Tentang
Koil adalah komponen dalam kelistrikan mobil yang berfungsi sebagai pembangkit tegangan listrik. Busi dalam kerja sistem membutuhkan tegangan yang sangat tinggi. Tegangan yang dari baterai mobil yakni 12 volt tidak akan mampu membangkitkan percikan bunga api pada busi. Kebutuhan tegangan pada busi sangatlah besar. Di sinilah koil berfungsi sebagai pembangkit tegangan.
Gejala kerusakan
- Pada mobil dengan sistem pengapian distributor, salah satu gejala koil mulai rusak adalah saat mesin sudah panas mesin akan mati mendadak atau jika mobil sudah jalan jauh beberapa kilometer mesin akan mati
- Mesin brebet dan bergetar. Pada mobil dengan tipe pengapian langsung, gejala koil mobil rusak tentu saja sedikit berbeda karena mesin tersebut pada setiap silinder mesinnya dilengkapi dengan 1 koil pengapian, sehingga pada saat satu koil pengapian rusak atau bermasalah, mesin tetap dapat dhidupkan karena koil yang lain masih bisa bekerja. Biasa gejalanya mesin brebet dan bergetar meskipun hal ini juga kadang bisa disebabkan karena injektornya yang rusak atau sistem bakar, juga busi yang bermasalah.
- Kondisi koil panas yang berlebih pada saat dipegang tangan
Penyebab
- Koil bisa rusak karena panas berlebih
- Bocor listrik pada jalur pengapian
- Terdapat kerak pada kontaktor koil
Tips
- Bila koil mengalami panas berlebih, bisa dilakukan pengompresan dengan kain basah untuk menurunkan suhunya. Namun ini merupakan tindakan sementara agar mesin bisa menyala normal kembali dan mobil bisa melanjutkan perjalanan ke bengkel terdekat
- Bila terdeteksi kebocoran setrum pada jalur pengapian maka mesti dicari sumber kebocorannya. Dapat dilakukan tindakan sementara dengan menutup kebocoran menggunakan lem besi. Dan selanjutnya sebaiknya dilakukan penggantian dengan komponen baru