Mengenal Layanan Otomotif dan Jenis-jenisnya

3 October 2022

Sasis


Kendaraan bermotor menjadi sesuatu yang sudah tidak asing lagi dalam kehidupan kita sehari-hari. Banyak orang berlalu lalang di jalan dengan menggunakan jenis kendaraan yang beragam, seperti sepeda motor, mobil, truk, hingga bus. 

Penggunaan kendaraan bermotor yang terbilang sangat banyak di Indonesia ini, membuat berbagai usaha layanan otomotif juga sangat laris manis dibutuhkan. 

Layanan otomotif yang ditawarkan pun beragam, mulai dari jasa pembelian maupun penjualan kendaraan, service, hingga penjualan sparepart. Layanan otomotif yang ditawarkan juga tersedia dalam dua pilihan cara untuk mendapatkannya, yaitu secara offline maupun online

Pengertian Otomotif

Meskipun kata otomotif terdengar cukup familiar dibaca maupun didengar, namun tak sedikit orang yang kurang paham mengenai artinya. Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, otomotif memiliki arti “berhubungan dengan sesuatu yang berputar dengan sendirinya (sepeda motor dan sebagainya)

Makna otomotif sendiri diketahui berasal dari dua kata, yakni “oto” yang berarti sendiri dan “motif” yang artinya alasan. Sehingga dari sinilah ditarik kesimpulan mengenai pengertian bahwa otomotif merupakan bidang atau ilmu yang membahas mengenai sistem kendaraan bermotor. 

Kenapa disangkutpautkan dengan kendaraan bermotor? Hal ini lantaran kendaraan bermotor memiliki ciri dapat berputar dan bergerak sendiri dengan menggunakan tenaga dari motor. 

Secara lebih detail, ilmu otomotif mempelajari mengenai perencanaan (product atau design), pengembangan (development), produksi (manufacturing) dan perawatan (maintenance). Ketika mengupas mengenai otomotif pun terbilang cukup banyak hal-hal terkait. 

Seperti pada kendaraan bermotor misalnya, memiliki beberapa komponen dengan peran dan fungsi masing-masing yang termasuk dalam dunia otomotif. 

Cabang-cabang Ilmu Teknik Otomotif

Biasanya ilmu tentang otomotif diberikan pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) hingga perguruan tinggi. Dalam ilmu yang satu ini akan membahas mengenai cara merancang, membuat atau memproduksi, dan mengembangkan alat transportasi darat menggunakan mesin.

Melansir dari laman Auto2000, ilmu otomotif dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu perencanaan, pengembangan, produksi, dan perawatan. Agar bisa mengetahui apa maksud dari cabang-cabang ilmu otomotif tersebut, bisa disimak penjelasan berikut.

1. Perencanaan (product design)

Dalam cabang ilmu otomotif yang satu ini mempelajari tentang rancangan kendaraan, mulai dari perumusan gagasan, perencanaan untuk produksi kendaraan, cara kerja dari kendaraan, dan cara untuk mewujudkan gagasan tersebut.

2. Pengembangan (development)

Pengembangan otomotif merupakan ilmu yang mempelajari tentang penyusunan kelanjutan kendaraan agar tetap sesuai dengan prosedur keamanan, kenyamanan, hingga memperhatikan dari tingkat efisiensinya.

3. Produksi (manufactur)

Dalam cabang ilmu otomotif juga tak lepas pastinya dari yang namanya produksi (manufacture). Pada pembelajaran ini lebih ditekankan mengenai cara pembuatan kendaraan hingga metode penyusunannya sampai menjadi sebuah kendaraan yang dapat difungsikan. Jadi, pembelajaran tentang produksi lebih kepada teknis kendaraan.

4. Perawatan (maintenance)

Dalam ilmu otomotif juga mempelajari mengenai perawatan. Hal yang dipelajari lebih spesifik untuk cabang ini, yakni mengenai teknik perawatan kendaraan yang telah tercipta, baik itu melalui kontrol mesin maupun penggantian suku cadang.

Selain itu, ilmu tentang otomotif juga meliputi mengenai sistem mesin, sistem pembakaran, sistem pengapian, rangkaian penggerak, sistem pembuangan, bahkan sistem kemudi.

Jenis-jenis Layanan Otomotif yang Ada di Indonesia

Bisnis berupa layanan otomotif bisa dikatakan cukup menjanjikan di Indonesia. Hal ini jika menilik dari jumlah lalu lalang kendaraan bermotor yang cukup banyak dijumpai ketika kita berada di jalan. Sehingga bisnis otomotif tak akan sepi peminat karena kebutuhan masyarakat akan layanan yang satu ini juga semakin meningkat.  

Bisnis layanan otomotif yang biasa kita jumpai sehari-hari umumnya untuk kendaraan, seperti mobil dan motor. Layanannya pun beragam, seperti jual beli kendaraan bermotor, industri otomotif, dan sebagainya. 

Bisnis ini jika dikelola dan dikembangkan dengan benar bisa menghasilkan banyak keuntungan. Anda bisa memilih jenis usaha yang memang sesuai dengan passion maupun ilmu yang dimiliki. 

Ada beberapa jenis layanan otomotif yang paling umum di Indonesia, yaitu:

1. Bengkel Service Kendaraan

Dari banyaknya layanan otomotif yang ada di Indonesia, pastinya bengkel service kendaraan menjadi yang tak pernah sepi dari pelanggan. Pasalnya, setiap pemilik kendaraan pastinya membutuhkan jasa yang satu ini untuk kebutuhan ketika terjadi kerusakan pada kendaraan maupun untuk kebutuhan perawatan atau maintenance.

Adapun layanan otomotif yang diberikan pada bisnis bengkel service kendaraan, antara lain servis ringan dan servis rutin. Contohnya seperti penggantian oli, pembersihan karburator, pembersihan radiator, dan masih banyak lagi. 

2. Jasa Montir Panggilan

Umumnya untuk melakukan perbaikan pada kendaraan, konsumen harus datang ke bengkel secara langsung. Namun, ada beberapa kondisi yang terkadang membuat sebagian besar orang tak bisa membawa mobil atau motornya ke bengkel, seperti ketika mogok di jalan. 

Untuk kebutuhan ini, biasanya jasa montir panggilan menjadi yang bisa diandalkan. Nah, hal ini juga bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda yang memiliki passion di bidang otomotif. 

3. Jasa Air Brush, Cutting Sticker Mobil Branding

Pada beberapa kendaraan, seperti motor, bus, hingga truk terkadang membutuhkan sticker gambar tertentu sebagai representasi dari instansi atau perusahaan. Untuk kebutuhan ini, jasa air brush dan cutting sticker menjadi yang banyak dicari. Namun memang, untuk menjalankan bisnis ini memerlukan keahlian khusus. 

4. Bengkel Modifikasi

Modifikasi pada motor atau mobil biasanya dilakukan seseorang untuk berbagai tujuan, seperti untuk perlombaan atau bisa juga agar terlihat lebih keren. Jika Anda memiliki passion atau bahkan keahlian di bidang otomotif, membuka bisnis bengkel modifikasi patut dipertimbangkan. 

Apalagi bagi konsumen yang hobi dengan otomotif, umumnya tak akan ragu mengeluarkan banyak uang untuk urusan modifikasi kendaraan mereka. 

5. Jasa Pemasangan Audio atau Video Sound System Mobil

Pada mobil pabrikan terbaru saat ini biasanya sudah dilengkapi dengan fitur audio di dalamnya. Namun, tak jarang beberapa konsumen kurang puas dengan kualitas audio bawaan pabrikan ini. 

Sehingga ingin mendapatkan kenyamanan saat berkendara dengan ditemani audio yang bagus, mereka rela merogok kocek lagi untuk pemasangan audio atau video sound system yang lebih baik. 

Dari sinilah, dapat menjadi celah bagi Anda untuk membuka usaha yang menghasilkan keuntungan. Pasalnya, sama seperti bisnis layanan otomotif lainnya, jasa pemasangan audio atau video sound system mobil juga banyak dicari konsumen. 

6. Jasa Cuci Motor dan Mobil

Menjaga kebersihan motor atau mobil juga menjadi wujud dari perawatan kendaraan itu sendiri. Salah satu cara merawat kendaraan bermotor agar terlihat bersih adalah dengan rutin mencucinya. Namun, tidak semua orang telaten melakukannya atau bahkan jika dikerjakan sendiri selalu kurang bersih. 

Nah, melihat hal ini, tentu bisa menjadi celah untuk membuka bisnis jasa cuci motor atau mobil. Sama seperti bisnis bengkel service, untuk bisnis cuci motor atau mobil juga tak pernah sepi dari pelanggan. Untuk memulainya pun terbilang tak membutuhkan modal yang terlalu besar. 

Kini dengan Montiro.id, anda bisa melakukan Booking Servis ke bengkel-bengkel terdekat dari anda serta anda juga bisa mendapatkan saran mengenai teknis otomotif melalui fitur Chat Montir & Tanya Montir yang tersedia di Aplikasi & Website Montiro.id!

Montiro.id Sudah tersedia di Appstore dan Playstore, Segera Download agar masalah mobil anda bisa cepat tertangani! 

 

image-iklan