Tanya Montir

Pemasangan fuse & kabel (-) aki

Good Driver

Kamis, 20 Juni 2024

Ijin bertanya, kenapa pada saat memasang fuse alarm keluar percikan api yang mengakibatkan fuse tersebut putus padahal kontak dalam posisi lock

dan pertanyaan kedua saat memasang kabel (-) aki juga keluar percikan api

Bagaimana cara memasang fuse dan kabel (-) aki yang benar

Diskusi Terbaru

image-montir
Pandu Moanda Jumat, 21 Juni 2024
Montir

Halo kak Good Driver,

Terima kasih sudah menggunakan layanan kami.

Mencoba jawab pertanyaannya… adanya percikan api listrik pada saat memasang fuse atau kepala aki adalah wajar bila percikannya tidak besar, Yang perlu diwaspadai adalah bila terjadinya percikan yang sangat besar sampai kadang mengeluarkan bunyi, hal ini dapat mengindikasikan adanya hubungan arus pendek atau korsleting antara jalur negatif dengan jalur positif kelistrikan. Meskipun dalam keadaan kunci kontak pada posisi OFF, namun pada sebuah mobil terdapat komponen-komponen yang tersambung terus (konsumsi listrik) seperti contoh jam digital, lampu-lampu dimmer, head unit (tape mobil) sehingga percikan tersebut menggambarkan adanya pemakaian beban listrik pada aki mobil.

Cara melepas dan memasang kepala aki yang benar adalah :

  1. Lepas pada bagian kutub negatif terlebih dahulu. Bagian ini biasanya berwarna hitam dan ada tanda (-) minus. Kabel, baut, dan klem pada kutub negatif dilepaskan terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya hubungan arus pendek. Korsleting yang terjadi bisa menyebabkan aki bermasalah.

Setelah bagian kutub negatif sudah terlepas, maka langkah selanjutnya adalah melepaskan bagian kutub positif. Kutub positif ini ditandai dengan warna merah dan ada tanda (+) plus. Caranya sama dengan melepas kutub negatif, yaitu melepaskan kabel, baut, dan klem.

Mengapa tidak bagian kutub positif terlebih dahulu dalam cara melepas aki mobil? Kutub positif yang bersentuhan dengan logam seperti kunci inggris, kunci pas, atau bahkan cincin akan menimbulkan hubungan arus pendek atau setrum. 

  1. Saat akan memasang kepala aki, pasanglah kabel kutub positif terlebih dulu. Berbeda pada saat melepas aki mobil di mana kutub negatif yang harus dilepas, saat memasang aki mobil justruk kabel kutub positif yang harus terpasang terlebih dulu guna menghindari timbulnya percikan api.

Percikan api bisa terjadi apabila kita memasang kutub negatif. Posisi kutub positif yang dekat dengan komponen berbahan logam akan menciptakan percikan api saat kutub negatif terpasang lebih dulu. Dampaknya yakni korsleting bisa saja terjadi saat kita akan memasang kutub positif.

Kemudian, pada saat memasang kabel negatif, kita akan menemukan percikan api tetapi percikan tersebut tidak berbahaya dan menimbulkan korsleting. Percikan api tersebut merupakan hal yang wajar saat memasang kutub negatif. Percikan api akan terhenti saat kita memasang kepala aki dengan benar.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam Mobil Sehat

Tim Montiro.id