Bengkel Toyota terdekat di Bogor. Berikut ini Listnya!

13 December 2022

Safety Drive


Bengkel Toyota terdekat, masih saja dibingungkan oleh sebagian karena tidak tahu tempat pastinya. Padahal, sekarang sudah bisa diakses secara online untuk cari info-info yang seperti ini. Bisa saja, kamu masih bingung mengenai tempat servis yang bagus dan cocok untuk kebutuhan.

Untuk bengkel Toyota di Bogor  ada yang bersifat resmi (dari dealer langsung) atau tidak resmi (brand lokal). Tetapi, pada akhirnya tergantung pada kualitas pelayanan dan jasa yang diberikan masing-masing bengkel. Pastikan sesuai kebutuhan.

Bengkel Resmi

Kita ketahui, bahwa , bengkel resmi adalah bengkel milik (di bawah) dealer atau agen pemegang merek (APM) pemasar atau penjual mobil. Jadi, bengkel tersebut, hanya melayani kendaraan dengan merek yang berlaku (dijual).

Bengkel resmi, pastinya memiliki standar pegawai yang sudah mumpuni, jadi ahli dan kompeten dalam hal tersebut (servis kendaraan merek tertentu). Montir, terdiri dari montir perbaikan umum (general repair), mandor perbaikan umum (foreman general repair), dan penasihat layanan (service advisor).

Contoh bengkel resmi milik brand diantaranya Auto 2000, Honda, Nissan-Datsun, dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Bengkel Resmi

Berikut adalah kekurangan dan kelebihan bengkel resmi:

1. Keterjaminan Kerja

Pastinya, untuk bengkel resmi pasti memiliki keterjaminan kerja yang mumpuni, atau sudah diakui secara kualitas. Sudah dianggap memiliki kompeten akan masalah servis mobil sesuai kebutuhan, karena sudah ada training dan pengerjaan tugas sebelumnya.

2. Suku Cadang yang diberikan

Suku cadang yang diberikan juga orisinil atau asli, sehingga tidak akan mengecewakan dalam pemakaian dan jangka lama. Standar servis (mobil dan seluk beluknya) sesuai standar mobil. Di bengkel resmi, kita tidak akan menemukan yang namanya suku cadang replikasi atau imitasi.

Sumber: Honda Istana Jember

3. Perlengkapan Kerja

Perlengkapan dan alat kerja yang disediakan, sudah mumpuni dan lengkap. Mulai dari hidrolik, scanner, dan lain sebagainya. Untuk tarif memang lebih mahal, tetapi sesuai dengan apa yang diberikan. Jika ingin melakukan perbaikan mobil di bengkel resmi, pastikan sudah menyesuaikan budget.

Bengkel Umum (Non Resmi)

Untuk bengkel umum atau non resmi, tidak memiliki afiliasi atau kerja sama dengan APM, jadi berdiri sendiri dengan spesifikasi yang berbeda satu sama lain, dari jenis pelayanan hingga jasa yang diberikan. Bahkan standar kualitas pegawai juga disesuaikan disana.

Bengkel umum, memiliki kelebihan tidak hanya terpatok pada servis mobil tertentu saja (sesuai merek), tetapi dari semua merek dan jenis. Bengkel umum juga sanggup melakukan perbaikan, perawatan, hingga modifikasi mobil dengan baik dan sesuai kebutuhan.

Contoh bengkel umum (non resmi), diantaranya Kartika Bogor , Bosch Car Auto Service dan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Bengkel Umum

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari bengkel umum:

1. Kualitas yang Dibawa

Bersifat multitalent, maksudnya,adalah bisa mengatasi permasalahan atau servis mobil dalam berbagai merek. Kualitas pegawai juga standar, jadi sesuai kebutuhan. Pastinya, jangan terlalu berharap lebih akan hasil servis yang maksimal atau sesuai ekspektasi. Pastikan cari tempat servis yang terbaik.

2. Suku Cadang yang Dibawa

Suku cadang yang dibawa, pastinya ada yang asli maupun buatan (imitasi). Karena bengkel umum, jadi fleksibel tergantung permintaan konsumen. Enaknya disini tidak takut budget, karena disesuaikan dengan kantong. Suku cadang yang dijual, setidaknya sudah masuk standar layak dipakai.

Sumber: Kompas Otomotif

3. Perlengkapan Kerja dan Lokasi

Setidaknya, perlengkapan kerja yang dimiliki cukup ada untuk umum, walaupun tidak menjamin selengkap bengkel resmi. Kadang, perlengkapan yang dibawa, buatan sendiri dari teknisi atau dibawa per teknisi bukan dari bengkel. Lokasi bengkel umum kebanyakan strategis, sehingga gampang dicari.

Daftar Bengkel Toyota Terbaik di Bogor

Daftar bengkel Toyota terdekat di daerah Bogor terbaik, diantaranya:

1. Auto2000 Bogor Yasmin

Auto2000 Bogor ini, beralamat di Jalan KH. R. Abdullah Bin Nuh, RT.05/RW.04, Cibadak, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor. Nomor telepon yang bisa dihubungi (0251) 8362000, dengan jam buka, hari Senin-Sabtu 08.00-16.00 WIB, dan Minggu libur.

2. Auto2000 Bogor Siliwangi

Beralamat di Jalan Siliwangi, No.76, RT.05/RW.04, Sukasari, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor, dengan nomor telepon (0251) 8342000. Jam buka yang disediakan Senin-Jumat, 07.00-17.00 WIB, dan Sabtu 08.00-14.00 WIB. Untuk hari Minggu, pukul 09.00-15.00 WIB.

3. Auto2000 Cibinong

Auto2000 Cibinong, beralamat di Jalan Raya Jakarta-Bogor, No. 43, Pabuaran, Kec. Cibinong, Kab. Bogor, Jawa Barat. Nomor telepon yang bisa dihubungi (021) 87912000, dengan jam buka, mulai hari Senin-Jumat 08.00-17.00 WIB, Sabtu 08.00-16.00 WIB, dan Minggu 10.00-15.00 WIB.

4. Setiajaya Toyota Bogor

Beralamat di Jalan Pajajaran, RT.03/RW.01, Babakan, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor. Dengan nomor telepon (0251) 8316100, jam buka mulai hari Senin-Sabtu 08.00-17.30 WIB, dan Minggu 08.30-17.30 WIB. Bengkel resmi ini, tidak hanya memberikan pelayanan servis mobil Toyota, tetapi trade in juga.

Alasan Harus Rutin Melakukan Servis

Terdapat alasan, kenapa kita harus rutin melakukan servis, salah satunya mobil. Karena, dengan rutin melakukan servis, maka kita juga bisa mengetahui perkembangan terbaru dari kendaraan yang kita miliki tanpa takut untuk rusak parah.

Selain itu, dengan pengecekan secara keseluruhan melalui servis, juga mengingatkan bahwa komponen dalam kendaraan misal mobil, seiring waktu akan mengalami penurunan kualitas dan harus di check up secara sering. Apalagi jangka waktu pemakaian juga terbatas (tidak sebanyak dulu). 

Proses Servis

Saat melakukan servis mobil, maka bengkel akan melakukan pembersihan, perbaikan, atau penggantian komponen yang diperlukan. Dengan begitu, mobil bisa akan tetap melaju dengan baik. Terdapat juga rasa aman dan nyaman saat berkendara.

Dengan melakukan servis secara berkala, maka peluang komponen rusak minim, dan performa baik, masa pakai pun lebih panjang. Nilai jual kendaraan tetap ada, walaupun produk lama. Akan lebih mahal dengan yang diservis.

Sumber: Liputan6.com

Waktu Servis

Sebelum tahu akan jadwal kapan servis yang tepat, maka kita perlu tahu yang namanya jenis servis. Yaitu:

1. Servis mobil berkala 5.000 km

2. Servis mobil berkala 10.000 km

3. Servis mobil berkala 15.000 km

4. Servis mobil berkala 20.000 km

5. Tune up

6. Overheating

7. Overhaul

8. Spooring

9. Balancing

10. Body Repair

Tips Servis Mobil yang Murah

Berikut ini adalah tips dalam melakukan servis mobil yang murah:

1. Gunakan sparepart yang asli, agar kualitas suku cadang tetap terjamin dan dengan jangka pemakaian cukup lama, membuat hemat uang tidak ke bengkel saja.

2. Gunakan aksesoris yang sesuai dengan dimensi atau ukuran mobil.

3. Penggunaan bahan bakar minyak disesuai dengan kebutuhan atau ketentuan dari pabrikan kendaraan.

4. Periksa kondisi ban setiap saat sebelum berangkat.

5. Pahami jadwal servis berkala mobil.

6. Siapkan budget tambahan buat jaga-jaga.

7. Pakai asuransi mobil, jika ada agar hemat.

8. Memilih bengkel mobil terbaik, agar tidak gampang bolak balik ke bengkel.

Untuk pencarian bengkel Non dealer resmi terdekat, kamu bisa mengeceknya di montiro.id, agar tahu info harganya. Cukup akses ke web Montiro.id atau aplikasi langsung, yang bisa diunduh di Play Store dan App Store.

Tersedia montir online disana yang bisa dibooking. Jadi kamu tinggal di rumah, no ribet.

image-iklan