Fungsi gasket yang paling utama sebenarnya adalah sebagai pencegah kebocoran. Mengingat mesin mobil terdiri dari banyak bagian yang mengandung cairan dan udara, maka gasket adalah penyekat yang akan mencegah kebocoran cairan dan udara tersebut.
Penjelasan singkat mengenai fungsi gasket.
1. Penyambung blok mesin dan kepala silinder
Mesin mobil adalah bagian yang berfungsi untuk menghasilkan tenaga putaran melalui proses pembakaran bahan bakar dan udara. Beberapa bagian mesin yang bertanggung jawab dalam proses tersebut antara lain adalah blok mesin dan kepala silinder. Diantara blok dan kepala silinder tersebut terdapat bagian untuk tempat pembakaran campuran udara dan bahan bakar. Gasket diletakkan di antara blok mesin dan kepala silinder sebagai penyambung dua bagian tersebut.
2. Mempertahankan kompresi
Fungsi gasket yang diletakkan di antara blok mesin dan kepala silinder adalah untuk menjaga kompresi. proses pembakaran bahan bakar dan udara akan menghasilkan kompresi atau pemadatan volume. Kalau tidak ada komponen yang menjaga kompresi, maka akan terjadi kebocoran dan pembakaran pun tidak bisa maksimal.
3. Mencegah kebocoran kompresi
Fungsi gasket juga untuk mencegah terjadinya kebocoran oli.
Macam-macam gasket
Gasket memiliki berbagai macam jenis dengan keunggulan seperti contohnya:
- Metal spring-energizing ring
Gasket dengan sifat self-energizing yang hanya dipakai untuk media besar.
- Metal C-ring gasket
Gasket self-energizing yang cocok untuk tempat dudukan kecil. Tipe ini biasa digunakan pada low pressure juga low vacuum.
- Metal U-ring gasket
Tipe gasket yang fungsinya semakin baik ketika berada di tekanan tinggi antara 12000 Psi.
- Metal O-ring gasket
Jenis gasket ini bagian dalamnya bisa diisi dengan tekanan dan temperatur tinggi
- Spiral wound gasket
Gasket yang digunakan pada tekanan dan temperatur tinggi, oleh karena itu seringnya hanya bisa sekali pakai.
- Flat gasket Gasket yang paling umum digunakan dengan fungsi mencegah kebocoran dan dipakai di bidang rata.
Bahaya apabila gasket rusak
Sebagai komponen untuk menyambungkan blok mesin dengan kepala silinder, fungsi utama gasket adalah mencegah kebocoran dan menjaga kompresi. Apabila komponen ini rusak, maka akan terjadi beberapa kemungkinan.
- Pertama, kebocoran kompresi dan gas pembakaran yang akan mengakibatkan pembakaran kurang maksimal.
- Kedua, kebocoran oli sehingga menyebabkan peluma habis dan fungsi pelumasan di mesin mobil tidak tercapai.
- Ketiga, kebocoran air pendingin sehingga kemungkinan besar air ini akan masuk ke mesin dan bercampur dengan oli. Alhasil, mesin mobil bisa berkarat dan sistem pendinginan tidak maksimal.
- Keempat, perhatikan juga kualitas dari bensin, komponen mesin mobil bisa rusak akibat bensin basi. Meski bentuknya kecil, mirip dengan lempengan tipis, fungsi gasket sangatlah penting. Komponen tersebut memiliki tugas krusial sebagai pencegah kebocoran dan memastikan seluruh fungsi mesin bekerja dengan maksimal.
Fungsi gasket sangat penting, yaitu sebagai penyambung antara blok mesin dan kepala silinder, penjaga kompresi mesin mobil, hingga pencegah kebocoran. Fungsi gasket yang paling utama sebenarnya adalah sebagai pencegah kebocoran. Mengingat mesin mobil terdiri dari banyak bagian yang mengandung cairan dan udara, maka gasket adalah penyekat yang akan mencegah kebocoran cairan dan udara tersebut.