Otopedia

Diafragma spring berfungsi menekan dan menarik presure plate pada clucth cover, saat pedal kopling diinjak, gaya dari pedal sampai pada diafragma spring dengan serangkaian komponen pendukung. Diafragma spring menarik presure plate supaya tidak menekan disc plate dan putaran Flywheel dengan disc plate bebas. Begitu sebaliknya saat pedal kopling dilepas.

Tipe kopling pegas diafragma mempunyai keuntungan sebagai berikut:

Tenaga yang dibutuhkan untuk mengoprasikan pedal kopling diusahakan sekecil mungkin.

Pegas diafragma menekan plat penekan lebih merata dibandingkan dengan pegas coil.

Bila terjadi keausan pada pelat kopling tidak mengurangi tekanan pada pelat penekan.

Selama sekeliling permukaanya rata, kopling tetap seimbang.

Tidak seperti kopling tipe coil yang mana tenaga pegas akan berkurang pada kecepatan tinggi karena gaya sentrifugal, kopling tipe pegas diafragma bebas dari problem ini. 

Pegas diafragma memerlukan ruang arah axial yang cukup kecil, sehingga sirip-sirip pendingin dapat diletakkan pada pelat penekan.

Jumlah bagian-bagianya lebih sedikit dari pada tipe pegas coil


image-iklan