Jasa Derek Mobil Lengkap dengan Biaya dan Jenis-Jenisnya

15 February 2023

Safety Drive


Jasa derek mobil sangat dibutuhkan ketika kendaraan mengalami kerusakan di jalan tol atau di jalan umum. Saat kendaraan mogok di jalan tol, biasanya proses derek mobil akan dilakukan oleh pihak Jasa Marga.

Sumber: GibramTowing

Lalu bagaimana jika kendaraan mogok di jalan umum? Berapa biaya yang diperlukan untuk memanggil jasa derek mobil? Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa derek mobil.

Maka, sebaiknya Anda telah mengetahui informasi jenis dan biaya derek mobil agar terhindar dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

Tentang Jasa Derek Mobil

Secara umum, mobil derek digunakan oleh Dinas Perhubungan untuk menarik mobil yang mengalami mogok atau menarik mobil korban kecelakaan. Jenis kendaraan yang umum digunakan untuk proses derek mobil biasanya sebuah truk yang telah dilengkapi dengan berbagai peralatan guna menarik mobil.

Biaya Jasa Derek Mobil

Banyak orang yang beranggapan jika biaya jasa derek mobil adalah gratis. Namun, hal sebenarnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Anda bisa mendapatkan fasilitas derek mobil secara gratis jika kondisi mobil mogok atau mengalami kecelakaan di jalan tol.

Sumber: Lifepal

Pada kasus tersebut, Anda akan diantarkan sampai di bagian pintu tol terdekat secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Namun, beda halnya jika Anda meminta untuk diantar sampai di bengkel terdekat.

Maka, Anda akan dikenakan biaya. Mengenai biaya jasa derek mobil telah diatur sesuai dengan peraturan daerah masing-masing. Berikut kisaran biaya jasa derek mobil yang bisa Anda ketahui.

1. Mobil Penumpang

Mobil penumpang meliputi sedan, jeep, station wagon, sedangkan mobil barang seperti pick up, light truk dan mobil box, serta bus kecil yang terdiri dari mikrolet, APK, dan beberapa jenis lainnya memiliki tarif yang sama, yaitu:

  • Jarak sampai dengan 10 KM biaya Rp 45.000/kendaraan
  • Jarak 10 – 20 KM biaya Rp 35.000/kendaraan
  • Jarak <20 KM biaya Rp 10.000/ kendaraan setiap 5 KM berikutnya

2. Mobil Bus

Selanjutnya mobil bus seperti bus mikro, bus tingkat, bus besar, bus tempel, dan mobil barang yang meliputi truk, tempelan gandengan, kereta penarik, kereta gandengan, serta kendaraan khusus memiliki tarif tersendiri, berikut diantaranya:

  • Jarak sampai dengan 10 KM biaya Rp 45.000/kendaraan
  • Jarak 10 – 20 KM biaya Rp 80.000/kendaraan
  • Jarak <20 KM biaya Rp 20.000/ kendaraan setiap 5 KM berikutnya

Namun, bagi Anda yang memiliki mobil matic maka, harus lebih berhati-hati saat memutuskan untuk menggunakan jasa derek mobil. Sebab, jika terjadi kesalahan dalam proses menderek dapat menyebabkan kendala di bagian komponen transmisi mobil.

Biaya Jasa Mobil Derek Jasa Marga

Sumber: Olx News

Jika mobil Anda mogok atau terkendala di jalan tol, maka Anda bisa menghubungi jasa derek mobil Jasa Marga. Diketahui bahwa Jasa Marga menyediakan jasa derek mobil yang beroperasi selama 24 jam dan dinaungi langsung oleh badan pemerintah.

Biaya jasa derek mobil Jasa Marga ditentukan oleh golongan kendaraan dan karak derek. Berikut informasi lengkap tentang biaya jasa derek mobil Jasa Marga:

  • Kendaraan golongan I, tarif awal Rp 100 ribu dan Rp 8 ribu/ KM
  • Selain golongan I, tarif awal Rp 135 ribu dan Rp 10 ribu /KM

Anda bisa langsung menghubungi layanan call center resmi Jasa Marga di nomor 14080 untuk meminta jasa derek mobil di jalan tol. Nantinya, Anda akan mendapatkan layanan jasa derek mobil hingga pintu tol terdekat atau bengkel terdekat sesuai dengan permintaan.

Jenis Mobil Derek

Membahas tentang jenis mobil derek tentu banyak sekali ragamnya, namun yang paling umum digunakan antara lain sebagai berikut:

1. Derek Mobil Boom

Boom merupakan kendaraan roda empat yang dilengkapi dengan boom atau kran. Nantinya, boom ini akan berfungsi untuk mengangkat kendaraan roda empat.

Sumber: HSL Wheel

Biasanya, mobil derek jenis ini kebanyakan digunakan untuk mengangkat kendaraan roda empat yang posisinya terjatuh dalam sungai, atau kendaraan yang posisinya terbalik karena kecelakaan dan yang lainnya.

2. Kait dan Tarik

Jenis mobil derek selanjutnya yaitu mobil yang dilengkapi dengan kait untuk menarik kendaraan dengan tali atau rantai. Biasanya jenis mobil derek yang satu ini digunakan untuk menarik mobil yang mogok.

Sumber: Daihatsu

Sehingga saat proses menderek, maka pengemudi mobil akan berada di dalam kendaraan untuk mengemudikan mobilnya, sambil ditarik dari bagian depan oleh mobil derek.

3. Roda Diangkat

Roda diangkat merupakan proses penderekan kendaraan dengan cara mengangkat roda bagian depan dan belakang kendaraan, lalu selanjutnya akan ditarik. Biasanya jenis mobil derek ini digunakan untuk memindahkan kendaraan yang salah parkir.

Sumber: HSL Wheel

4. Towing atau Derek Gendong

Sumber: Moladin

Towing atau sering disebut sebagai derek gendong adalah kendaraan yang diderek lalu digendong ke bagian atas truk. Umumnya, jenis mobil derek ini digunakan untuk mengangkat mobil mewah dari showroom ke rumah pembeli.

Selain itu, mobil derek jenis ini juga kerap digunakan untuk mengangkat mobil mewah yang mogok ke bengkel.

Perbedaan Jasa Derek Mobil dengan Towing Mobil

Meski memiliki fungsi utama yang sama yaitu memindahkan mobil dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Namun, jasa derek mobil dan towing mobil memiliki sedikit perbedaan. Jasa derek mobil digunakan saat dibutuhkan dalam kondisi darurat seperti mobil mogok di tengah jalan.

Sementara jasa towing mobil digunakan untuk berbagai kebutuhan yang meliputi perusahaan rental mobil, ekspedisi, bengkel, hingga mengangkut kendaraan roda dua dan empat.

Towing sendiri juga dibedakan menjadi dua jenis yaitu towing gendong dan towing hidrolik. Keduanya memiliki jenis mobil dan manfaat yang sama, perbedaan keduanya terletak pada cara atau proses atau cara mengangkut mobil.

Biasanya, towing hidrolik lebih sering digunakan untuk mengangkut jenis mobil premium yang mempunyai ground clearance rendah. Hal ini bertujuan agar bagian bawah mobil tidak tergesek dengan permukaan bak angkut.

Keunggulan menggunakan towing adalah dapat diberangkatkan kapan saja dan dimana saja sesuai dengan kebutuhan dan permintaan customer.

Terakhir, setelah mengetahui informasi tentang biaya dan jenis mobil derek. Pastinya Anda juga membutuhkan informasi tentang bagaimana cara memilih jasa derek mobil yang berkualitas, serta informasi bengkel terbaik untuk mengatasi permasalahan mobil Anda.

Anda tidak perlu khawatir, untuk mendapatkan semua informasi yang akurat. Maka Anda bisa memanfaatkan aplikasi montiro.id yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Aplikasi ini telah dilengkapi dengan berbagai informasi dan solusi yang dibutuhkan oleh mobil Anda.

Montiro.id telah dilengkapi dengan fitur emergency yang bisa Anda gunakan saat membutuhkan bantuan dalam kondisi darurat seperti jasa derek mobil, info teknis, ban bocor, dan jumper aki.

Selain itu, masih banyak fitur lain yang bisa Anda manfaatkan meliputi chat montir, booking service, home service, serta informasi seputar bengkel terdekat yang berkualitas. Semua informasi tersebut bisa Anda peroleh di aplikasi Montiro.id.

image-iklan