Tanya Montir

Mobil hampir 2 tahun 'istirahat'

Mukhlis Bsm

Jumat, 03 Oktober 2025

Karena kondisi ekonomi tidak memungkinkan, mobil terpaksa saya istirahatkan dalam kondisi oli lama belum diganti dan aki mati. Setelah hampir 2 tahun berlalu saya coba hidupkan lagi. Setelah aki dan oli saya ganti, mesin saya nyalakan dan HIDUP. Namun ada bberapa kondisi: (1) lampu indikator mesin warna kuning pada dashboard menyala, (2) rem tidak berfungsi dan terasa blong, (3) kopling juga blong, (4) suara mesin dari kabin terasa kasar. Mohon pencerahan atas kondisi mobil saya tersebut... terima kasih

Diskusi Terbaru

image-montir
Pandu Moanda Senin, 03 November 2025
Montir

Halo Pak Mukhlis, terima kasih sudah menggunakan layanan Montiro.Id

Sebelumnya ikut prihatin atas kondisi ekonomi yang terjadi, semoga ke depannya diberi kemudahan & dipulihkan kondisinya.

Dengan beberapa poin yang bapak sampaikan :

1.Lampu indikator mesin menyala menandakan adanya bacaan dari sensor-sensor pada mesin yang membaca adanya malfungsi pada sistem mesin. Umumnya bisa karena ada komponen yang rusak atau kondisi sensor yang rusak atau kotor debu, minyak atau korosi. Sebagai langkah awal mungkin dapat dicoba lakukan reset dengan menggunakan Engine Scanner, namun bila setelah proses reset masih tetap timbul lampu Check Engine maka langkah berikutnya bisa coba dilakukan pengecekan & pembersihan pada sensor yang terkait. Bila pembersihan sudah dikakukan tetap masih menyala indikatornya maka ada indikasi kerusakan pada komponen atau sensor yang perlu dilakukan penggantian dengan yang baru.  

2.Untuk kendaraan yang dalam jangka waktu lama dalam keadaan diam tidak bergerak umumnya berpotensi mengalami perubahan struktur material pada komponen-komponennya. Hal ini dapat terjadi sebagai akibat adanya sifat-sifat alami pada udara atau unsur material seperti contoh oksidasi pada udara yang dapat menyebabkan korosi/karat. Dengan adanya korosi maka dapat berdampak terjadinya kemacetan komponen-komponen, misal piston rem yang biasa teraliri dengan minyak rem pada saat tidak digunakan dalam jangka waktu lama berpotensi menjadi kering,korosif sehingga bisa menjadi macet (tidak dapat bergerak). Sehingga pada saat akan digunakan kembali, pedal rem diinjak, minyak rem terdistribusi menuju masing-masing silinder roda. Yang seharusnya piston bergerak akibat tekanan minyak rem tapi piston tidak dapat bergerak maju untuk menggerakkan kanvas rem untuk menempel pada tromol rem guna melakukan pengereman. Akibat piston rem yang macet maka dapat berakibat gagalnya/tidak bekerjanya sistem pengereman pada kendaraan, atau yang umum disebut rem blong.    

3.Serupa juga dengan yang terjadi pada sistem kopling kendaraan seperti poin 2

4.Suara mesin kasar salah satunya dapat diakibatkan oleh pelumasan yang kurang baik. Untuk keluhan yang satu ini perlujuga dipastikan apakah suara kasar yang terjadi berasal dari komponen dalam mesin atau di luar mesin, seperti contoh suara kompresor ac, tensioner belt atau mungkin suara belt.

Demikian info dari kami semoga bermanfaat.

 

Salam Mobil Sehat

Tim Montiro.Id