Ini Yang Terjadi Pada Oli Mesin Ketika Mobil Jarang Di Gunakan

13 July 2022

Mesin


Ketika mobil yang kita punya jarang digunakan, tak jarang justru masalah pada mobil akan bermunculan. Seperti risiko aki tekor, bensin basi, jadi sarang hewan pengerat, dan yang lumayan parah membuat oli mesin rentan kedaluwarsa. Pada kondisi oli mesin yang kadaluwarsa ini bisa disebabkan karena adanya endapan partikel oli yang lama tidak mendapat sirkulasi. Ciri-cirinya adalah perubahan tingkat kekentalan, keasaman, dan warna oli. Parahnya, kondisi tersebut juga bisa membuat oksidasi dalam pelumas, yang memunculkan deposit di ruang mesin.
Ketika mobil yang di diamkan lama tidak dihidupkan, maka komponen berbahan besi akan mengalami oksidasi dan berkarat. Atau hal lainnya yang dapat membuat oli mengalami kristalisasi dan berubah jadi partikel lebih besar serta menyebabkan deformasi material, Karena dalam kurun waktu enam bulan perubahan molekul pelumas mesin yang mengandung aditif deposit control pada kondisi kelembaban udara rendah dan kadar keasaman tinggi, bisa memicu korosi komponen piston, ring piston, dan kristalisasi dinding kepala silinder.
kondisi oksidasi oli bisa terlihat dari perubahan kekentalan dan warna. Untuk mobil berusia di atas 10 tahun, risiko penguapan oli lebih tinggi disebabkan celah komponen-komponen mesin lebih besar. Jadi selain cek kondisi kualitas oli juga perhatian utama yaitu volume oli di dalam oil pan.
Untuk melakukan servis berkala ke bengkel, kini anda tidak perlu khawatir lagi karena sekarang Montiro.id telah menyediakan fitur Chat & Tanya Montir. Jadi anda bisa melakukan konsultasi masalah mobil anda terlebih dahulu dengan montir profesional kami. Anda juga bisa langsung melakukan Booking Servis ke bengkel terdekat anda, hanya dengan menggunakan handphone dan atur jadwal servis sesuka hati anda! Ayo, Segera download aplikasi Montiro.id yang kini sudah tersedia di App Store & Playstore Gratis!

image-iklan