waktu dan jarak tertentu.

Disebut kaki-kaki mobil, karena komponen ini berada di bagian bawah. Komponen ini wajib diperiksa, secara rutin, karena sering mendapatkan tekanan paling besar dari dalam maupun luar. Dengan kaki-kaki mobil yang rusak, maka bisa saja membuat komponen yang lain juga ikut rusak.

Bagian-bagian Kaki-kaki Mobil

Bagian yang perlu diperhatikan, maupun dirawat dengan benar pada kaki-kaki mobil, diantaranya:

1. Suspensi

Suspensi, untuk meredam guncangan yang ada pada mobil, misal saat melewati lobang, tanjakan, atau saat kondisi jalanan tidak rata. Suspensi biasanya terbuat dari bahan baja anti karat sehingga minim terjadi korosi pada komponen tersebut.

Daya tahannya pasti tinggi, sehingga bisa digunakan terus menerus dan secara jangka lama. Walaupun begitu, perlu diingat, harus diimbangi dengan perawatan yang pas. Karena kondisi komponen ini pasti lama-lama akan mengalami penurunan.

2. Bushing Arm

Komponen bushing arm, mempunyai tugas untuk mencengkeram roda atau titik tumpu yang ada pada roda. Bushing Arm berbentuk selongsong besi dan disokong oleh karet, sehingga bisa meredam getaran sambungan suspensi yang terjadi pada bagian kaki kaki mobil.

Saat terjadi kerusakan pada bagian ini, maka kondisi awal yang akan terjadi adalah rasa tidak nyaman pada mobil (saat berkendara). Hal tersebut bisa kita amati dalam arah laju mobil. Saat terasa melenceng baik posisi ke arah kanan maupun kiri, maka komponen ini harus diperbaiki.

3. Bearing

Bagian ini penting, karena menjadi bantalan roda, dan berpengaruh pada perputaran roda. Komponen ini, akan mempengaruhi kestabilan dalam laju mobil. Gejala adanya kerusakan di bagian ini bisa dilihat dalam perputaran roda mobil satu persatu. Kamu bisa mendongkrak mobil yang ada.

Jika terdengar suara bising atau gemuruh pada perputaran tersebut, maka perlu diperbaiki atau diservis. Harus diganti dengan yang baru, karena komponen ini penting berada di kaki-kaki mobil. Bearing, menjadi hal yang cukup kompleks dan perlu diperhatikan lebih.

4. Ban

Perhatikan ban, karena komponen ini penting dan ada di luar atau bawah sendiri, yang mana lebih sensitif dalam terkena barang-barang yang ada di luar. Sebagai roda mobil dibalut dengan karet agar komponen didalamnya tidak cepat rusak.

Ban sendiri, pastinya sering mengalami gesekan, terdapat bagian tie rod dan tie long rod. Saat terjadi masalah, maka 2 komponen ini akan bereaksi. Semisal, ban yang dibawa, berbunyi atau terdengar gesekan, sehingga hal tersebut bermasalah.

5. Ball Joint

Ball joint adalah bagian dari mobil yang berfungsi sebagai pengikat dan sumbu Lower Arm atau As roda mobil. Bagian ini, akan membantu mempertahankan posisi As roda mobil saat berbelok. Untuk mengetahui kondisi dari komponen ini, bisa mendongkraknya.

Tekan ban ke atas, dan ke bawah, kemudian jika terdengar suara gesekan atau ban naik turun dengan jeda yang jauh, maka mobil sedang bermasalah. Segera perbaiki ball joint ini dengan benar. Jangan sampai, pengikat ini kendor, karena berkaitan dengan posisi As yang tepat.

6. Per

Per, menjadi bagian dalam komponen kaki kaki mobil yang jarang mengalami kerusakan. Hanya saja, bagian ini tetap diperhatikan, karena mengingat setiap pengendara yang punya mobil belum tentu pintar dalam merawat komponen ini.

Ada beberapa penyebab, kenapa Per cepat rusak, diantaranya terkikisnya atau pecahnya bushing (bantal per). Bisa dilihat dalam bentuk selang yang terlilit pada bagian spiral per. Adanya per, untuk meredam getaran akibat kontur jalan yang dilalui kendaraan.

7. Velg

Cara mengetahui Velg bahwa sedang bermasalah, adalah dengan melihat kondisi secara fisik, dan bisa dilakukan dengan mudah. Perhatikan kondisi, pada bagian bibir velg, misal jika sudah pecah-pecah, penyok, dan retak-retak, maka perlu perbaikan.

Cara lain untuk mendeteksi ini, bisa dilihat saat mobil sedang berjalan. Jika saat berjalan, velg goyang, maka salah satu velg yang ada mengalami peyang bagian tertentu. Fungsi velg sendiri adalah untuk memasangkan ban di roda-roda. Selain itu, velg yang bagus juga menambah keindahan dalam mobil.

Perkiraan Harga Perbaikan Kaki-kaki Mobil

Dengan adanya perawatan di bagian kaki-kaki mobil secara rutin, maka mampu meminimalisir biaya servis yang ada, minim kerusakan. Kemudian, keamanan tetap terjaga, jadi kita tak perlu was-was akan hal ini. Harga servis kaki-kaki mobil, tergantung pada bengkel yang kita pilih (kunjungi).

Semakin bengkel tersebut memiliki reputasi yang baik, maka harganya juga menyesuaikan dan terbilang cukup lumayan, apalagi bengkel resmi, jangan ditanya. Untuk hemat waktu dan uang, kamu bisa cari bengkel kaki-kaki mobil terdekat dengan lokasimu yang memiliki kualitas terbaik.

Tips Memilih Bengkel Kaki-Kaki Mobil

Berikut adalah cara yang bisa dicoba dalam memilih bengkel kaki-kaki mobil yang worth it untuk kendaraanmu, apalagi pilih yang terdekat!

1. Cari yang sudah berpengalaman

Cari bengkel yang sudah berpengalaman dalam hal kaki-kaki. Hal ini, didasarkan pada keahlian yang dimiliki dan mempengaruhi kualitas yang ada. Bisa diukur melalui berapa lama bengkel tersebut berdiri, dedikasi yang diberikan, dan review dari konsumen yang ada.

2. Memiliki pelayanan yang baik

Mulai dari pelayanan secara servis maupun menanggapi konsumen dengan baik, sudah termasuk cara yang baik dalam membuat konsumen bisa percaya. Cara memberikan rekomendasi juga bagus dan sesuai, tidak semua hal harus diservis, tapi hanya beberapa yang diprioritaskan.

3. Cek testimoni

Seperti ulasan sebelumnya, adanya testimoni dari konsumen maupun pelanggan, membantu kita sebagai orang awam, mampu menilai mana bengkel yang memang worth it maupun tidak. Cek reputasinya lewat online maupun offline secara langsung.

4. Sesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan

Budget rendah atau pas-pasan bukan berarti harus mendapatkan bengkel yang kurang bagus, tetapi masih ada bengkel yang sesuai dengan budgetmu dan berkualitas. Bagaimana caranya? Yah, harus pintar dalam mencari, terutama pilih bengkel terbaik yang terdekat.

Itulah, bengkel kaki-kaki mobil yang bisa dijelaskan secara maksimal, melalui penjelasan-penjelasan di atas. Semoga bermanfaat dan mendapatkan bengkel yang diinginkan. Pastikan, jangan lupa untuk selalu mengecek info terbaru melalui App Montiro.id, mengenai dunia perbengkelan.

Disini, kamu bisa mendapatkan info secara gratis mengenai tempat-tempat bengkel di Indonesia yang terjamin. Kemudian, di Montiro.id, kamu bisa dapat layanan chat gratis berupa konsultasi langsung dengan ahlinya (montir online). Montir online, bisa kamu booking disini untuk keperluan kendaraanmu.

image-iklan