Layanan Otomotif Adalah? Berikut Penjelasan Detailnya

14 January 2023

Safety Drive


Sebagai pemilik mobil tentunya sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk rutin memberikan perawatan pada mobil kesayangannya guna menunjang kenyamanan dan keamanan mobilitas. Salah satu upaya untuk memberikan perawatan adalah rutin menggunakan layanan otomotif sesuai dengan kebutuhan. Layanan otomotif adalah kebutuhan bagi pemilik mobil yang ternyata perlu dipilih dengan teliti.

Apa Itu Layanan Otomotif?

Otomotif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai berhubungan dengan sesuatu yang berputar dengan sendirinya (seperti motor dan sebagainya). Istilah otomotif kemudian umum digunakan untuk dunia kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil.

Sumber: Tempo.co

Secara umum, otomotif memiliki definisi sebagai suatu bidang yang membahas tentang sistem kendaraan bermotor. Otomotif dikaitkan dengan kendaraan bermotor karena sesuai definisi di dalam KBBI. Dimana otomotif menyatakan sesuatu yang berputar dengan sendirinya. Motor diketahui merupakan komponen yang berputar dengan sendirinya.

Sedangkan layanan adalah suatu perbuatan atau penampilan yang dapat ditawarkan oleh suatu partai kepada yang lain yang tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan apapun. Sehingga layanan otomotif adalah sebuah perbuatan yang ditawarkan seseorang atau kelompok orang terkait kendaraan bermotor (motor maupun mobil).

Penyedia layanan otomotif ini secara umum adalah bengkel, kemudian meluas juga ke dealer. Sebab yang  masuk kategori layanan otomotif bisa berupa layanan perawatan dan perbaikan kerusakan. Selain itu juga mencakup layanan transaksi jual beli kendaraan bermotor, sehingga dealer pun menjadi salah satu penyedia layanan otomotif.

Jenis-Jenis Layanan Otomotif

Supaya lebih memahami penjelasan mengenai layanan otomotif adalah sebuah jasa di bidang kendaraan bermotor. Maka bisa memahami juga apa saja bentuk layanan di bidang otomotif tersebut, karena memang cukup beragam. Secara umum, berikut adalah jenis-jenis layanan otomotif tersebut:

Sumber: medcom.id

1. Jual Beli Kendaraan

Layanan otomotif adalah jenis layanan yang dibutuhkan banyak orang, khususnya yang memiliki kendaraan. Rupanya jenis layanan otomotif ini juga mencakup layanan jual beli kendaraan yang umum disediakan oleh dealer. Baik dealer resmi maupun dealer yang dikelola perorangan tanpa mengusung brand otomotif besar.

2. Penyewaan Kendaraan

Bentuk atau jenis kedua dari layanan otomotif adalah penyewaan kendaraan. Biasa disebut sebagai usaha rental, dimana seseorang mendirikan jasa penyewaan kendaraan. Sehingga pengguna jasa bisa menyewa kendaraan yang disediakan dalam kurun waktu tertentu untuk menunjang kebutuhan mereka.

3. Salon Kendaraan

Tak hanya manusia yang perlu ke salon untuk keperluan menata penampilan, sebab mobil dan motor pun butuh salon. Khususnya mobil yang kini sudah ada banyak bengkel yang secara khusus menyediakan layanan salon kendaraan. Jenis pelayanannya mencakup pembersihan (cuci), penggantian cat  mobil, mengkilapkan cat mobil, dan lain sebagainya.

4. Perawatan Perbaikan Kendaraan (Bengkel)

Jenis berikutnya dari layanan otomotif adalah perawatan dan perbaikan kendaraan, dimana penyedia layanan ini umum disebut bengkel. Bengkel mobil atau motor akan melayani service berkala maupun perbaikan kerusakan, baik skala ringan maupun berat. Dimana pelayanan diberikan oleh montir atau mekanik di bengkel tersebut.

Dari penjelasan di atas bisa diketahui bahwa layanan otomotif memiliki jenis yang beragam. Hanya saja mayoritas masyarakat di Indonesia menggunakan istilah layanan otomotif sebagai layanan untuk bengkel. Lumrah memang, karena kebanyakan pemilik kendaraan mengakses layanan untuk perawatan dan perbaikan kerusakan di bengkel.

Tips Memilih Penyedia Layanan Otomotif

Jika layanan otomotif diartikan sebagai layanan di dalam bengkel maka artinya pemilik kendaraan bisa memakai jasanya untuk service dan perbaikan kerusakan. Pemilihan bengkel sebagai penyedia layanan otomotif ternyata tidak bisa asal-asalan. Sebab tidak sedikit yang kecewa dengan layanan tidak profesional dan cenderung tidak transparan.

Sumber: Xto-Car Care

Lalu, bagaimana solusinya? Mengantisipasi telah salah memilih bengkel maka berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih bengkel terbaik sebagai penyedia layanan otomotif:

1. Memilih Bengkel yang Selalu Ramai

Tips yang pertama dalam memilih bengkel adalah melihat ramai tidaknya bengkel tersebut. Paling aman memang memilih bengkel yang terbilang ramai atau memiliki banyak pelanggan. Alasannya adalah karena bengkel tersebut diamin memberi layanan terbaik sehingga banyak yang memakai jasanya dan rela antri.

2. Pertimbangkan yang Reputasinya Baik

Bengkel yang dimiliki merupakan penyedia jasa otomotif yang nantinya akan dipercaya untuk merawat dan memperbaiki kendaraan kesayangan. Bagaimana jika bengkel tersebut tidak terpercaya sehingga kendaraan bisa rusak atau malah hilang sejumlah komponen? Mencegahnya, perlu memilih engkel dengan reputasi baik.

3. Cari Bengkel dengan Jam Operasional Fleksibel

Tips berikutnya adalah memilih bengkel yang memiliki jam operasional fleksibel. Artinya, perlu mengutamakan bengkel yang memberi layanan 24 jam penuh. Kenapa? Sebab kebutuhan akan layanan otomotif adalah kebutuhan yang bisa jadi mendesak. Bisa jadi kendaraan mogok di pagi buta atau tengah malam. Jadi, pilih bengkel yang siap memberi layanan kapan saja.

4. Perhatikan Tarif atau Biayanya

Tidak ada orang yang ingin kehilangan uang berlebihan, kecuali apa yang didapatkan memang sepadan. Ada baiknya mencari bengkel yang biayanya kompetitif, artinya tidak terlalu murah dan tidak pula terlalu mahal. Sesuai dengan baya jsa di pasaran, sebab dengan biaya jasa kompetitif maka menunjukan bengkel dikelola profesional. Sebab biaya yang ditetapkan memang umum.

5. Memastikan Mekanik Handal dan Profesional

Tips berikutnya dalam memilih bengkel dalam memperhatikan mekanik yang dimiliki. Sebaiknya mencari engkel yang memiliki mekanik profesional, yakni menjelaskan kerusakan dan tindakan yang akan diberikan.

Sekaligus mengkomunikasikan kisaran biaya yang mungkin dikeluarkan pemilik kendaraan saat tindakan dilakukan. Sehingga pemilik kendaraan tahu pasti kendaraan miliknya ditangani oleh ahlinya dan bekerja secara profesional.

6. Cek Fasilitasnya

Tidak ada salahnya mencari bengkel yang menyediakan fasilitas lengkap. Misalnya menyediakan ruang tunggu yang luas dan nyaman sekaligus disediakan fasilitas tambahan menarik seperti televisi dan air minum gratis. Bisa juga fasilitas lain yang berhubungan dengan layanan yang disediakan.

Sebagai contoh, bengkel tersebut menyediakan layanan secara online sehingga bisa melakukan panggilan mekanik ke rumah atau di tengah jalan saat mendadak mogok. Layanan online membantu pengguna jasa otomotif tersebut mengakses layanan kapan saja dan dimana saja, sehingga praktis.

7. Memilih Bengkel yang Memberi Garansi

Layanan otomotif adalah kebutuhan penting bagi para pemilik kendaraan. Supaya puas dan nyaman memakai layanannya, maka cari bengkel yang memberikan garansi.

Meskipun masa garansi ini hanya sehari setelah tindakan diberikan, setidaknya garansi menjamin kinerja mekanik di dalamnya memang bagus karena berani memberi garansi.

8. Bengkel yang Memakai Suku Cadang Asli

Supaya kendaraan tetap dalam kondisi prima dan tidak mudah rusak, sehingga tidak boros harus berkunjung sampai beberapa kali dalam waktu berdekatan. Maka pilih bengkel yang selalu menggunakan suku cadang asli. Sebab kualitasnya lebih terjamin sehingga masa pakainya lebih lama dibanding yang tiruan.

Dengan beberapa tips tersebut, maka Anda bisa lebih mudah memilih penyedia layanan otomotif. Meskipun layanan otomotif adalah kebutuhan, tetap saja Anda bebas memilih penyedia layanannya untuk mendapatkan yang terbaik dan terpercaya.

Sebagai solusi untuk menemukan layanan otomotif terpercaya bisa memakai jasa dari montiro.id yang memberi kemudahan untuk mencari bengkel sampai booking service online.

image-iklan