Jangan Salah, Bukan Hanya Dinamo Starter Saja Penyebab Starter Mobil Macet, Ini Dia Penyebab Lainnya!

14 September 2022

Mesin


Salah satu komponen terpenting pada mobil adalah keberadaan Starter. Fungsi utama dari starter adalah untuk menggerakan dinamo mobil sehingga mesin bisa dinyalakan. Namun semakin sering mobil digunakan, tentu komponennya juga akan memiliki batas pemakaian tertentu. Sehingga jika tidak dirawat dengan baik, pasti starter mobil bisa macet. Karena pada dasarnya, cara kerja starter mobil adalah dengan menggunakan listrik, pasti hal yang akan sangat menyulitkan ketika tiba-tiba starter mobil macet serta tidak berfungsi karena mengalami kerusakan.

Berbeda dengan kendaraan bermotor yang pada umumnya dilengkapi dengan kick starter, pada mobil jika starter sudah macet mudah  dipastikan mobil tidak akan bisa dinyalakan. Oleh karena itu, melakukan perawatan pada komponen starter sangatlah penting agar kondisi starter mobil macet bisa dihindari. Lalu, apa saja hal yang bisa menyebabkan starter macet atau dinamo starter tidak mau berfungsi? Montiro.id berikan penjelasannya ..

  1. Memaksa dinamo starter bekerja

Hal ini terlihat sepele, namun sebenarnya ketika anda terus memaksakan kerja dinamo hal ini akan menyebabkan starter mobil anda rusak. Lalu mengapa hal itu bisa terjadi? Ketika dinamo starter mobil macet dan anda memaksakan untuk menyalakan mesin, maka dinamo akan menjadi panas. Lalu ketika dinamo panas, tentunya komponen-komponen di dalam dinamo dan komponen lain di mesin berpotensi untuk terbakar dan menjadi rusak. Jadi solusinya adalah berikan waktu dinamo starter hingga dingin beberapa menit, kemudian coba untuk menyalakan kembali.

  1. Carbon brush dinamo starter habis

Pada dinamo starter terdapat komponen yang bernama carbon brush (penerus tegangan). Komponen ini berfungsi untuk menyuplai listrik dari aki untuk memutar dinamo. Jika komponen ini rusak, maka sudah bisa dipastikan mesin tidak akan menyala alias starter mobil macet. Ketika dinamo starter mobil macet ada tanda-tanda yang bisa anda kenali, seperti  timbul nya suara/bunyi aneh saat distarter. Maka dari itu jika anda mengalami tanda-tanda seperti diatas, segeralah periksa bagian penerus tegangan dinamo starter. Jika setelah diperiksa ternyata tidak bisa digunakan lagi, lebih baik anda mengganti dinamo starter mobil dengan yang baru.

  1. Aki yang sudah berumur

Fungsi aki pada dinamo starter yaitu untuk memberikan tenaga. Jika aki mobil anda bermasalah, tentunya ini akan mengganggu seluruh kelistrikan mobil termasuk dinamo starter. Permasalah pada aki bisa menyebabkan dinamo starter mobil macet karena suplai listrik dari aki ke bagian dinamo menjadi lemah. Jika dipaksakan terus menerus tanpa mengganti aki, maka komponen kelistrikan mobil good drivers akan ikut rusak lho, termasuk dinamo starter.

  1. Koil panas

Selanjutnya yang bisa menyebabkan starter mobil macet adalah koil yang sudah rusak. Koil ini berfungsi untuk menaikkan tegangan listrik yang besar untuk disalurkan ke aki. Tegangan listrik dari aki yang hanya 12 volt dapat mencapai ribuan volt dengan koil ini. Arus listrik yang besar kemudian mengalir ke busi dan mengeluarkan pijaran bunga api. Lalu bagaimana cara kita mengetahui kondisi koil? Peganglah koil. Jika panas, maka harus diganti dengan platina kondensor. Karena koil yang panas menandakan adanya gangguan pada koil sampai ke sistem pengapian. Karena hal ini juga, starter mobil macet ketika mobil dalam kondisi panas.

  1. Busi Bermasalah

Dan yang terakhir adalah penyebab starter mobil macet itu karena busi bermasalah. Saat kondisi busi tidak baik, maka mobil hanya dapat dihidupkan jika mesin mobil dingin. Untuk memperbaikinya, sebaiknya lakukan tune up di bengkel. 

Namun anda tidak perlu risau lagi, karena dengan Montiro.id, anda bisa mendapatkan saran mengenai teknis otomotif melalui fitur Chat Montir & Tanya Montir yang tersedia di Aplikasi & Website Montiro.id! Selain itu dengan Montiro.id anda bisa mengatur jadwal service anda di bengkel jadi gak perlu repot-repot lagi mengantre!

Montiro.id Sudah tersedia di Appstore dan Playstore, Segera Download agar masalah mobil anda bisa cepat tertangani! 

image-iklan