Jenis BBM untuk Mobil dan Tips Memilihnya

16 March 2023

Safety Drive


Mahalnya harga Pertamax, membuat sebagian orang berusaha untuk menekan penggunaan BBM hingga mencari alternatif lain. Salah satunya dengan menggunakan Shell Super. Sehingga banyak yang membandingkan shell super vs pertamax  dan menentukan mana yang terbaik di antara keduanya.

Sumber: Liputan6.com

Sebenarnya keduanya merupakan jenis BBM yang sama hanya saja berasal dari perusahaan berbeda. Namun, pada kenyataannya sebagian orang tetap memilih Pertamax. Pasalnya, selain mudah ditemukan juga harganya lebih murah dibandingkan Shell Super. Ternyata selain Pertamax, Pertamina punya beberapa jenis BBM. Dalam artikel ini akan dibahas jenis BBM untuk mobil dan tips memilihnya.

Tips Memilih BBM

Sumber: Yeo & Yeo

Memilih jenis BBM ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan, karena dapat berakibat buruk bagi mesin mobil. Sebelum Anda menentukan jenis BBM yang tepat untuk mobil, Anda bisa menyimak tips dalam memilih BBM.

1. Ketahui Jenis Mesin

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu jenis mesin yang ada pada mobil Anda. Di Indonesia, umumnya ada dua jenis mesin yaitu diesel dan bensin.

Jenis mesin diesel banyak digunakan pada kendaraan besar seperti truk maupun bus. Namun, ada juga mobil yang menggunakan jenis mesin diesel, yaitu mobil SUV (Sport Utility Vehicle). Ciri mobil yang memiliki mesin diesel adalah ukuran dan kapasitas mesinnya lebih besar jika dibandingkan dengan mesin bensin.

Sumber: Suzuki Indonesia

Pada mesin diesel juga dilengkapi dengan turbo yang berfungsi untuk mendongkrak tenaga. Selain itu, titik nyala api yang dimiliki mesin ini lebih tinggi dibandingkan mobil dengan mesin bensin.

Jenis BBM yang digunakan untuk mobil dengan mesin diesel dan bensin tentunya berbeda. Mobil dengan mesin diesel menggunakan jenis BBM seperti Pertamina Dex atau Dexlite. Sementara, mobil dengan mesin bensin menggunakan BBM Premium, Pertamax dan Pertamax Turbo.

2. Sesuaikan Rasio Kompresi

Tips selanjutnya dalam memilih BBM adalah menyesuaikan rasio kompresi mesin mobil dengan nilai oktan BBM. Karena masing-masing jenis BBM memiliki nilai oktan yang berbeda-beda. Setiap kendaraan juga memiliki rasio kompresi yang berbeda-beda.

Sumber: IDN Times

Oleh karena itu, Anda perlu menyesuaikan antara kompresi mesin kendaraan dengan nilai oktan dari BBM tersebut. Cara mengetahuinya adalah dengan melihat rasio kompresi kendaraan pada buku manual kendaraan. Karena jika rasio kompresi tidak disesuaikan dengan nilai oktan BBM maka akan membuat kinerja mesin tidak optimal dan bisa menyebabkan kerusakan pada mesin mobil Anda.

Jenis BBM Pertamina

Jenis BBM dari Pertamina banyak dipilih oleh masyarakat karena mudah ditemukan dan memiliki kualitas yang bagus. Selain itu, Pertamina juga memiliki berbagai jenis BBM dengan nilai oktan dan kegunaan masing-masing. Berikut ini beberapa jenis BBM yang dimiliki oleh Pertamina.

Sumber: pertamaxind

1. Pertamax Racing

Jenis BBM dari Pertamina yang pertama adalah Pertamax Racing. Jenis BBM ini telah diakui dan digunakan oleh Federasi balap internasional. Dengan menggunakan jenis BBM ini maka akan membuat mesin kendaraan bisa menjadi lebih responsive, stabil dan mempunyai daya tahan yang tinggi. Jenis BBM ini dikhususkan untuk kendaraan balap. Nilai oktan yang dimiliki oleh jenis BBM ini adalah minimal 100 dan cocok untuk kendaraan balap dengan kompresi mesin harus lebih dari 13:1.

2. Pertamax Turbo

Jenis BBM dari Pertamina selanjutnya adalah Pertamax Turbo. Jenis BBM ini dikembangkan dengan formula ignition boost. Sehingga jenis BBM ini memiliki nilai oktan 98 dan rendah kadar sulfurnya. Jenis BBM ini aman digunakan karena tidak merusak kualitas udara di sekitar.

3. Pertamax

Pertamax merupakan jenis bahan bakar mesin yang memiliki nilai oktan minimal 93. Jenis BBM ini juga sudah memiliki standar internasional. Jika mobil Anda memiliki kompresi rasio 10:1 sampai dengan 11:1 maka disarankan untuk menggunakan jenis BBM ini. Selain itu, jenis kendaraan dengan teknologi Electronic Fuel Injection juga sangat disarankan menggunakan bahan bakar minyak jenis Pertamax.

4. Pertalite

Jenis BBM selanjutnya yang bisa digunakan pada mobil dengan mesin bensin adalah Pertalite. Jenis BBM ini merupakan bahan bakar gasoline yang mempunyai nilai oktan sampai dengan 90 dan berwarna hijau terang.

Jika kendaraan Anda memiliki kompresi 9:1 sampai 10:1 maka disarankan untuk menggunakan jenis BBM ini. Pertalite memiliki nilai oktan yang lebih tinggi jika dibandingkan premium 99. Sehingga jika mobil Anda yang menggunakan jenis mesin bensin maka sangat disarankan memilih Pertalite.

5. Pertamina Dex

Jika mobil Anda menggunakan jenis mesin diesel maka Anda bisa menggunakan jenis BBM Pertamina Dex. Jenis BBM ini menggunakan teknologi Common Rail System yang membutuhkan bahan bakar prima dengan kualitas tinggi.

6. Dexlite

Salah satu produk terbaru dari Pertamina yaitu Dexlite. Jenis BBM ini merupakan jenis terbaru dari Dex Series. BBM ini mempunyai angka cetane minimal 51 dan mempunyai kandungan sulfur maksimal 1200 ppm.

7. Solar

Solar adalah bahan bakar minyak diesel yang memiliki angka cetane 48. Jenis BBM ini sangat cocok digunakan pada kendaraan dengan mesin diesel yang menggunakan teknologi lama yaitu kandungan sulfur 2500 ppm. Jenis kendaraan yang masih menggunakan jenis BBM ini adalah bus dalam kota.

Jenis BBM Shell

Selain dari Pertamina, di Indonesia juga banyak beredar BBM dari Shell. Berikut ini beberapa jenis BBM Shell yang beredar di Indonesia.

Sumber: Shell Indonesia

1. Shell Super

Jenis BBM Shell yang pertama adalah Shell Super. Jenis BBM ini cocok digunakan pada mobil dengan mesin bensin. BBM ini menggunakan teknologi Dynaflex yang dapat membantu mesin mobil menjadi lebih bersih dan terlindungi. Nilai RON yang dimiliki yaitu 92.

2. Shell V-Power

Jenis BBM untuk mesin bensin selanjutnya adalah Shell V-Power. Jenis BBM ini juga menggunakan teknologi Dynaflex yang bagus untuk menjaga mesin kendaraan. Namun nilai RON yang dimiliki lebih tinggi yaitu 95.

3. Shell V-Power Nitro+

Shell V-Power Nitro+ memiliki nilai RON yang lebih tinggi yaitu 98. Jenis BBM untuk mesin bensin ini dirancang dengan tujuan untuk memberikan peningkatan kinerja, daya tanggap, memberikan tenaga yang lebih kuat dan akselerasi lebih cepat untuk performa, respons, dan efisiensi.

4. Shell V-Power Diesel

Sementara untuk mobil dengan mesin diesel, Anda bisa gunakan Shell V-Power Diesel. Jenis BBM ini memiliki angka cetane 51 dan juga menggunakan teknologi Dynaflex.

5. Shell Diesel Extra

Jenis BBM Shell terakhir yang beredar di Indonesia yaitu Shell Diesel Extra. Jenis BBM ini mengandung molekul pembersih kotor untuk mesin diesel yang lebih bersih dan efisien.

Demikian informasi tentang jenis BBM untuk mobil dan tips memilihnya. Anda perlu memperhatikan jenis BBM yang tepat untuk mobil Anda. Karena kesalahan dalam memilih jenis BBM dapat merusak mesin mobil. Mobil akan menjadi tersendat bahkan mogok.

Saat Anda mengalami kendala tersebut, penting bagi Anda untuk membawa ke bengkel. Anda bisa gunakan aplikasi Montiro.Id untuk melakukan booking online sehingga Anda tidak perlu antri lama di bengkel.

image-iklan