Tips dan Trik Menggunakan Layanan Montir Mobil Panggilan untuk Mamah Muda

14 March 2023

Safety Drive


Pertanyaan tentang tips dan trik menggunakan layanan montir mobil panggilan untuk Mamah muda belakangan ini makin sering terdengar. Hadirnya layanan montir panggilan online yang saat ini mudah ditemukan. Ternyata memberikan banyak manfaat terutama bagi Mama muda yang memiliki kesibukan di rumah dan belum sempat mengunjungi bengkel guna proses perbaikan mobil.

Anda bisa lebih praktis melakukan service mobil tanpa harus datang ke bengkel. Anda bisa memesan layanan montir panggilan online secara langsung melalui telepon, chat, dan aplikasi. Selanjutnya montir akan datang untuk melakukan pengecekan dan perbaikan mobil Anda.

Sekilas Tentang Montir Mobil Panggilan

Sesuai namanya, montir panggilan bisa Anda gunakan kapan saja sesuai kebutuhan. Berkembangnya teknologi digital saat ini memudahkan Anda untuk mendapatkan layanan tersebut melalui smartphone.

Sumber: Kompas Otomotif

Terdapat banyak bengkel serta aplikasi yang menyediakan layanan montir panggilan. Kendati demikian Anda tetap harus waspada dan berhati-hati dalam memilih layanan tersebut. Jangan sampai Anda salah dalam memilih layanan dan terjebak pada oknum yang tidak bertanggung jawab.

Tips dan Trik Menggunakan Layanan Montir Mobil Panggilan

Oleh sebab itu, berikut beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan dalam menggunakan layanan montir mobil panggilan.

1.    Cek Reputasi Layanan

Tips dan trik pertama yang perlu Anda perhatikan saat memilih jasa montir panggilan adalah dengan melakukan pengecekan reputasi layanan. Anda bisa mendapatkan semua informasi tersebut dari review pelanggan di berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, hingga YouTube.

Sumber: Feeling Motor

Selain itu, Anda juga bisa mencari informasi review pelanggan dari search engine seperti di Google untuk memastikan bahwa layanan montir panggilan yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan benar-benar terpercaya.

Tak ada salahnya jika mengumpulkan semua informasi sebelum menggunakan layanan tersebut. Sebab, montir panggilan sendiri biasanya tidak mempunyai bengkel resmi yang bisa Anda datangi sebagai patokan jika terjadi kemungkinan hal-hal yang tidak sesuai atau kurang berkenan.

2.    Dukungan tenaga profesional

Tidak jauh berbeda dengan tips dan trik  memilih bengkel mobil secara langsung, sebaiknya Anda juga harus teliti apakah montir panggilan yang Anda pilih adalah montir berpengalaman dan profesional di bidangnya.

Sumber: i Stock/FG Trade

Ciri-ciri montir atau mekanik berpengalaman umumnya ditandai dengan adanya bukti sertifikat serta pengetahuan mendalam tentang permasalahan mobil atau dunia otomotif.

Selain ahli dalam proses diagnosis kerusakan atau permasalahan mobil, montir berpengalaman biasanya juga sering memberikan saran atau rekomendasi hal-hal apa saja yang sebaiknya bisa Anda lakukan.

Untuk memastikan agar Anda tidak salah dalam menggunakan jasa montir panggilan. Maka, Anda bisa bertanya langsung ke customer service sebelum melakukan pemesanan.

3.    Kemudahan transaksi dan pemesanan

Tips dan trik penting berikutnya yang harus diperhatikan sebelum menggunakan jasa montir panggilan online adalah kemudahan pemesanan dan transaksi. Dibandingkan dengan jasa montir yang terdapat di bengkel, biasanya jasa montir panggilan beroperasi selama 24 jam penuh bahkan di hari libur sekalipun.

Sementara itu, proses pemesanan untuk  menggunakan jasa montir tersebut sangat beragam. Mulai dari menggunakan aplikasi khusus, dan ada juga yang hanya menggunakan telepon atau WhatsApp.

4.    Punya SOP yang jelas

Standar operasional prosedur (SOP) merupakan salah satu bagian penting yang menjadi tanda bahwa jasa montir panggilan yang Anda pilih benar-benar profesional. SOP digunakan sebagai panduan untuk memastikan kegiatan atau proses pengecekan hingga service mobil berjalan dengan lancar.

5.    Keaslian suku cadang

Tips dan trik selanjutnya yang perlu Anda terapkan saat memilih dan menggunakan jasa montir panggilan yaitu keaslian suku cadang. Hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan mengingat montir panggilan sendiri umumnya tidak memiliki lokasi bengkel offline. Sehingga Anda tidak bisa melakukan pengecekan atau konfirmasi mengenai suku cadang yang dibawa.

Jadi, sangat disarankan jika memang kondisi mobil harus dilakukan penggantian komponen atau spare part. Maka, Anda bisa mempersiapkan terlebih dulu atau membeli di toko suku cadang asli baru kemudian dipasangkan oleh montir yang Anda panggil.

6.    Biaya service transparan

Berbeda dengan jasa montir yang tersedia di bengkel secara langsung, jasa montir panggilan umumnya memiliki tarif atau biaya yang tak terduga. Hal tersebut dikarenakan adanya biaya tambahan seperti biaya  aplikasi, biaya kedatangan, dan biaya lainnya.

Untuk jenis biaya atau tarif  tambahan biasanya bervariasi sesuai dengan peraturan perusahaan masing-masing. Namun, Anda bisa meminta bukti kwitansi atau bukti pembayaran yang lengkap agar terhindar dari biaya di luar dari aplikasi atau perjanjian awal.

7.    Pilih Lokasi Montir Terdekat

Bagi Anda yang membutuhkan perbaikan mobil dalam waktu yang cepat, maka disarankan untuk memilih lokasi montir panggilan terdekat. Sehingga montir bisa segera datang langsung ke lokasi Anda untuk melakukan perbaikan.

Hal ini tentu sangat bermanfaat khususnya bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang untuk datang ke bengkel. Apalagi saat Anda berada pada situasi darurat, memilih montir panggilan terdekat di lokasi tentu menjadi solusi yang paling tepat.

8.    Garansi Perbaikan

Berikutnya hal yang tak kalah penting saat Anda memutuskan untuk menggunakan jasa montir panggilan, adalah dengan melakukan pengecekan apakah jasa yang Anda pilih menyediakan masa garansi service atau tidak.

Sama halnya saat melakukan service pada bengkel secara langsung, maka tidak ada salahnya jika Anda konfirmasi kepada montir apakah ada garansi perbaikan atau tidak. Sebab garansi perbaikan sangat berguna bagi Anda jika mobil mengalami kendala atau kerusakan yang sama dalam waktu dekat.

Dengan adanya garansi perbaikan, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya dua kali hanya untuk memperbaiki kendala atau kerusakan yang sama. Dalam hal ini penggunaan garansi perbaikan cukup efektif sebagai bentuk antisipasi.

9.    Pilih Jasa Montir yang Ada di Aplikasi

Meski tidak semua montir online atau montir panggilan terdaftar di aplikasi. Namun, agar lebih aman Anda bisa memilih jasa montir yang terdaftar di aplikasi resmi, misalnya montiro.id

Sumber: i Stock

Aplikasi montiro.id merupakan salah satu aplikasi yang menyediakan berbagai solusi untuk semua kebutuhan mobil Anda. Anda bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk menggunakan jasa montir mobil panggilanyang terpercaya.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan  berbagai menu seperti chat montir, home service, booking service, dan emergency. Informasi seputar bengkel yang ada di wilayah Jabodetabek juga bisa Anda cek langsung melalui montiro.id.

Anda bisa mendapatkan informasi bengkel 24 jam terdekat, tarif biaya, serta layanan dan jasa apa saja yang tersedia di bengkel tersebut. Cara penggunaan aplikasi montiro.id juga sangat mudah. Anda hanya perlu instal aplikasi tersebut melalui Google Play Store atau App Store.

Selanjutnya, Anda bisa daftarkan data diri Anda secara lengkap sebagai akun dari aplikasi tersebut. Jika smartphone Anda tidak memiliki kapasitas untuk menginstal aplikasi montiro.id, maka tak perlu khawatir Anda tetap bisa menggunakannya dalam versi website https://montiro.id/.

image-iklan