Otopedia

Torque converter merupakan komponen transmisi otomatis yang memiliki konstruksi dan prinsip kerja yang sama dengan kopling fluida. Komponen ini dipasang pada sisi input shaft transmisi dan diikat dengan menggunakan baut ke flywheel crankshaft. Komponen ini diisi dengan minyak transmisi yang memiliki fungsi untuk memperbesar momen mesin dan kemudian diteruskan ke transmisi.

Torque converter dilengkapi dengan sudut-sudut yang berbentuk seperti kurva dan stator yang dipasang di antara pump impeller dengan turbine runner.Stator ini berfungsi untuk mengubah aliran minyak searah dengan putaran pompa impeller dengan menggunakan tenaga yang ada di dalam minyak. Torque converter mengubah momen dalam langkah yang tidak memiliki batas.

Pada saat mobil dalam keadaan di rem, converter tetap ada dan terjadi sirkulasi minyak namun akan memberikan penambahan momen yang berfungsi sebagai kopling seperti kopling fluida. 

Berikut beberapa fungsi torque converter:

Bekerja untuk memperbesar momen yang dihasilkan oleh mesin kendaraan

Sebagai kopling otomatis yang memindahkan atau memutuskan momen mesin ke transmisi

Berfungsi sebagai flywheel yang dapat memperlembut putaran mesin kendaraan

Dapat meredam getaran yang diakibatkan oleh momen dari mesin dan pemindahan daya (driver train)

Dapat menggerakkan pompa oli dari hydraulic control system


          
image-iklan