Berapa Biaya Cat Mobil Full Body? Ini Rinciannya

20 March 2023

Bodi


Selain bagian mesin, body mobil juga perlu kamu perhatikan kondisinya. Body mobil yang tidak terawat akan membuat tampilan mobil menjadi kusam. Seiring berjalannya waktu, body mobil juga bisa saja mengalami kerusakan. Entah itu tergores maupun rusak karena dimakan usia. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa membawa mobil ke bengkel cat mobil untuk dilakukan pengecatan ulang.

Sumber: Carsworld

Biaya pengecatan mobil tentunya berbeda-beda tergantung pada bengkel yang Anda tuju. Selain itu, juga perlu diperhatikan apakah Anda melakukan pengecatan per panel atau full body. Dalam artikel ini akan dibahas biaya pengecatan mobil per panel maupun full body.

Penyebab Kerusakan Cat Mobil

Sebagai pemilik mobil, Anda perlu merawat dan menjaga body mobil dengan tepat. Pasalnya, perawatan pada body mobil termasuk lapisan cat mobil tergolong gampang-gampang susah. Terlebih jika mobil Anda berwarna gelap, maka akan membuat mobil cepat terlihat kusam.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui beberapa hal yang dapat merusak lapisan cat pada body mobil Anda. Seringkali hal tersebut diabaikan namun ternyata dapat berpengaruh buruk terhadap body mobil Anda. Berikut ini beberapa penyebab kerusakan lapisan cat mobil.

Sumber: Lifepal

1. Kotoran Burung

Kotoran burung merupakan salah satu penyebab rusaknya lapisan cat pada body mobil. Bahkan dapat menyebabkan kerusakan paling parah pada cat mobil. Umumnya pemilik mobil hanya mengelap saja jika ada kotoran burung yang menempel pada body mobil. Padahal kotoran burung dapat meresap ke lapisan dalam cat mobil. Untuk mengatasi hal ini, tentunya Anda membutuhkan jasa cat body mobil.

Sumber: Murianews.com

2. Pecahan Aspal

Pecahan aspal panas yang tanpa sengaja menempel pada body mobil juga dapat merusak lapisan cat mobil. Terlebih jika Anda tidak langsung mengeceknya dan membiarkannya saja, maka dapat berakibat buruk bagi lapisan cat di mobil Anda. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati. Meskipun terlihat sepele, namun bisa menyebabkan kerusakan yang cukup parah pada body mobil Anda.

3. Menabrak Serangga

Meskipun terdengar sepele, namun ternyata menabrak serangga berulang kali dapat membuat lapisan cat mobil rusak. Terlebih jika Anda mengabaikannya saja, maka kemungkinan body mobil Anda akan mengalami kerusakan yang lebih parah. Oleh karena itu, saat Anda menyadari bahwa mobil Anda kerap menabrak serangga, maka Anda bisa membawanya ke bengkel khusus cat mobil untuk dicek kondisinya.

4. Cara Mencuci Kurang Tepat

Hal terakhir yang dapat menyebabkan rusaknya lapisan cat mobil adalah karena teknik pencucian mobil yang cenderung kurang tepat juga bisa memicu kerusakan pada bagian cat mobil. Saat mencuci mobil sendiri, sebaiknya gunakan peralatan yang khusus untuk cuci mobil.

Sumber: Dokter Mobil

Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih peralatan cuci mobil. Bukannya mobil menjadi bersih, justru malah membuat cat mobil tergores. Jika Anda mengabaikan hal ini, maka Anda akan makin merugi dengan harus melakukan cat body mobil baik per panel maupun full body.

Jika Anda memilih untuk mencuci mobil di tempat cuci mobil, maka Anda perlu memastikan bahwa tempat cuci mobil tersebut telah berpengalaman dan profesional. Tempat cuci mobil yang profesional memiliki peralatan yang memadai untuk cuci mobil. Meskipun kemungkinan Anda akan mengeluarkan Biaya yang lebih mahal namun body mobil Anda dapat terawat dengan baik.

Biaya Cat Mobil Per Panel

Secara umum, ada dua jenis pengecatan pada body mobil yaitu per panel dan full body. Pengecatan per panel dapat dilakukan jika kerusakan body mobil hanya terdapat pada bagian tertentu saja misalnya bagian kap bagasi. Sedangkan bagian lainnya tidak mengalami kerusakan dan tidak dibutuhkan perbaikan.

Su

Biaya pengecatan mobil per panel juga berbeda-beda. Hal ini tergantung pada bagian yang akan diperbaiki dan juga bengkel yang Anda pilih. Umumnya pengecatan di bengkel resmi cenderung lebih mahal. Oleh karena itu, Anda juga bisa melakukannya di bengkel biasa namun yang memiliki kualitas layanan yang bagus.

Tentunya sebelum mulai dicat, mobil akan dicek kondisinya terlebih dulu. Apakah body mobil penyok atau tidak. Jika penyok maka perlu dilakukan perbaikan terlebih dulu. Berikut ini kisaran biaya cat mobil per panel.

Jenis Pengecatan Kisaran Biaya
Kabin atas Rp.650.000
Kap mesin Rp.450.000
Pintu per panel Rp.350.000
Bumper belakang Rp.350.000
Bumper depan Rp.350.000
Fender per panel Rp.350.000
Kap bagasi Rp.350.000

Perlu diketahui bahwa biaya di atas hanya perkiraan saja. Selain bergantung pada bengkel yang Anda pilih juga bergantung pada lokasi bengkel tersebut. Anda juga bisa mengetahui kisaran biaya cat mobil secara pasti dengan menghubungi bengkel yang akan Anda tuju.

Biaya Cat Mobil Full Body

Biaya cat mobil full body dan per panel tentunya akan berbeda. Jika pada pengecatan per panel, maka hanya dilakukan pengecatan pada bagian tertentu. Sementara jika Anda mengecat secara full body maka seluruh body mobil Anda akan dilakukan perbaikan dan dicat ulang.

Umumnya, cat mobil secara full body dilakukan jika terjadi kerusakan yang parah pada hampir seluruh bagian body mobil. Bisa karena kecelakaan atau yang lainnya. Maka diperlukan perbaikan lapisan cat mobil secara menyeluruh. Bisa juga jika seseorang merasa warna cat mobil kusam, kemudian ingin melakukan cat ulang body mobil.

Yang perlu Anda ketahui, cat mobil secara full body tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Biaya tersebut juga akan berbeda tergantung dari jenis cat yang digunakan, dan bengkel yang dipilih.

Kisaran biaya cat full body dengan menggunakan bahan seperti Nippon Paint, Apsara maupun Blinken dan DuPont, maka Anda perlu menyiapkan biaya mulai dari Rp.4.000.000. Biaya yang Anda keluarkan juga bergantung dengan kondisi body mobil serta pilihan warna yang diinginkan.

Jika Anda ingin mengecat full body menggunakan bahan seperti Sikkens dan Spices Hecker, maka Anda perlu menyiapkan dana mulai dari Rp.6.500.000 sampai Rp.9000.000. Jenis cat ini cenderung lebih mahal karena kualitas yang dihasilkan lebih bagus dan lebih awet. Biaya yang Anda keluarkan juga akan bergantung dengan warna pilihan dan juga kondisi body mobil.

Demikian informasi tentang kisaran biaya cat mobil full body maupun per panel. Untuk melakukan cat body mobil, Anda bisa melakukan di bengkel resmi maupun bengkel umum. Umumnya biaya cat mobil di bengkel resmi cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan bengkel umum.

Anda tidak perlu khawatir dalam memilih bengkel cat mobil. Anda bisa gunakan aplikasi Montiro.Id. Platform ini telah bekerja sama dengan banyak bengkel umum yang terpercaya dan profesional. Selain bengkel khusus untuk cat mobil, Anda juga bisa menemukan bengkel umum untuk melakukan perbaikan pada mobil Anda baik bagian mesin, AC, bahkan kaki-kaki mobil.

image-iklan