Mana yang lebih baik, Ganti Oli Mesin Berdasarkan Waktu atau Jarak?

7 July 2022

Mesin


Memiliki mobil merupakan aset yang cukup berharga guna menunjang mobilitas harian kita. Ketika kita memiliki mobil, tentunya kita menjadi lebih ekstra dalam merawat dan menjaganya agar senantiasa kondisi mobil kita selalu prima. Dalam merawat mobil tentu kita tidak asing lagi dengan melakukan servis secara berkala, apalagi melakukan penggantian oli mesin. Karena mesin memerlukan pelumas yang baik guna menjaga keawetan komponen selama bekerja. Gaya gesek pada setiap komponen yang bergerak sudah pasti akan mengakibatkan aus jika tidak dilumasi dengan baik. Dalam kurun waktu tertentu oli mesin juga bisa mengalami penurunan kualitas, baik kemampuannya dalam melumasi atau karena sudah terlalu lama tidak diganti. Biasanya, oli akan mengumpulkan kotoran sisa gesekan logam antar komponen sehingga oli menghitam. Terlebih lagi apabila mobil sering digunakan.

Jika melihat kita melihat buku servis sebenarnya ada dua patokan untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli, yaitu bisa per 6 bulan atau per 10.000 Km. Kemungkinan untuk mobil yang jarang dipakai pasti 6 bulan lebih dulu tercapai meski jarak tempuhnya masih sedikit. Meski demikian, tetap saja disarankan untuk melakukan penggantian oli karena kemampuan oli bisa berkurang seiring bertambahnya masa pakai. Lalu untuk mobil yang memiliki mobilitas tinggi, sudah pasti jarak tempuh 10.000 Km yang akan lebih dulu tercapai sebelum 6 bulan. Maka dari itu, hal ini juga perlu segera dilakukan penggantian oli lantaran kualitas oli juga bisa berkurang karena pemakaian.

Lalu, mana yang lebih baik mengganti oli mesin sesuai jarak atau waktu? 

Sederhananya, adalah mengganti oli mesin dilihat dari interval mana yang lebih dulu tercapai, bisa jarak atau waktu. Justru hal yang tidak bagus dan tidak disarankan adalah ketika pemilik kendaraan menunda-nunda untuk melakukan penggantian oli mesin.

Namun kini untuk melakukan servis berkala ke bengkel, kini anda tidak perlu khawatir lagi karena sekarang Montiro.id telah menyediakan fitur Chat & Tanya Montir. Jadi anda bisa melakukan konsultasi masalah mobil anda terlebih dahulu dengan montir profesional kami. Selain itu kini Montiro.id sudah ada fitur ”Panggil Montir” untuk melakukan service dari rumah! Anda bisa langsung melakukan Booking Servis ke bengkel terdekat anda, hanya dengan menggunakan handphone dan atur jadwal servis sesuka hati anda! Ayo, Segera Download aplikasi Montiro.id yang kini sudah tersedia di App Store & Playstore Gratis!

image-iklan