Fungsi dari water pump mobil ini sendiri ialah untuk memompa dan juga melakukan sirkulasi air pendingin atau water coolant yang dipakai untuk mendinginkan pada komponen mesin.
Cara kerja water pump
Komponen ini bekerja dengan cara berputar sesuai dengan putaran dari mesin yang sudah di sambungkan dengan menggunakan sebuah sabuk yang terbuat dari poros mesin. Water pump akan menghisap air pendingin ke dalam mesin dan kemudian dikeluarkan lagi ke radiator. Periksa Water Pump Mobil Kerusakan yang terjadi di bearing water pump mobil biasanya akan menyebabkan suara yang terdengar kasar di bagian mesin mobil. Hal ini merupakan beberapa masalah yang sering terjadi di waterpump mobil. Sehingga diperlukan pemeriksaan. Untuk memastikan apakah bunyi kasar yang didengar tersebut berasal dari kerusakan bearing waterpump, maka anda harus melepaskan belt pada pulli waterpump dan lalu anda periksa kembali putaran pulli water pump menggunakan tangan. Apabila pulli water pump mobil terasa kocak maka bunyi kasar dari mesin tersebut datangnya dari water pump mesin. Untuk memastikan water pump rusak atau tidak anda bisa dengan cara memutar secara perlahan pulli waterpump dan apabila anda rasa putaran pulli waterpump tidak bisa lancar dan tersendat ketika anda putar menggunakan tangan, maka wtarpump mobil anda harus diganti. Karena tidak lancarnya putaran pulli waterpump akan menyebabkan suara yang kasar pada mesin. Mengalami kebocoran air radiator mesin dari waterpump merupakan masalah lainnya yang kerap terjadi pada waterpump mobil. Anda bisa melihat bocor tidaknya waterpump pada air yang menetes di mesin mobil yang letaknya di bagian kanan mesin mobil. Hal ini terjadi di mesin mobil yang menggunakan penggerak roda depan, misalnya saja mobil sedan. Karena air radiator bocor dari waterpump, maka tentu saja menyebabkan air radiator akan berkurang. Sehingga anda juga harus mengganti waterpump yang baru.
Gejala pada mesin jika water pump rusak
1. Mesin akan mengalami overheat
Bila water pump rusak maka sirkulasi air pendingin di dalam mesin menjadi tidak jalan, dan akibat selanjutnya adalah air lambat laun akan berkurang bahkan habis karena panas mesin berlebih
2. Terdengar suara mendengung dari letak water pump berada.
Bunyi ini timbul karena bearing (laher) yang ada pada water pump sudah aus.
3. Ada rembesan air di sekitar area water pump berada.
Bila menggunakan radiator coolant, akan mudah terlihat bekas rembesan berwarna hijau atau merah. Bila radiator menggunakan air biasa maka Kan terlihat bekas air berwarna kecoklatan. Ini tandanya ada korosi pada bagian water pump
4. Pulley water pump oblak
Cara mengetahuinya adalah dengan mencopot semua komponen yang terhubung dengan pulley water pump. Selanjutnya coba di goyang-goyang bagian pulley nya bila terasa oblak berarti sudah seharusnya dilakukan penggantian
5. Baling-baling (kipas) yang ada di dalam water pump retak atau pecah, ini mengakibatkan sirkulasi air pendingin menjadi tidak maksimal.