Jangan Buru-buru ke Bengkel, Ini Cara Memperbaiki Bumper Mobil yang Rusak

9 May 2023

Bodi


Bumper mobil merupakan salah satu bagian terpenting pada mobil. Bukan hanya sekedar untuk penampilan, tetapi juga sebagai pelindung bagian depan dan belakang mobil pada saat terjadi benturan atau tabrakan ringan. Oleh karena itu, bumper rentan mengalami kerusakan, seperti penyok, pecah atau retak akibat melindungi mobil dari benturan benda keras atau kendaraan lain.

Sumber: Auto2000

Kerusakan pada bumper jika tidak segera diperbaiki akan membuat penampilan mobil menjadi tidak enak dipandang. Selain itu juga bisa memperburuk kondisi bumper tersebut.

Jika terjadi kerusakan pada bumper, mungkin hal pertama yang anda pikirkan adalah memperbaikinya di bengkel. Namun, jika kerusakan tidak terlalu berat anda bisa memperbaikinya sendiri. Jadi tidak perlu terburu-buru ke bengkel.

Cara Memperbaiki Bumper Mobil yang Rusak

Berikut ini cara memperbaiki memperbaiki bumper mobil yang bisa anda lakukan di rumah:

1. Membersihkan area yang rusak

Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu membersihkan area yang rusak. Hal ini dilakukan agar anda bisa melihat area bumper yang rusak tanpa dihalangi kotoran atau debu yang menempel.

Bersihkan area bumper yang rusak dengan cairan pembersih yang lembut dan lap bersih. Jika sudah bersih lap area bumper dengan kain yang lembut dan pastikan area tersebut kering sebelum melanjutkan langkah selanjutnya.

2. Menghilangkan goresan atau lecet kecil

Goresan atau lecet kecil pada bumper dapat dihilangkan dengan cara mengoleskan pasta gigi pada area yang rusak. Anda bisa mengoleskan pasta gigi pada daerah bumper dengan gerakan melingkar hingga goresan atau lecet terhapus. Setelah itu lap dengan kain bersih berbahan lembut.

3. Menggunakan air panas

Jika pasta gigi dapat menghilangkan penyok, air panas dapat digunakan untuk memperbaiki bumper yang penyok akibat benturan. Caranya yaitu pertama siapkan air panas mendidih dan alat juga sedot wc.

Kemudian siram air panas tersebut ke bumper mobil hingga dirasa bumper sudah panas, lalu sedot bagian yang penyok tersebut dengan sedot wc, bagian yang penyok tersebut pun dapat tertarik dan bumper anda kembali seperti semula.

4. Menggunakan es batu

Caranya cukup mudah dan anda hanya perlu menyiapkan es batu dan juga hair dryer. pertama-tama tempelkan es batu tersebut ke bumper mobil yang penyok selama dua sampai 5 menit. Proses perbaikan akan terlihat jika butiran-butiran berbentuk salju keluar. terakhir lepaskan es batu menggunakan hair dryer sampai bagian penyok menghilang.

5. Cat ulang bumper mobil

Jika bumper mobil terdapat kerusakan yang membuat bumper perlu dicat ulang, pastikan untuk memilih cat semprot yang sesuai dengan jenis bumper dan cat mobil Anda. Sebelum memulai pengecatan bersihkan dan amplas area yang akan dicat dengan hati-hati.

Pastikan untuk mengaplikasikan cat secara merata dan biarkan cat mengering sepenuhnya sebelum menggosok atau mencuci area tersebut. Perlu diingat, cara ini bisa dilakukan jika kerusakan tidak terlalu parah dan anda memiliki keahlian dalam mengamplas dan mengecat mobil.

6. Dijahit dengan kawat

Cara sederhana lainnya yang bisa anda lakukan dirumah yaitu dengan menjahit bagian bumper yang robek menggunakan kawat. Caranya yaitu, pertama-tama lepaskan bumper dari body mobil, kemudian lubangi bumper mobil yang akan dijahit terlebih dahulu, lalu rekatkan bagian bumper yang robek menggunakan kawat dengan cara menjahit pada umumnya.

Setelah selesai merapikan jahitan kawat yang timbul dengan cara memanaskan kawat sampai rata dan didempulkan. Langkah terakhir yaitu melakukan pengecatan secara berulang untuk menghilangkan goresan yang dimiliki.

7. Menanam lempengan plat

Selain dengan menjahit anda juga bisa menanamkan lempengan plat ke dalam mobil untuk memperbaiki bumper mobil yang robek. Pertama-tama siapkan terlebih dahulu peralatan yang digunakan, terdiri dari lempengan plat yang tipis yang mudah dipanaskan dan dibentuk, obeng yang sudah dipanaskan untuk menutup celah bumper.

Setelah alat-alat sudah siap, tanam lempengan plat dari dalam dan tutup celah menggunakan plastik cair bumper itu sendiri. Jangan khawatir dan panik jika terlihat jelek dan tidak merata.

Karena langkah selanjutnya yaitu mengamplas bagian yang sudah ditempelkan plat tersebut hingga rata dan melakukan pendempulan agar bumper terlihat sepadan. Kemudian lakukan pengecatan mobil secara berulang, maka bumper akan terlihat seperti semula.

8. Perbaiki bumper yang renggang

Kerusakan pada bumper tidak semata-mata karena terjadi benturan, tetapi bumper juga bisa menjadi renggang karena terkena terkena matahari terus menerus atau terkena suatu benda saat melewati medan yang buruk. Namun, jangan khawatir karena Anda dapat memperbaiki hal tersebut secara mandiri di rumah.

Anda bisa melakukan langkah-langkah dibawah ini untuk memperbaiki bumper yang renggang:

  • Ukur tegangan bumper mobil ke bumper mobil. Pengukuran dilakukan dengan mengukur jarak yang sesuai dengan lubang sekrup yang ada pada bumper dan di body mobil.
  • Perlahan lepaskan bumper dari body mobil dengan membuka sekrup yang menempel pada body mobil tersebut
  • Jika terdapat fog lamp atau lampu kabut, lepas kabel yang terhubung dengan lampu kabut tersebut dengan perlahan dan lepas lampu kabut dari bumper mobil
  • lepas perlahan-lahan grill pada bumper jika grill terpisah dari bumper itu sendiri
  • setelah bumper terlepas, dudukan sekrup di body mobil di atur kembali beserta pegangannya dari body ke bumper mobil sesuai ukuran lubang sekrup yang sudah dilakukan di awal. Akan tetapi, jika lubang sekrup di bumper rusak, anda bisa membuatnya dengan menggunakan serat fiber yang dibekukan di bumper mobil
  • Lubangi sekrup agar sesuai dengan pegngan dari body mobil ke bumper
  • Langkah terakhir yaitu memasang kembali kabel lampu kabut dan sekrup dari bumper mobil kembali ke body mobil

Jika masih terdapat kerenggangan, anda bisa mengganti bracket dalam bumper mobil dengan yang baru yang tersedia di pasaran.

Itu dia cara memperbaiki bumper mobil yang mengalami masalah. Dengan memperbaiki bumper sendiri anda bisa menghemat biaya yang dikeluarkan. Cara tersebut dapat anda lakukan setelah anda mengevaluasi kerusakan termasuk ringan atau tidak. Jika dirasa kerusakan yang dihasilkan berat dan anda tidak bisa memperbaikinya maka segera perbaiki di bengkel mobil murah.

Montiro.id bisa memberimu rekomendasi bengkel murah dan berkualitas dengan ahli body repair yang akan membantu anda mempercantik bumper anda kembali. Rekomendasi yang diberikan akan mencakup ulasan, harga dan hal-hal yang membantu anda menentukan bengkel mana yang ingin anda datangi.

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadi kerusakan pada bumper mobil, yaitu menghindari benturan dengan mengemudi secara hati-hati, dan memperhatikan jarak aman dengan kendaraan lain dan parkir di tempat yang aman, menggunakan pelindung bumper yang pas pada mobil di bagian depan dan belakang, serta rutin membersihkan mobil dengan sabun khusus dan kain lembut untuk mencegah goresan pada bumper.

image-iklan