Tak Hanya Warna Merah, Kini Sudah Ada SPBU Pertamina Warna Hijau Dan Biru, Apa Bedanya?

18 July 2022

Mesin


Kini Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau biasa kita sebut SPBU tidak lagi hanya berwarna merah dan biru saja loh good drivers, kini ada juga SPBU yang berwarna hijau. Sudahkah good drivers tau bahwa warna SPBU yang berbeda-beda ini, memiliki fungsi dan kelengkapan yang berbeda juga loh.
Jadi jika di Pasti Prima (SPBU biru) itu untuk layanan Non Fuel Retailnya lebih lengkap seperti C-store, ATM, Food & Beverage, Auto Care dan LPG Outlet (Bright Gas). sedangkan di Pasti Pas (SPBU merah) tidak selengkap itu. Lalu yang terbaru sekarang ini Pertamina telah mengoperasikan SPBU 'hijau', yang memiliki perbedaan dengan SPBU warna biru dan SPBU merah. SPBU hijau yang baru dioperasikan ini adalah SPBU berkonsep ramah lingkungan atau biasa disebut juga dengan Green Energy Station (GES).
PT Pertamina (Persero) meluncurkan GES ini melalui Sub Holding Commercial & Trading atau Pertamina Patra Niaga. Berbeda dari SPBU biru dan merah, GES memakai pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sebagai salah satu sumber energi mandiri dan ramah lingkungan. Selain itu, GES juga memiliki layanan yang tidak dimiliki oleh SPBU Pertamina berwarna biru dan merah. Yakni adanya stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) atau charging station dan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU). Hal ini tentunya memberikan dampak yang cukup signifikan untuk mengurangi polusi, efek rumah kaca, dan efisiensi biaya operasional SPBU. Karena Untuk SPBU dengan kapasitas Solar PV 6.3 Kwp, rata-rata penghematan per bulannya sekitar 12,5 persen dari total penggunaan listrik untuk operasional.
Ini merupakan sebuah dukungan yang diberikan pertamina untuk memperkuat dan mempercepat penyiapan ekosistem hilir kendaran bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Indonesia. Di jakarta sendiri saat ini sudah tersedia lima charging station yaitu di SPBU Fatmawati II, SPBU MT Haryono, SPBU Lenteng Agung, SPBU Kuningan, dan SPBU Soekarno Hatta yang masih bisa dinikmati tanpa biaya. Sedangkan untuk di seluruh indonesia kini GES tersebar di beberapa wilayah, yakni 3 titik di Lampung, 43 titik di Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat, 13 titik di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, serta 17 titik di Jawa Timur. Jadi untuk good drivers semua, yang menggunakan mobil dan motor listrik dan hendak mengisi baterai, kini sudah bisa langsung datang ke SPBU Pertamina 'GES' yang ber warna hijau ya!

image-iklan