Tanya Montir

Transmisi Metic meraung saat perpindahan gigi

Tengku Hadi

Rabu, 12 April 2023

Apa penyebabnya disaat perpindahan gigi metic atau waktu menambah kecepatan suara mobil seperti meraung ?

Diskusi Terbaru

image-montir
Pandu Moanda Kamis, 13 April 2023
Montir

Halo Pak Tengku Hadi,

Terima kasih sudah menggunakan layanan kami..

Perihal keluhan mobil yang sedang bapak alami, dapat kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut.

Gejala bunyi mesin meraung pada saat perpindahan gigi pada transmisi matic kemungkinan dapat disebabkan:

  1. Sirkulasi oli matik yang terhambat (tidak lancar)
  • Ini bisa karena pemakaian oli transmisi yang melampaui umur penggunaan ideal. Karena kondisi oli yang kotor dan mengandung partikel-partikel sisa gesekan matrial komponen transmisi. Partikel-partikel tersebut dapat menumpuk pada filter transmisi, bila kondisi tersebut dibiarkan semakin lama akan menyebabkan penumpukan yang dapat menghalangi kelancaran arus sirkulasi pelumasan komponen transmisi
  • Keluhan dapat juga diakibatkan oleh Filter oli transmisi yang sudah sangat kotor dan umur pemakaiannya sudah sangat lama. Dalam hal ini berarti kondisi Filter sudah jenuh (penuh penumpukan kotoran yang cenderung menghalangi kelancaran sirkulasi pelumasan sistem transmisi.
  • Biasanya juga diikuti gejala yang dirasa saat perpindahan gigi tidak mulus (terasa jedug)
  1. Komponen kopling (kanvas kopling) yang sudah tipis. Bila komponen ini sudah aus (tipis) cenderung akan terjadi slip & hal ini mengganggu kelancaran proses transfer daya dari mesin ke komponen roda

Hal-hal yang tersebut di atas dapat menjadi penyebab bunyi meraung saat perpindahan gigi karena dengan diinjaknya pedal gas berarti bertambah pula putaran mesin. Karena terhambatnya sirkulasi pelumas mengakibatkan pergerakan komponen kopling untuk menempel ke flywheel ( gigi gendeng) menjadi tertunda. Putaran mesin tinggi tetapi daya dari mesin tidak segera tersalur ke roda sehingga pergerakan kendaraan juga tidak segera laju. Kondisi yang normal adalah saat perpindahan gigi akan segera diikuti proses bergeraknya komponen kopling untuk menempel ke flywheel, pada momen inilah putaran mesin akan langsung turun karena terkena beban untuk memutar roda kendaraan (proses perpindahan daya dari mesin disalurkan ke roda).

Saran dari kami untuk mengatasi keluhan, sebelum memutuskan pertimbangan untuk overhaul transmisi matik (yang biasanya memakan biaya cukup tinggi) ada baiknya sebagai langkah awal dapat dilakukan kuras oli matik (bukan ganti oli). Dalam proses ini akan dilakukan cara flushing yang memang akan membutuhkan banyak pemakaian jumlah oli.  Baik juga sekaligus dicek dan dicopot filter oli, dicoba untuk dibersihkan. Bila setelah dibersihkan terlihat masih baik mungkin dapat digunakan kembali. Namun bila memang belum pernah dilakukan penggantian, sebaiknya dilakukan penggantian dengan Filter yang baru.  Mudah-mudahan keluhan dapat hilang karena keluhan terjadi akibat sistem pelumasan yang sudah kotor. Paling tidak ini langkah awal yang lebih murah dibanding langsung diputuskan over haul sistem transmisi.

Bila setelah cara ini tetap timbul keluhan, mau tidak mau mungkin memang sudah sesuai usia pakainya harus dilakukan over haul komponen sistem transmisi matiknya.

Sekian ulasan singkat dari kami semoga dapat mengatasi keluhan yang dialami pak Tengku Hadi. Bila bapak ingin mendapat konsultasi live dengan para Mitra Montir kami silahkan gunakan layanan Chat Montir kami (gratis), atau gunakan layanan Booking Servis kami untuk untuk mendapatkan penjadwalan servis di bengkel Mitra Montiro yang terdekat dengan lokasi tinggal bapak. Atau layanan Home Servis untuk pengecekan kerusakan datang ke rumah.

 

Salam Hormat

Tim Montiro.id