Musim Hujan Mobil Rawan Terendam Banjir? Jangan Panik! Ini Dia Cara Mengatasinya

27 April 2022

Safety Drive


Musim penghujan memang masih menjadi suatu hal yang ditakuti oleh para pengendara mobil. Karena, musim hujan sering kali menjadi penyebab terjadinya banjir dan ini tentunya dapat merusak kondisi mesin mobil. Tapi sebenarnya, mobil yang terendam banjir tidak akan rusak apabila kita melakukan tindakan-tindakan pencegahan yang tepat. Namun sayangnya, tak banyak orang yang tahu dan memahami hal tersebut. Nah, apabila sobat Montiro disini memiliki masalah serupa, berikut ini adalah langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk menangani mobil yang terendam banjir.

  1. Melepaskan Kabel Aki dari Mobil

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah melepas bagian kabel aki untuk menghindari terjadinya korsleting. Karena kabel aki memiliki hubungan yang erat dengan komponen listrik yang ada di dalam mobil, maka ini sangat memungkinkan terjadinya korsleting yang sangat membahayakan kondisi mobil anda. Terlebih lagi jika mobil Anda adalah mobil keluaran paling baru. Mobil keluaran terbaru memiliki sistem otomatis yang lebih mengandalkan transmisi jaringan listrik.

  1. Jangan Menyalakan Mesin Saat Terendam Air

Jika anda ingin memindahkan mobil anda ke tempat yang lebih kering, maka jangan sesekali anda nyalakan mesin saat mobil masih terendam air. Jika anda ingin memindahkannya ke tempat yang lebih aman, maka cukup dorong saja dan tidak perlu menyalakan mobilnya. Hal ini menghindari air yang akan mudah masuk membanjiri mesin ketika mobil di nyalakan. Selain menyebabkan korsleting pada aki, air juga akan menghalangi mesin untuk bekerja normal meskipun sudah dikeringkan.

  1. Menonaktifkan Rem Tangan

Saat terjadi banjir dan mobil anda terendam, maka sebaiknya anda harus segera menonaktifkan rem tangan pada mobil anda demi menghindari rem kanvas menjadi lengket. Hal seperti ini mirip dengan kondisi saat Anda sudah lama tidak menggunakannya sehingga mobil harus dinetralkan untuk menstabilkan kondisi mesin saat akan kembali digunakan.

Untuk menghindari mobil agar tidak bergerak terbawa arus banjir, Anda bisa menggunakan batu untuk mengganjalnya atau ganti gigi mesin ke gigi satu. Namun, tips ini hanya bisa digunakan pada mobil transmisi manual dimana mobil tersebut masuk menggunakan rem tromol.

Namun, jika mobil anda adalah mobil dengan transmisi otomatis maka anda bisa memindahkan persneling menjadi mode parking atau parkir.

  1. Cek Kondisi Oli dan Bahan Bakar

Ketika banjir sudah surut, sebaiknya anda masih harus tetap menghindari menyalakan mesin pada saat itu juga. Sebaiknya anda segera mengecek kondisi oli serta bahan bakar terlebih dahulu. Ada kemungkinan bahwa oli serta bahan bakar tersebut tercampur air setelah banjir. Anda sangat disarankan untuk menguras air yang tercampur. Dan sebaiknya ganti lah oli mobil anda dengan oli yang baru. Sedangkan bahan bakar, biasanya air mengumpul di bawah jadi perlu untuk dibuang airnya saja.

  1. Kuras Tangki Bensin

Saat mobil terendam banjir maka tangki bensi akan sangat rentan dimasuki air dan bensin akhirnya tercampur dengan air. Untuk itu cara mengatasi hal ini adalah dengan dengan menguras bagian tangki bensin mobil. Anda bisa melakukannya sendiri atau anda bisa membawa mobil ke bengkel sebelum kembali digunakan. Menguras tangki bensin dilakukan  demi menghindari karat pada bagian tangki bensin akibat adanya air masuk yang tercampur dengan bensin. Selain itu, terendamnya tangki bensin bisa menyebabkan terganggunya sistem perapian pada mobil serta bisa juga menyebabkan keropos dan bocor jangka panjang.

  1. Memanggil Towing

Jika anda pemilik mobil matic, maka anda disarankan untuk segera menghubungi mekanik atau bengkel resmi terdekat yang memiliki montir profesional untuk melakukan pengecekan pada mobil anda. Anda bisa menggunakan mobil towing untuk membawa mobil anda tersebut. Karena di bengkel, alat-alat yang disediakan pun lebih lengkap dan terjamin dibandingkan anda mengecek sendiri kondisi mobil anda di rumah.

Namun, kini anda tidak perlu khawatir lagi karena sekarang Montiro.id telah menyediakan fitur Chat & Tanya Montir. Jadi anda bisa melakukan konsultasi masalah mobil anda terlebih dahulu dengan montir profesional kami. Anda juga bisa langsung melakukan Booking Servis ke bengkel terdekat anda hanya dengan menggunakan handphone dan atur jadwal servis sesuka hati anda! Ayo, Segera download aplikasi Montiro.id yang kini sudah tersedia di App Store & Playstore Gratis!




image-iklan