Layanan Bengkel Saputra Ban dan Harga Servicenya

10 November 2022

Safety Drive


Saputra Ban adalah bengkel Ban & Velg, yang bisa kamu hubungi atau datangi untuk melakukan service mobil BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun DSFK, Fiat, Ford, Honda, Hyundai, Isuzu, Jeep, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes dan mobil lainnya, yang memiliki beberapa cabang seperti di Alam Sutera, Tangerang, Jakarta Pusat, dan sekitarnya.

Bengkel Saputra Ban memiliki beberapa fasilitas seperti, ruang tunggu AC, tempat ibadah, coffee shop dan free wifi yang buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB. Berikut beberapa layanan yang dimiliki bengkel Saputra Ban.

 

Layanan Bengkel Saputra Ban

1. Spooring

Spooring bertujuan untuk meluruskan kembali posisi empat roda ini seperti pengaturan awal pabrik. Biasanya dua roda depan yang akan diluruskan kembali. Oleh sebab itu, jika kamu mengganti bagian mobil yang berkaitan dengan setir ini, spooring perlu dilakukan.

Berikut kondisi mobil yang mengharuskan untuk segera melakukan spooring.

 

  • Jika kamu merasa permukaan ban tidak rata, misalnya ada benjolan ini artinya sistem suspensi pada mobil kamu sedang mengalami masalah. Ini bisa saja terjadi pada salah satu sisi ban maupun semuanya.

 

  • Mungkin kamu melihat keempat ban mobilmu tidak sejajar dalam posisi diam. Misalnya ketika diparkir, kamu merasa roda miring atau roda depan tidak lurus dengan yang belakang. Ini menandakan posisi salah satu ban tergeser dari tempat semula.

 

Kamu merasa tidak nyaman ketika menyetir. Entah mobil terasa lebih susah dikendalikan atau kamu merasa mobil berbelok dengan gerakan yang tidak wajar. Bahkan ketika berkendara di permukaan aspal yang halus, kamu merasakan getaran yang mengganggu, itu tandanya kamu perlu membawa mobil ke bengkel Saputra Ban untuk di-spooring. Layanan spooring di bengkel Saputra Ban dibanderol mulai dari harga Rp150.000.

2. Balancing

Balancing berfungsi untuk menyeimbangkan kembali semua roda mobil dan memastikan apakah ban sudah seimbang pada titik pusat rodanya atau belum. Untuk itu, balancing umumnya dilakukan sesudah proses penggantian ban atau pelek. Dengan tujuan, agar saat mobil dipakai, ban dalam kondisi terbaik dan putaran roda mobil pun bisa berputar dengan baik.

Pada umumnya, balancing dilakukan ketika kilometer mobil sudah mencapai 20.000 km. Hal ini karena pada kilometer tersebut, sebuah mobil secara umum sudah melalui berbagai medan jalanan yang beragam dan membuat ban menjadi tidak rata.

Proses balancing tidak hanya mengatasi berbagai gejala yang menyebabkan ban tidak seimbang, namun ternyata banyak manfaatnya. Berikut beberapa manfaat balancing mobil:

 

- Memberikan Keselamatan Berkendara

Yang pertama tentu saja adalah mencegah terjadinya kecelakaan yang berbahaya di jalan. Perawatan rutin seperti balancing akan menghindari kamu dari masalah mobil yang terjadi. Jadi pastikan lakukan sebelum terlambat.

 

- Memperpanjang umur dan Mengurangi Aus pada Ban

Ban adalah bagian yang penting dalam pergerakan mobil dan harganya yang mahal. Jika tidak rutin melakukan balancing mobil maka ban tidak akan awet atau cepat rusak. Selain itu juga mencegah aus pada ban yang menyebabkan ban gundul akibat melalui berbagai kondisi jalan.

 

-Menjaga ban menapak jalan dengan sempurna

Salh satu fungsi balancing mobil adalah untuk menjaga keempat ban bisa bekerja sempurna ketika menapak di jalan. Saat dilakukan balancing, semua ban akan diatur pada posisi yang sama sehingga bisa menapak di jalan dengan baik.

 

- Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar

Ternyata mobil yang sering mengalami body roll atau limbung akibat bn yang tidak bekerja dengan semestinya bisa menyebabkan boros bahan bakar. Hal ini terjadi karena ban yang gundul mengakibatkan akselerasi mobil turun yang membuat mesin mobil bekerja ekstra keras.

 

- Menekan Biaya Perbaikan Mobil

Logikanya jika mobil jarang dirawat atau dicek komponennya maka semakin cepat mobil rusak sehingga kamu harus mengeluarkan biaya besar untuk memperbaikinya. Seperti jika ban terus-menerus menerjang hingga akhirnya tidak mampu lagi melalui jalan berlubang maka bagian tertentu pada mobil mengalami benturan lebih keras. Otomatis dapat merusak bagian-bagian mobil lainnya. Oleh karena itu perawatan balancing perlu dilakukan agar mencegah pengeluaran biaya yang lebih besar.

 

- Berkendara Lebih Mulus

Kegunaan perawatan balancing mobil yang terakhir yaitu membantu pengendara mengengendarai mobil lebih mulus dan nyaman. Karena mobil ban yang sudah melalui perawatan ini akan bergerak dengan baik saat menyetir mobil dengan lurus. Karena jika tidak, biasanya mobil bergerak ke kiri dan kanan sehingga selalu harus menyesuaikan setir tetap berjalan lurus.

 

Tanda-tanda yang mungkin terjadi pada kendaraan mobil yang membutuhkan balancing. Berikut ini adalah berbagai tandanya.

 

  1. Setir Bergetar Saat Berkendara

Amati dan rasakan apakah setir bergetar ketika sedang berkendara. Setir yang bergetar menandakan bahwa ada yang tidak beres dengan ban depan mobil Ada. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan Anda dalam berkendara. Untuk itu, ketika kamu merasakan hal ini, maka inilah saat yang tepat untuk melakukan balancing pada mobilmu.

 

  1. Pastikan Tak Ada Benjolan pada Ban Mobil

Untuk mengetahui ketidaknyamanan dalam berkendara, kamu dapat mengecek keausan pada ban mobilmu. Amati secara seksama dan menyeluruh. Apakah ada benjolan pada ban? Jika ya, itu bisa jadi sistem suspensi mobil mu sedang bermasalah.

 

  1. Setir Terasa Berat

Kalau setir terasa tak nyaman atau terasa lebih berat dari biasanya, atau ketika setir dibelokkan, namun setir tidak berputar kembali ke posisi semula, maka ini saatnya bagi kamu melakukan balancing pada mobil mu.

 

  1. Terasa Goncangan Dikala Membelokan Kendaraan

Saat membelokkan mobil, apakah terasa sedikit goncangan? Apabila terasa goncangan saat kondisi jalan yang baik, maka itu dapat dipastikan bahwa ada permasalahan pada mobil kamu yang mengharuskan di bawa ke bengkel Saputra Ban untuk di balancing.

 

  1. Hilangnya Keseimbangan Kendaraan

Efek paling parah yang dapat timbul karena tidak adanya perawatan balancing adalah hilangnya keseimbangan. Hal ini tentunya sangat membahayakan, khususnya saat kamu sedang melaju pada kecepatan yang cukup tinggi.

 

Di bengkel Saputra Ban harga perawat balancing sangat murah dan terjangkau yaitu mulai dari Rp35.000/ban atau Rp140.000 untuk satu mobil.

 

3. Tune Up

Pengertian tune up secara umum adalah melakukan penyetelan ulang dan membersihkan semua komponen dan sistem yang ada di mesin mobil agar kembali seperti semula, bahkan mengalami peningkatan performa. Jika memang ada yang tidak sesuai, maka dapat dicek dan diganti.

Perbedaannya, servis mobil dilakukan secara berkala, terjadwal, dan tidak memakan waktu terlalu lama. Sementara, tune up mobil adalah kegiatan penyetelan ulang semua komponen, durasi pengerjaan cukup lama namun tidak sesering servis mobil.

Manfaat utama tune up engine adalah untuk memastikan komponen penting pada kendaraan bekerja secara maksimal. Selain itu, tune up juga berguna untuk menghindari risiko kerusakan fatal yang bisa menyebabkan kecelakaan.

Tune up sering disebut sebagai servis ringan untuk mesin mobil agar performanya tetap prima dan usia pakainya lebih lama. Di bengkel saputra ban untuk melakukan servis Tune Up harganya dibanderol mulai dari Rp250.000

 

image-iklan