Kenali Tugas Montir Mobil dan Ciri Montir yang Berpengalaman

4 October 2022

Safety Drive


Saat mobil Anda mengalami masalah dan tidak dapat Anda selesaikan sendiri, Anda tentunya akan membawa mobil ke bengkel. Di bengkel, mobil Anda akan ditangani oleh montir mobil dan mekanik.

Montir mobil erat kaitannya dengan perbaikan pada mobil. Montir mobil bekerja di bengkel umum maupun bengkel khusus perbaikan tertentu.

Sama halnya dengan montir mobil, mekanik juga melakukan tugas dalam perbaikan mobil. Lalu apa yang membedakan mekanik dan montir mobil? Dan bagaimana tips memilih montir mobil yang baik? Simak informasi lengkapnya dalam artikel ini.

Montir Mobil

Sebelum membahas lebih jauh tentang tugas montir mobil dan perbedaannya dengan mekanik, Anda perlu mengetahui terlebih dulu pengertian montir mobil. Montir mobil adalah seseorang yang bertugas memperbaiki, mengecek, dan memasang bagian-bagian mobil secara umum. 

Montir mobil memiliki tanggung jawab memasang bagian kendaraan dan memperbaiki bagian kendaraan. Selain itu, memperbaiki kerusakan serta menjaga performa mesin mobil juga menjadi tugas dari montir mobil.

Sementara itu, mekanik memiliki tugas yang berbeda dari montir mobil. Mekanik memiliki tugas yang lebih khusus yaitu mendalami kerusakan yang terjadi pada mobil.

Jika terjadi kerusakan yang cukup parah pada mobil, maka akan ditangani oleh mekanik. Pasalnya, mekanik memiliki tugas memperbaiki kendaraan khususnya pada karburator, radiator, atau kompresor.

Tugas Montir Mobil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa montir mobil merupakan seseorang yang bertugas memperbaiki kerusakan dan menjaga kualitas performa permesinan pada kendaraan bermotor. Lebih detailnya, berikut beberapa tugas dari montir mobil.

  • Melakukan pengecekan penyebab kerusakan pada kendaraan bermotor
  • Melakukan perbaikan pada kerusakan yang terjadi pada kendaraan tersebut
  • Melakukan pengecekan terhadap bagian dan komponen lainnya pada kendaraan bermotor
  • Melakukan pemesanan sparepart kendaraan yang harus diganti
  • Membuat laporan kondisi kendaraan bermotor tersebut sebelum dan sesudah dilakukan servis.

Kemampuan Dasar Montir Mobil

Karena tugas dan fungsi montir mobil sangat vital yaitu bertanggung jawab mengatasi kerusakan pada mobil, seorang montir mobil harus memiliki skill dasar. Berikut beberapa kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang montir mobil.

1. Pengetahuan Dasar Tentang Mesin

Seorang montir mobil harus memiliki pemahaman tentang mesin mobil secara umum. Oleh karena itu seorang montir mobil harus memiliki dan menguasai pengetahuan dasar tentang mesin.

Seorang montir mobil juga harus memahami bagian-bagian mobil beserta fungsinya masing-masing.

2. Perbaikan Bagian yang Rusak

Montir mobil bertugas untuk melakukan perbaikan bagian atau komponen mobil yang rusak. Sehingga montir mobil harus mampu membongkar, memperbaiki, mengganti, serta memasang kembali semua bagian penting kendaraan.

3. Penggunaan Komputer

Skill lainnya yang harus dimiliki oleh montir mobil adalah dapat mengoperasikan komputer. Skill ini sangat dibutuhkan, mengingat saat ini dunia otomotif semakin canggih.

Banyak mobil keluaran terbaru menggunakan teknologi yang canggih dan berbasis komputer. Seorang montir mobil juga dituntut untuk bisa menggunakan komputer dan software yang mendukung pekerjaan montir tersebut.

4. Komunikasi

Skill komunikasi merupakan skill penting yang harus dimiliki oleh orang-orang dalam menjalani pekerjaannya. Termasuk juga seorang montir mobil harus memiliki skill komunikasi yang baik.

Hal ini dikarenakan montir mobil akan berinteraksi dan berkomunikasi secara langsung dengan konsumen untuk mengetahui masalah yang terjadi pada kendaraan tersebut. Setelah selesai melakukan perbaikan, montir mobil juga bisa menyampaikannya kepada konsumen.

Ciri Montir Mobil yang Berpengalaman

Sebenarnya untuk menemukan montir mobil bukanlah hal sulit. Namun, pada kenyataannya tidak semua montir mobil memiliki sikap yang baik.

Terkadang ada montir mobil yang memiliki sifat yang kurang jujur sehingga akan merugikan konsumen. Berikut beberapa ciri montir mobil yang baik dan berpengalaman.

1. Bersedia Mendengar Keluhan

Untuk mengetahui riwayat kerusakan yang pernah dialami kendaraan, seorang montir mobil sudah seharusnya bersedia mendengarkan keluhan dari konsumen. Dari penuturan konsumen tersebut, montir mobil dapat menarik kesimpulan sementara kerusakan yang terjadi pada mobil. 

Sehingga kedepannya ketika memperbaiki mobil tersebut, montir dapat melakukan pekerjaannya dengan maksimal. Dan hasil pekerjaannya juga akan maksimal.

Sebaiknya hindari memilih montir mobil yang terkesan seperti mendikte Anda dan tidak mau mendengarkan keluhan Anda. Karena nantinya pengerjaan mobil menjadi tidak maksimal.

2. Mengusulkan Alternatif Perbaikan

Ciri montir mobil yang baik dan berpengalaman adalah akan memberikan usulan atau saran perbaikan pada mobil Anda. Umumnya saran yang diberikan oleh montir tersebut akan menguntungkan bagi Anda.

Bahkan terkadang montir yang baik dan handal akan memberikan bukan hanya satu opsi perbaikan namun beberapa opsi perbaikan untuk mobil Anda.

3. Memberitahu Perawatan yang Harus Dilakukan

Ciri montir yang baik dan berpengalaman selanjutnya adalah memberitahu Anda tentang perawatan mobil yang harus Anda lakukan. Biasanya montir akan memberitahu tindakan apa yang harus Anda lakukan untuk merawat mobil Anda.

Montir yang baik juga akan memberikan informasi hasil pengecekan bagian mobil yang telah dilakukan. Sebaliknya, Anda perlu curiga jika montir tidak memberikan informasi detail tentang kondisi kendaraan Anda.

Anda juga berhak menolak bahkan pindah bengkel jika montir meminta Anda untuk melakukan penggantian sparepart mobil. Padahal sparepart mobil Anda masih dalam kondisi yang bagus dan belum perlu dilakukan penggantian.

4. Menyerahkan Sparepart Lama

Anda dapat mengetahui bahwa montir mobil tersebut baik dan jujur adalah dengan melihat tindakan yang dilakukan pada sparepart Anda. Jika montir tersebut merupakan montir yang baik maka, montir mobil akan menyerahkan sparepart lama pada Anda jika terjadi penggantian sparepart.

Dengan menyerahkan sparepart lama tersebut, maka konsumen dapat mengetahui bahwa memang telah dilakukan penggantian sparepart baru pada mobil konsumen. Dengan cara ini, maka akan timbul kepercayaan konsumen kepada montir mobil.

Selain itu, montir mobil yang baik tidak akan menaikkan harga jasa mereka atau mengambil keuntungan di luar servis sehingga Anda dapat percaya untuk perbaikan maksimal dan tentunya dapat menghemat pengeluaran.

5. Teknologi Handal

Teknologi memiliki peranan penting untuk membantu montir mobil dalam mengenali kerusakan pada mobil Anda. Jika montir mobil dengan mudah mengenali kerusakan yang terjadi pada mobil Anda tentu akan mempercepat proses perbaikannya.

Dengan menggunakan teknologi canggih akan membuat proses perbaikan menjadi cepat dan kerusakan mobil Anda dapat diperbaiki secara akurat. Kini telah banyak mobil keluaran baru yang mengadopsi teknologi canggih untuk mempermudah sistem permesinannya.

Oleh karena itu, dibutuhkan juga alat deteksi kerusakan yang canggih untuk mengenali kerusakan mesin bila nantinya rusak atau terjadi kendala. Dan seorang montir mobil yang baik harus menguasai teknologi yang canggih dan handal tersebut.

Demikian informasi tentang montir mobil dan juga ciri montir mobil yang baik dan berpengalaman. Dengan mengetahui ciri tersebut, maka Anda tidak akan salah dalam memilih montir mobil, sehingga pengerjaan perbaikan mobil Anda bisa maksimal.

image-iklan