Tanya Montir

mobil ayla tidak bisa distarter

Rikka Kirana

Selasa, 22 Agustus 2023

saya baru saja beli aki 6 bulan yang lalu, dan mengganti dinamo ampere 1 minggu yang lalu akibat mobil tidak bisa distarter, 3 hari yg lalu kejadian lagi mobil tidak bisa distarter, lalu saya setrum aki nya sampai 100%, health nya di angka 45%, dan sekarang mobil tidak bisa distarter kembali, apa karena aki ya ? atau ada kemungkinan di bagian lain ? seperti aki nya tidak mau di charge saat mobil hidup

Diskusi Terbaru

image-montir
Pandu Moanda Selasa, 22 Agustus 2023
Montir

Halo ibu Rikka, terima kasih sudah menggunakan layanan Montiro.id

Mengamati cerita ibu kami cukup prihatin dengan kejadian yang ibu alami.

Ibu menyampaikan bahwa dinamo ampere sudah dilakukan penggantian, berarti kami dapat berasumsi bahwa saat pengisian arus listrik semestinya dalam keadaan normal. Ini dapat dilakukan pengecekan dengan menggunakan sebuah alat multitester terpasang di aki, saat mesin menyala idle pedal gas diinjak dan putaran mesin meningkat seharusnya jarum/angka digital akan berjalan naik juga.

Ibu Rikka juga sampaikan bahwa telah dilakukan setrum aki; asumsi kami berarti aki dilakukan proses setrum di luar kendaraan. Yang mana hal ini semestinya tidak akan terjadi bila dinamo ampere (alternator) dalam keadaan normal.  Saat mesin menyala, dinamo ampere akan berfungsi melakukan pengisian arus listrik ke dalam aki, dan akan memutus prosesnya setelah voltase cukup.  Dalam hal ini ada pertanyaan dari kami, setelah aki disetrum sampai 100% ibu dapat mengetahui kondisi health aki 45% menggunakan sebuah alatkah? Bila alat yang dipergunakan memadai, berarti kondisi aki sudah tidak dalam keadaan baik.  Artinya kemampuan aki menyimpan daya listrik sudah berkurang, jadi meskipun aki di charge sampai full langsung akan mengalami penurunan voltase karena tidak dapat menyimpan setrum dengan baik. Biasanya hal ini disebabkan karena komponen sel-sel di dalam aki yang berfungsi sebagai penyimpan setrum sudah ada yang mengalami kerusakan. Bila aki mobil yang ibu miliki adalah aki basah biasanya akan terlihat air aki dalam keadaan keruh saat tutup masing-masing lubang pengisian air aki dibuka.  Mungkin juga dapat dilakukan pengetesan dengan tabung penghisap air aki untuk melihat keasaman air aki. 

Untuk usia pakai aki juga dapat dikatakan sebuah hal yang relatif, tergantung dari merk pabrikan aki yang biasanya berani memberi garansi pemakaian yang cukup lama bisa dikatakan merk tersebut cukup baik.  Namun bisa juga tergantung pemakaian, bila mobil ibu terpasang banyak asesoris yang banyak mengkonsumsi pemakaian setrum dapat juga mengakibatkan usia pakai aki menjadi lebih pendek dari seharusnya.  Hal lain yang juga mesti dipastikan bahwa tidak ada kebocoran arus dalam sistem kelistrikan mobil, bila ini terjadi maka saat mesin mobil mati dan tidak ada proses pengisian arus listrik maka dengan adanya kebocoran ini voltase aki akan terkonsumsi (tersedot). Contoh hal ini adalah: adanya short circuit (korslet) jalur listrik positif tersambung dengan jalur negatif (bisa body mobil). Dapat juga bocor arus dari komponen pengguna listrik yang tetap menyala dalam jangka lama saat mesin mati, seperti lampu kabin, lampu mobil dan lain-lain.  

Semua ulasan yang kami sampaikan sebaiknya semua pengecekan dilakukan oleh montir yang sudah berpengalaman. Untuk mendapatkan pengalaman konsultasi langsung secara live dengan montir-montir kami silahkan gunakan layanan Chat Montir & bilamana ibu membutuhkan layanan montir untuk datang membantu ke rumah, silahkan gunakan fitur Home Servis kami, atau butuh info mengenai bengkel mitra kami yang terdekat silahkan menggunakan layanan Booking Servis.

Sekian ulasan dari kami semoga bermanfaat.

 

Salam mobil sehat

Tim Montiro.id