Derek Mobil 24 Jam: Solusi Dalam Keadaan Darurat Mobil Anda

9 March 2023

Safety Drive


Jasa derek mobil 24 jam sangat dibutuhkan jika Anda mengalami kondisi darurat di jalan. Kondisi ini dapat terjadi karena mobil mengalami overheat sehingga menyebabkan mobil mogok saat di jalan. Saat berada dalam kondisi seperti ini, sebaiknya Anda tetap tenang dan jangan panik.

Sebelum memanggil jasa derek mobil, Anda bisa melakukan beberapa hal sederhana untuk mengatasi mobil mogok terlebih dulu. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika mobil dalam keadaan darurat atau mogok di jalan.

Cara Memperbaiki Mobil Mogok di Jalan

Saat tiba-tiba mobil berhenti atau mogok di jalan, Anda tentu tidak bisa tinggal diam. Pasalnya, mobil Anda yang mogok tentu bisa menyebabkan kemacetan lalu lintas. Atau jika mobil mogok di jalan tol, tentunya akan membahayakan keselamatan Anda. Oleh karena itu, Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut untuk memperbaiki mobil mogok di jalan.

1. Dorong Mobil ke Pinggir Jalan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat mengalami mobil mogok adalah mendorongnya ke pinggir jalan. Tujuannya adalah agar tidak mengganggu kelancaran lalu lintas, menjaga keselamatan Anda dan pengendara lain. Selain itu, Anda juga bisa leluasa mencari tahu penyebabnya dan mengatasi mobil yang mogok.

Saat malam hari, Anda bisa menyalakan lampu hazard dengan tujuan untuk memberikan tanda bahwa kendaraan Anda mengalami masalah sehingga pengendara lain akan lebih berhati-hati saat melintas.

Atau jika lampu tidak bisa dinyalakan, maka Anda bisa meletakkan tanda segitiga sebagai tanda darurat di bagian depan atau belakang mobil dengan jarak sekitar 3-10 meter atau sebelum tikungan jika mogok di jalanan berliku.

2. Periksa Lampu Indikator

Setelah mobil dalam posisi aman, maka langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek lampu indikator mobil. Bagian ini terletak menjadi satu dengan speedometer mobil. Melalui lampu indikator, Anda dapat mengetahui kondisi mesin mobil Anda.

Karena dalam bagian ini terdapat simbol seperti aki, air radiator, oli, rem, bahan bakar, mesin, dan lainnya. Jika terjadi kerusakan pada mesin, mobil, mengalami overheat, bahan bakar habis, maupun aku bermasalah maka Anda bisa mengetahuinya melalui lampu indikator ini.

3. Periksa Air Aki dan Kabel Aki

Setelah Anda mengetahui kondisi mesin mobil Anda melalui lampu indikator dan ternyata ada masalah pada aki mobil, maka Anda bisa menunggu mesin mobil dingin terlebih dulu. Setelah itu, Anda bisa mengecek level air aki dan kabel aki.

Jika air aki kurang penuh maka dapat menyebabkan mesin tidak dapat menyala dengan baik. Jika Anda mengalami hal ini, maka Anda bisa mengganti atau mengisi ulang dengan air aki. Sebaiknya hindari mengisi aki dengan air mineral karena dapat membuat aki menjadi rusak.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek kondisi kabel aki. Jika kabel aki kendor maka Anda bisa kencangkan dan bersihkan  kabel tersebut. Pasalnya, jika kabel aki longgar maka dapat menyebabkan aki jadi tidak mengisi dan tidak berfungsi secara optimal yang membuat mobil tidak bisa dinyalakan.

4. Cek Sekring

Mobil yang mogok atau susah dinyalakan juga bisa disebabkan karena sekring yang kendor atau putus. Hal ini dapat terjadi karena tegangan arus listrik ke bagian koil mengalami penurunan drastis dan berakibat proses pembakaran tidak berjalan sempurna.

Umumnya, masalah ini terjadi pada mobil yang berusia lama. Cara mengatasi hal ini adalah dengan mengganti sekring mobil Anda dengan sekring yang baru. Namun, jika kondisi sekring hanya kendor, maka Anda bisa mengencangkannya kembali.

5. Periksa Pompa Bensin dan Karburator

Jika pada lampu indikator yang terletak di sebelah speedometer berbunyi dan lampu yang berkedip-kedip maka kemungkinan besar terjadi masalah pada pompa bahan bakar mobil Anda. Jika pompa bensin mati maka mobil Anda tidak bisa menyala.

Selain itu, bisa saja hal ini menjadi indikator bahwa terjadi masalah pada karburator mobil Anda. Bisa karena busi yang basah atau karena kekurangan bahan bakar. Jika terjadi masalah seperti ini, maka cara sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuang bensin yang ada di dalam karburator lewat baut pembuangannya.

6. Bersihkan Busi dan Kabel Busi

Jika ternyata penyebab mobil Anda menjadi mogok adalah busi yang kotor, maka Anda bisa membersihkan busi mobil Anda. Cara membersihkan busi yang sudah kotor yaitu dengan menggunakan kunci busi kemudian siram bagian kepala busi dengan sedikit bensin.

Setelah itu, bersihkan kerak atau sisa karbon pembakaran dengan sikat hingga bersih. Terakhir, Anda bisa menyiram kembali busi untuk menghilangkan sisa-sisa kerak tersebut.

Selain itu, kabel busi yang longgar juga dapat menjadi penyebab mobil susah menyala. Jika mengalami kondisi ini, maka Anda bisa mengencangkan kembali kabel busi.

7. Cek Kondisi Koil Mobil

Koil adalah salah satu bagian dari sistem pengapian mesin. Fungsinya untuk menaikkan tegangan dari aki dan diteruskan ke busi agar menghasilkan percikan bunga api di ruang bakar. Meskipun sangat jarang terjadi, namun bisa saja koil melemah dan berakibat mati. Hal ini akan terjadi jika koil kurang setrum atau dalam keadaan panas dan akan kembali normal setelah suhunya mendingin.

8. Dinamo Starter

Setelah Anda memastikan bahwa tidak ada masalah pada aki, koil, maupun bahan bakar, maka bisa saja penyebab mobil mogok di jalan adalah karena kerusakan pada dinamo starter. Anda bisa mengecek apakah kabel dinamo terpasang dengan benar.

Karena jika kabel yang menyambungkan dinamo starter lepas maka dinamo tidak mengisi dan mobil tidak bisa menyala. Jika mengalami hal ini, maka Anda bisa segera memperbaikinya agar muncul setrum aki kembali dan mobil bisa dinyalakan dengan mudah.

9. Hubungi Jasa Derek Mobil

 

Jika Anda telah melakukan beberapa cara sederhana di atas namun belum membuahkan hasil dan mobil Anda masih mogok, maka Anda bisa memanggil jasa derek mobil.

Jika mobil mogok atau mengalami kondisi darurat di jalan tol, Anda bisa dengan mudah menggunakan jasa derek gratis dari Jasa Marga hingga jalan keluar tol terdekat. Dan jika Anda mengalami mobil mogok ketika malam hari, Anda juga tidak perlu khawatir karena ada banyak jasa derek mobil 24 jam di sekitar Anda yang bisa Anda manfaatkan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menyimpan nomor telepon jasa derek mobil.

Demikian informasi tentang hal yang perlu Anda lakukan saat mengalami mobil mogok atau dalam kondisi darurat. Agar tak terjadi hal yang tak diinginkan dari mobil Anda termasuk mobil mogok, maka Anda bisa melakukan service rutin di bengkel.

Jika Anda tak ingin terlalu lama mengantri di bengkel, maka Anda bisa gunakan aplikasi Montiro.Id untuk melakukan booking service online.

image-iklan