Tanya Montir

Bunyi tek tek tek saat perpindahan tranmisi di rpm rendah

DONALD DONKEY

Senin, 12 Februari 2024

Mau ijin bertanya 🙏

mobil saya ada keluhan bunyi tek tek tek, seperti klotekan org sebelum bunyiin bedug… dan bunyi tersebut terdengar disaat perpindahan tranmisi dan situasi  rpm rendah 1500 rpm, mohon di bantu penjelasannya 🙏

apakah ada komponen mesin mobil yg bermasalah? 🙏

Diskusi Terbaru

image-montir
Pandu Moanda Rabu, 14 Februari 2024
Montir

Halo Pak Donald, terima kasih sudah menggunakan layanan kami..

Suara yang bapak alami pada saat perpindahan transmisi dan saat putaran mesin di 1500rpm bisa disebabkan oleh banyak kemungkinan, seperti:

  1. Oli belum naik

Oli yang belum naik dengan sempurna juga turut menjadi penyebab mesin mobil bunyi tek tek. Jika bunyinya terdengar ketika mesin dinyalakan pertama kali, bisa dipastikan itu karena oli belum naik.

Pada mesin mobil, oli ditampung dalam bak yang letaknya berada di bagian paling bawah. Di sana juga terdapat pompa yang dapat mengalirkan oli ke seluruh bagian mesin yang hanya aktif saat mesin dihidupkan.

Ketika mesin dalam keadaan mati, pompa akan berhenti bekerja sehingga sirkulasi oli turut berhenti dan membuat oli akan turun. Akibatnya, kepala silinder menjadi kering. Diperlukan waktu beberapa saat agar oli dapat naik dan melumasi silinder. 

Gejala suara ini juga dapat menjadi pertanda untuk melakukan pengecekan pada pompa oli. Pompa oli yang tidak normal menjadi penyebab lambatnya sirkulasi oli mesin

  1. Timing Chain (Rantai Keteng) kendor/aus

Salah satu penyebab mesin mobil bunyi tek tek saat digas adalah adanya masalah pada rantai keteng. Ketika rantai tersebut dalam kondisi yang kendor, hal itu akan menimbulkan bunyi kasar pada bagian mesin.

Pak Donald perlu memeriksa kondisi rantai tersebut apakah mengendur atau tidak. Letak rantai keteng dapat ditemukan dengan mudah dalam mesin mobil dan akan terus berputar ketika mesin menyala.

Rantai keteng yang sudah kendor bisa bermasalah saat mobil dipakai untuk berkendara. Segera lakukan perbaikan agar rantai keteng tidak lagi kendor. Namun, jangan sampai terlalu kencang karena ini bisa menimbulkan suara berdengung.

  1. Bantalan Crankshaft atau Metal Duduk, Metal Jalan sudah aus

Crankshaft atau poros engkol merupakan mekanisme yang bisa mengubah gerakan naik turun piston menjadi gerakan memutar. Umumnya ada 2 buah bantalan pada crankshaft, yaitu bantalan poros engkol terhadap blok silinder dan bantalan batang piston terhadap poros engkol.

Apabila salah satu bantalan crankshaft mengalami aus, poros engkol otomatis akan oblak dan menimbulkan bunyi tek tek pada mesin mobil saat dingin. Suaranya akan dapat terdengar dengan sangat jelas saat rpm sedang tinggi.

  1. Celah katup lebar

Penyetelan katup yang terlalu longgar juga bisa menjadi penyebab mesin mobil bunyi tek tek. Pasalnya, tumbukan rocker arm dan katup melebar akibat terlalu sering memberikan jarak untuk pemuaian batang katup.

Celah katup ini berfungsi sebagai pemberi batas toleransi terhadap batang katup ketika memuai. Akan tetapi, celah tersebut semakin lama akan semakin longgar seiring dengan usia mobil.

Bunyi kletek akan semakin terdengar nyaring jika rpm sedang tinggi. Jika dibiarkan, celah katup kian melebar yang membuat rocker arm shaft dan camshaft aus.

  1. Auto klep lemah

Sebagian besar mobil-mobil keluaran terbaru saat ini sudah menggunakan auto klep. Komponen tersebut berfungsi untuk memudahkan kita sebagai pemilik mobil agar tidak perlu menyetel klep secara berkala.

Meski begitu, bapak sebaiknya tetap melakukan pengecekan pada komponen auto klep jika mobil sudah lama digunakan. Sebab, pegas di dalam auto klep bisa usang dan melemah seiring dengan lama pemakaiannya. Auto klep mulai melemah inilah yang menjadi penyebab mesin mobil bunyi tek tek.

  1. Engine knocking

Engine knocking yang dapat terjadi akibat ruang pembakaran tidak mendapat asupan bahan bakar yang mencukupi. Hal itu ditandai dengan minimnya kandungan oktan.

Engine knocking dapat dicek melalui tiga cara. Pertama, apabila mesin mobil berbunyi kletek-kletek ketika rpm mobil rendah. Kedua, saat mesin digas bunyi kletek-kletek tidak terlalu signifikan. Ketiga, bunyinya berasal dari area blok silinder.

  1. Pulley Damper oleng

Pulley Damper atau crankshaft pulley merupakan katrol yang dipasang di ujung depan poros engkol. Fungsi komponen ini yaitu untuk menggerakan berbagai komponen kendaraan. 

Akibat penggunaan, pulley damper dapat bergeser atau oleng sehingga membuat mesin mobil mengeluarkan bunyi kletek-kletek. Apabila dibiarkan begitu saja, kumpulan katrol yang oleng tersebut juga dapat menyebabkan timing chain menjadi rusak.

  1. Shim/lifter aus

Shim atau lifter bisa mengalami aus dan menjadi tipis seiring dengan penggunaan mobil. Semakin tipis shim, itu menandakan jika celah klep bisa semakin renggang. Hal ini biasanya disebabkan karena shim bersentuhan dengan ujung klep.

Ada pula kemungkinan kalau penyebab mesin mobil bunyi tek tek lainnya akibat lifter tidak kembali ke posisi semula setelah melakukan pembongkaran.

  1. Terdapat benda keras pada silinder

Silinder merupakan lubang di mana piston bekerja. Benda keras yang masuk ke dalam silinder akan menjadi penyebab mesin mobil bunyi tek-tek. Hal ini biasanya terjadi saat melewati jalanan berbatu kerikil yang mengenai bagian bawah mobil.

Bisa juga disebabkan oleh pecahan keramik dari kepala busi yang pecah, kemudian jatuh ke ruang silinder. Ketika benda tersebut tidak sengaja masuk ke dalam ruang silinder, maka proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan memicu mesin mobil berbunyi kletek-kletek. 

  1. Pemilihan bahan bakar yang tidak tepat

Bahan bakar yang tidak sesuai menjadi penyebab mesin mobil bunyi tek tek saat digas yang berikutnya. Perlu diingat bahwa masing-masing mobil harus memakai bahan bakar yang sesuai rekomendasi pabrik. Sebab, setiap jenis bahan bakar memiliki kadar oktan yang berbeda. 

Jika menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrik, maka mobil akan mengalami engine knocking. Akibatnya, timbul gesekan yang terdengar seperti ketukan logam pada mesin mobil.

  1. Perubahan kekentalan oli

Ketika kekentalan oli mengalami perubahan, maka besar kemungkinan munculnya suara mengganggu pada mesin yang dingin. Perlu diketahui bahwa tiap kendaraan membutuhkan tingkat kekentalan oli yang berbeda.

Oli yang terlalu encer akan menimbulkan suara kasar dan jika terlalu kental, maka mesin akan mengeluarkan suara kletek-kletek. Kalau memang waktunya diganti, segeralah isi ulang oli dengan yang baru di bengkel terdekat.

Demkikian ulasan yang dapat kami sampaikan, silahkan gunakan layanan Booking Servis kami untuk mendapatkan penjadwalan & estimasi biaya pengecekan perbaikan di bengkel-bengkel mitra kami, atau layanan Home Servis untuk mendapat layanan pengecekan dan perbaikan di rumah.

 

Terima kasih & semoga bermanfaat.

Salam Mobil Sehat